Lompat ke konten Lompat ke footer

14 perusahaan keuangan, fintech dan teknologi finansial tekfin buatan Israel (2021)

Perkembangan internet dan pertumbuhan penjualan smartphone turut membantu mempercepat transformasi digital yang telah mengubah wajah inovasi di bidang jasa keuangan tradisional menjadi modern dan serba praktis.
 
Orang orang zaman now yaitu dari kalangan generasi Z sudah tak mau lagi terbujur kaku menunggu atau mengantri di bank hanya demi melakukan sebuah transaksi keuangan.
 
Mereka pengen melakukan segala macam urusan bisnis dan finansial berjalan otomatis, cepat, tanpa ribet berbagai macam syarat document yang panjang lebar dan tentu saja mampu menghasilkan profit dimana saja dan kapan saja.
 
Negara Amerika Serikat dan China memiliki ekosistem teknologi finansial yang telah terkenal untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar masyarakat internasional. Seperti Alipay, Apple pay, Paypal dan Google Pay.
 
Selain kedua negara adidaya tersebut. Ada sebuah negara kecil dengan inovasi besar yang turut pula membantu dunia dalam lanskap produk finansial.
 
Israel adalah salah satu gudang dari perusahaan teknologi keuangan digital tersebut. 
 
Berikut adalah 14 perusahaan keuangan, fintech dan teknologi finansial tekfin buatan Israel (2021)
 
1]. Bancor

 
Bancor adalah kumpulan likuiditas berbasis blockchain pertama di dunia yang menjalankan automated market maker (AMM) melalui jaringan pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan anda melakukan konversi otomatis token cryptocurrency menjadi token lain di seluruh blockchain tanpa memerlukan fasilitas pertukaran.
 
2]. Nayax

 
Nayax adalah solusi pembayaran tanpa uang tunai cashless untuk mesin vending machine bersistem teknologi telemetri canggih tanpa kontak melalui pembayaran via smartphone menggunakan code QR secara realtime.
 
3]. Funbox

 
Funbox adalah teknologi artificial intelligence (AI) yang mampu menilai kesehatan dan kemajuan bisnis UKM anda untuk menghasilkan keputusan demi memberikan utang kredit hingga $ 150.000 ribu dolar atau sekitar Rp 2,1 miliar rupiah. Langkahnya cukup dengan mendaftar, kemudian berikan informasi alamat dan lokasi bisnis anda. AI kemudian menghitung skor bisnis dan performa anda, lalu pinjaman diberikan secara online lintas batas jika telah disetujui sehingga bisnis UKM anda berkembang menjadi lebih besar. Namun jika AI menolak. Maka kredit dibatalkan dan ajuan pinjaman utang ditolak. 
 
4]. Next insurance

 
Next insurance adalah sebuah jasa asuransi untuk usaha perorangan dan UKM yang menyasar kepada jumlah karyawan antara 1 – 20 orang. Dapatkan perlindungan asuransi untuk pekerjaan dan usaha bisnis kecil UKM anda. Semua dilakukan melalui smartphone. 100% bekerja secara online. Sebanyak lebih dari 100.000 perusahaan UKM telah mempercayakan Next insurance.
 
5]. Rapyd

 
Rapyd adalah sebuah perusahaan pembayaran pra built untuk mendukung perdagangan lintas batas segala macam bisnis yang memiliki multi currency mobile wallet.
 
6]. Zengo

 
Zengo adalah perusahaan dompet cryptocurrency berbasis biometric 3D tanpa password yang menghadirkan interface mudah, aman, anonim dan mendukung pengiriman 50 jenis mata uang crypro terbesar di dunia. Tersedia alat trading jual beli bagi trader, tabungan rekening digital dan fitur deposito bagi investor dengan bunga bersaing. 
 
7]. Tipalti

 
Tipalti adalah perusahaan teknologi keuangan akuntasi yang menyediakan pembayaran hutang, pengadaan dan sistem otomatisasi pengiriman uang global yang komprehensif untuk bisnis.
 
8]. Etoro dan etorox

 
Etoro adalah perusahaan perdagangan sosial untuk trader dan investor secara sosial melalui teknik menyalin copytrader handal layaknya manajer reksadana berpengalaman dan profesional. Etorox menyediakan aset seperti saham dan mata uang konvensional. Sedangkan Etorox menyediakan dompet wallet dan investasi berbasis mata uang cryptocurrency.
 
9]. Trigo

 
Trigo adalah perusahaan teknologi visi komputer berkemampuan AI (artificial intelligence) yang mengkonversi toko tradisional ke toko modern dengan checkout tanpa harus lama mengantri di kasir dan pembayaran dilakukan secara online.
 
10]. Payoneer

 
Payoneer adalah platform pembayaran lintas batas dari bisnis ke lintas bisnis yang diperuntukkan bagi freelancer dan pedagang online untuk melakukan transaksi secara global tanpa mengenal wilayah dan jarak.
 
11]. Zcash

 
Zcash adalah uang digital yang dibuat untuk transaksi internet tanpa dapat diintip oleh siapapun termasuk pemerintahan dari negara apapun. Mata uang ini mirip seperti bitcoin namun bersifat rahasia, terenkripsi, mustahil terdeteksi, anonim dan privasi terjaga dengan teknik dasar algoritma kriptografi dan matematika yang disebut zero knowledge proof atau zk snark. Zcash adalah mata uang pertama di dunia dalam hal kerahasiaan.

Baca juga :
 
12]. Sunbit

 
Sunbit adalah perusahaan teknologi untuk membantu membeli tapi bayarnya nanti saja. Dilengkapi machine learning dan sistem canggih. Teknologi sunbit memberikan dan menagih pinjaman utang seseorang berdasarkan waktu kesepakatan sesuai dengan perjanjiaan awal yang berlaku.

13]. Starkware


Starware adalah teknologi penskalaan untuk blockchain melalui solusi skalabilitas L2 berbasis validitas sebagai zkrollup atau validum. Teknologi starkware dapat mengembangkan logika bisnis apapun termasuk pembayaran melalui kontrak cerdas starknet tanpa mengorbankan keamanan ethereum.

14]. Gooddolar

 
Teknologi blockchain pertama di dunia untuk memerangi kemiskinan, kesenjangan sosial dan membuka ekonomi digital untuk orang orang yang kurang beruntung dengan cara menggerakkan revolusi keuangan universal basic income melalui mata uang digital gratis yang dapat anda peroleh tanpa harus membeli.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU