Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Mata uang paling kuat di dunia yang mampu bertahan 100 tahun ke masa depan : Bitcoin, Dolar Amerika Serikat, Yuan China, Ruble Rusia, Poundsterling (Inggris UK), New Shekel Israel, Emas dan Perak [ 99% uang tradisional dan uang digital cryptocurrency bakal punah kolaps karena sistem putaran mining bitcoin kembali menghisap semua crypto yang terpencar dari seluruh dunia ] ( 2022 )

Artikel ini merupakan kelanjutan dari :

~ Masa depan uang dan bank adalah milik komputer quantum yang live terdesentralisasi peer to peer di jaringan blockchain berbasis cryptocurrency (2021)

~ Bitcoin bikin orang sulit cari uang (2014)

Pada saat artikel ini ditulis kepada anda. 

Telah terdapat kira kira sebanyak 80 mata uang tradisional. Meliputi seperti dolar milik Amerika Serikat, Rupiah milik Indonesia, Euro milik Uni eropa, Yen milik Jepang, dan masih banyak lagi.

Begitu pula dengan mata uang lainnya di ranah cryptocurrency yang muncul pertama kali dipelopori oleh Bitcoin pada tahun antara 2008 yang lalu. 

Pada tahun 2022. Terdapat kira kira sebanyak 19.731 mata uang crypto. Untuk beberapa tahun ke depan sekitar 5 atau 10 tahun lagi, jumlah ini diperkirakan dapat meningkat lebih banyak lagi. Ke angka 20.000 unit atau diatas angka 25.000 unit. Tergantung seberapa banyak orang orang membuat lelucon atau dagelan. 

Berkembang pesatnya teknologi smart contract Ethereum dan sejenisnya. Memudahkan banyak orang orang membuat mata uang cryptocurrency hanya dengan menggunakan sistem apa yang sudah ada dibangun sebelumnya. Layaknya game minecraft.  

Tak seperti dulu, untuk membangun mata uang crypto itu rumit banget dan membutuhkan banyak tim komputer yang ahli di bahasa pemprograman. Sekarang cukup klik dengan mudah. Orang yang tak ahli program atau orang yang tak memiliki latar belakang ilmu pengetahuan IT/SI sudah bisa bikin uang crypto. Layaknya seperti Dogecoin, Shibainu, dll. 

BITCOIN MENGKONVERSI KEKAYAAN DUNIA SEKITAR $ 567 MILIAR DOLAR

Sebelum membahas hal ini. Yuk kita baca link artikel ini terlebih dahulu ya : 

Bitcoin bikin orang sulit cari uang (2014)

Agak kurang tepat sebenarnya kalau bitcoin bikin orang sulit cari uang. 

Pemilihan kata paling pas. Layaknya adalah : 

Bitcoin bikin inflasi menjadi tinggi'.

Inflasi memang disebabkan oleh banyak faktor. seperti oleh akibat perubahan iklim karena global warming, perang dan naiknya harga komoditas juga dapat mempengaruhinya. Akan tetapi bitcoin juga menjadi penyebab utama inflasi terutama untuk teman teman yang memegang, menabung dan menyimpan mata uang tradisional. seperti rupiah, dolar, yen, dll. 

Kalau teman teman pegang bitcoin sih aman aman aja. 

Ngga ada tuh yang namanya inflasi. Malah nilai investasi bitcoin terus meningkat dari tahun ke tahun.

he he....,

Di tahun 2022. Nilai market valuasi bitcoin sudah mencapai $ 567 miliar dolar atau sekitar Rp 8.278 triliun rupiah. Ini berarti jauh melebihi cadev kas negara Indonesia yang dipegang oleh ibu Sri mulyani. Sang mahadewi menteri keuangan NKRI tercinta.   

Berdasarkan data : Bitcoin memang terbukti lebih kaya dari negara Indonesia.

Padahal umur Bitcoin masih 14 tahun. Sedangkan umur pemerintahan negara Indonesia sudah berinjak di usia 77 tahun. Di Tahun 2022. Kini Bitcoin sudah melebihi kekayaan negara Indonesia. 

Selain Bitcoin ada pula mata uang cryptocurrency lainnya yaitu Ethereum, Tehter, BNB, Cardano, Solana, Zcash, Tron, Dai, dan banyak lagi. Masing masing dari antara mereka memiliki nilai tafsiran market sendiri sendiri. 

Satu hal yang pasti. Semua mata uang cryptocurrency ini telah sukses menghisap, menghimpun, mengkonversi dan menyerap mata uang tradisional yang telah ada. 

Menyebabkan keperkasaan dolar, yen, rupiah, euro, dll menjadi gonjang ganjing ngga karuan karena terus menerus nilainya menurun akibat kesulitan menandingi mata uang cryptocurrency. Efeknya terjadi penurunan nilai. 

Jika keadaan ini terus dibiarkan berlanjut lanjut. 

Maka mata uang tradisional dalam skala ukuran kecil. Seperti Taka milik Bangladesh, Dinar, Dram milik Armenia, Som, Tugrik milik Mongolia, Shilling milik negara Uganda, dll. Dipastikan cepat atau lambat bakal punah. 

Orang orang yang memegang mata uang ini bakal menangis.

Percuma mereka menabung. Bahkan dalam jumlah tumpukan isi saldo besar sekalipun. Secara perlahan lahan nilai uang tradisional tak lagi bernilai. Yaitu menjadi 0.   

Jika keadaan ini terus dibiarkan berlanjut lanjut. 

Maka mata uang tradisional lainnya bakal ikut terjerumus ke dalam kepunahan massal. Dari 80 jenis mata uang tradisional yang dikendalikan oleh Bank Sentral. Perlahan demi perlahan sedikit demi sedikit berguguran. Dari 80 menciut menjadi 50, lalu menciut menjadi 30, 20, 10 dan hanya menyisakan pemain terkuat tersisa sedikit. 

Sedangkan negara yang sudah kehilangan nilai mata uang Bank sentralnya. 

Mau tak mau harus menggunakan Bitcoin atau menggunakan pemain mata uang tradisional yang masih bertahan seperti dolar, yuan, ruble, poundsterling dan new shekel. 

Apakah mata uang tradisional dapat bertahan lama

Foto : Mata uang rupiah menuju ke era kepunahan
Untuk 100 tahun ke depan. 

Seperti pembahasan di atas. Pemain mata uang tradisional dapat dihitung dengan jari saja. Sisanya dimiliki oleh uang cryptoccurency. 

Sebagai informasi. Ada banyak pemerintahan negara mencoba membuat versi mata uang digital untuk menandingi kedigdayaan bitcoin dan kawan kawannya. 

Namun secara teknologi blockchain. Itu pekerjaan mustahil karena Bitcoin memang diciptakan superior tak dapat ditandingi oleh sumber daya apapun juga yang dimiliki oleh pemerintahan yang ada saat ini dan bahkan untuk masa depan. 

Sejak tahun 2008 hingga 2022. Posisi peringkat #1 Bitcoin tak dapat dikalahkan. 

Bitcoin juga mustahil untuk dibanned, diblokir atau dihancurkan. Kecuali kita menghancurkan internet di seluruh dunia dalam waktu bersamaan. Itu perkerjaan mustahil bukan...? 

Ini membuktikan keunggulan teknologi bitcoin memang diciptakan tak mampu ditandingi oleh mata uang tradisional. 

Faktor hukum

Foto : Tentara US Army Amerika Serikat dapat digunakan sebagai faktor hukum untuk memaksa orang orang diberbagai penjuru dunia menggunakan mata uang dolar. Jika menolak dapat dikenai saksi hukuman tegas yang diberlakukan melalui kekuatan militer.

Hanya faktor hukum yang dapat membuat mata uang tradisional masih mampu bertahan hingga saat ini menghadapi Bitcoin. 

Sebagai contoh : 

Pemerintah Amerika Serikat melalui Bank Sentral dapat memaksa semua penduduknya untuk menggunakan dolar atau menyebarkan dominasi dollar menggunakan kekuatan paksaan militer agar digunakan oleh banyak negara dan agar digunakan oleh komunitas perdagangan maupun sebagai alat trading secara online. 

Faktor hukum identik dengan kekuataan militer.

Apabila hukum, militer, teknologi dan inovasi ekonomi dipersatukan. Jadi melalui acuan data ini. Maka mata uang tradisional yang dapat bertahan diperkirakan hanya ada 5 saja untuk penggunaannya di masa depan yang segera datang. yaitu :

1]. Dolar milik Amerika Serikat

2]. Yuan milik China

3]. Ruble milik Rusia

4]. Poundsterling milik Inggris

5]. New Shekel milik Israel. 

Sedangkan mata uang lainnya. Termasuk Euro milik Uni Eropa, Yen milik Jepang, Won milik Korea Selatan, Rupee milik India, Franc milik Swiss, Rupiah milik Indonesia. Ringgit milik Malaysia, dll. Segera bangkrut (tamat) menuju kepunahaan. Digantikan oleh Bitcoin dan 5 mata uang perkasa yang ada pada daftar di atas. 

Jika sebuah mata uang sudah bangkrut. Maka uang milik pemerintahan mereka menjadi sejarah di museum untuk dominasinya hilang tak berbekas selama lamanya. 

Faktor hukum tak dapat menghukum bitcoin. 

Tetapi hukum dapat menghukum orang orang yang menggunakan mata uang melalui kekuatan militer mereka. 

Jadi itulah sebabnya mengapa ekonomi dan militer memang tak dapat dipisahkan.

Paksaan dan hukuman dari aparatur negara seperti tentara dan kepolisian dapat membuat banyak orang menjadi ketakutan sehingga mau tak mau menggunakan mata uang yang dipaksakan tersebut sebagai alat transaksi, trading online atau jual beli secara offline.

Ngomong ngomong. 

Mengembangkan kekuatan ekonomi tanpa memperhatikan kuantitas & kualitas militer sama saja seperti orang yang sedang maju berperang tanpa membawa senjata. 

Bagaimana dengan emas dan perak : 

Emas dan perak bukan merupakan mata uang melainkan aset komoditas mineral langka yang memiliki nilai dengan total gabungan valuasi masing masing sekitar $ 13.001miliar dolar atau sekitar kira kira Rp 200.000 triliun rupiah. 

Banyak orang orang di seluruh dunia berinvestasi emas dan perak karena memang dikenal tahan guncangan inflasi. Ketimbang kita menabung rupiah mengendapkannya di rekening Bank. Tiap tahun nilainya malah ludes. Terbukti dimakan oleh inflasi + ada kena biaya administrasi juga ya. he he...,

Tak ayal. Uang senilai Rp 100.000.000 juta rupiah kelak terasa seperti Rp 10.000.000 juta..

Dan uang senilai Rp 1 miliar terasa kelak seperti Rp 100.000.000 juta rupiah. 

Syukur syukur kalau sempat dialihkan ke investasi saham yang dapat meningkat nilainya seiring waktu. 

Asal ngga kena prank saham gorengan aja.

Apabila nilai sahamnya warna merah darah turun 50% dalam sebulan. 

Apakah si investornya ngga nangis termehek mehek gitu ya...

Nah, kalau emas dan perak sejauh ini berbeda fungsi. Walaupun bukan sebagai mata uang utama bagi banyak negara. Tetapi aset logam mulia ini dapat dicairkan ke bentuk uang. Terutama emas batangan atau koin emas.

Emas dan perak untuk 100 tahun ke depan tetap ada seperti keadaannya saat ini. 

Fungsi dari Bitcoin dan Emas memiliki perbedaan secara signifikan sehingga tak dapat di head to head.

Namun satu hal yang pasti. 

Nilai valuasi Bitcoin suatu saat untuk 100 tahun ke depan dapat melebihi, menyaingi atau mengalahkan gabungan antara emas dan perak.

99% mata uang cryptocurrency sebenarnya cuma lelucon.

Sejak Bitcoin lahir di tahun 2008.

Kemudian disusul oleh Ethereum. 

Lalu muncul lagi mata uang cryptoccurency lainnya yang kini telah berjumlah hampir 19.731 unit. 

Hampir 99% mata uang cryptocurrency yang dibangun saat ini sesungguhnya cuma lelucon aja untuk digunakan oleh para trader berpengalaman mengeruk keuntungan profit dari teknik cari cuan melalui spekulasi. 

Ya, memang benar ada orang orang tertentu. 

Terutama trader jago mampu mengeruk atau menghasilkan miliaran rupiah dari perdagangan crypto yang 100% berbasis online. Mekanisme perdagangan transaksi dibantu oleh komputer quantum untuk konversi dari berbagai jenis mata uang lainnya.

Sesungguhnya 99% dari antara 19.731 uang digital crypto saat ini adalah scam atau lelucon aja.

Secara teknologi. Mata uang crypto yang benar memiliki nilai intrinsik nyata untuk mendayagunakan kehidupan umat manusia hanya ada sedikit saja. Paling paling cuma 20 unit aja. 

Contohnya seperti Bitcoin, Ethereum, Zcash, DAI, dll

Sisanya adalah scam.

Itu hanya jadi tempat ajang para trader berpengalaman yang jago untuk mengeruk uang dari orang orang yang memasukkan atau menginvestasikan spekulasi uangnya ke crypto. 

Bitcoin adalah lubang hitam di alam semesta

Jumlah mata uang tradisional dari hari ke hari makin menciut. 

Jumlah mata uang cryptocurrency dari hari ke hari malah kian bertambah banyak.

Sewajarnya. Awal awal sih emang begitulah cara kerja sistem awalnya ya. 

Pembuat bitcoin dengan nama samaran Satoshi Nakamoto memang memberikan kesempatan untuk mata uang cryptocurrency lainnya lahir, tumbuh dan berkembang di awal awal. Akan tetapi ketika batas jumlah 21.000.000 unit telah tercapai. Kira kira di tahun 2140. Maka Bitcoin segera menunjjukkan mesin teknologi putaran tajinya yang makin tajam.  

Bitcoin ibarat seperti lubang hitam. 

Perlahan lahan kecil, kemudian terus membesar, besar dan tambah membesar. 

Sistem putaran hash algoritma mining PoW milik Bitcoin semakin tua bukan malah semakin lemah. 

Melainkan makin tambah kuat dan kencang. 

Semakin tua umur Bitcoin, maka semakin digdayalah Bitcoin. 

Bitcoin tak dapat dibunuh. Melainkan menjadi mesin pembunuh bagi mata uang crypto lainnya.  

Di tahun 2140. Seperti ibarat cara kerja lubang hitam. 

Bitcoin berubah menjadi tambah ganas. dengan membunuh dan menghisap nilai valuasi mata uang cryptocurrency dan uang tradisional fiat lainnya. 

Tak ayal, harga investasi Bitcoin di tahun mendatang bakal bertambah besar.

Sedangkan banyak cryptocurrency lainnya di tahun 2140 bakal banyak mati akibat dihisap, disedot dan dibunuh oleh putaran Bitcoin. Daftar mata uang crypto pun menciut dari tadinya ada banyak segera menciut kembali menjadi antara 10 atau 20 unit sebagai pendukung struktur agar sistem mining PoW utama bitcoin bekerja secara mantap.   

10 atau 20 unit mata uang cryptocurrency ini bukan lagi untuk menjadi pesaing bitcoin. Tetapi seperti yang diutarakan diatas yaitu mendukung kinerja Bitcoin sebagai pemimpin utama yang tak tertandingi di ranah cryptocurrency. 

Sedangkan mata uang tradisional yang dapat bertahan di tahun 2140 cuma tinggal tersisa 5. 

Yaitu dolar, ruble, yuan, poundsterling dan new shekel.   

Negara lain yang sudah kehilangan nilai mata uangnya dipaksa menggunakan ke 5 mata uang tradisional ini dan beberapa orang orang masih berinvestasi menyimpan emas & perak. 

Bitcoin sebagai sang juara penguasa yang tak terkalahkan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.