Lompat ke konten Lompat ke footer

10 perusahaan private swasta terkaya dan terbesar di dunia ( 2023 )

Ada 3 jenis perusahaan yang ada di dunia ini. 

Yaitu perusahaan BUMN, perusahaan swasta private dan perusahaan swasta publik.

Definisi perbedaan mudahnya yaitu perusahaan swasta private, seluruh keuntungan pendapatan masuk ke kantong dompet founder tanpa harus wajib memberikan laporan data keuangan kepada publik dan tanpa harus bagi deviden. Dimana hasil keuntungan finansial kemudian diputar kembali oleh sang founder untuk melanjutkan operasi, investasi atau memperluas pertumbuhan menjadi lebih besar lagi. 

Pada tahun 2022. Belum diketahui ada berapa jumlah perusahaan private swasta yang di ada dunia ini.

Mencari tahu dan meneliti jumlah total perusahaan swasta private dari seluruh penjuru dunia membutuhkan tim riset dalam jumlah besar, modal besar, kesabaran yang tinggi dan ada beberapa lokasi cukup berbahaya menantang untuk diteliti oleh peneliti seperti negara rawan kriminalitas perang.  

Bukan seperti perusahaan swasta publik yang mudah diketahui. Karena perusahaan swasta publik sudah mengajukan pendaftaran dirinya kepada pemerintah lokal setempat dan bursa yang menaunginya sehingga terdata secara rapi. 

Menurut data lembaga di pemerintah Amerika Serikat. 

Jumlah perusahaan swasta private yang ada di AS berjumlah sekitar 300.000 ribu unit dan ada sebanyak 3.556 perusahaan swasta publik. Seluruh PT entah itu private dan publik di AS telah terdaftar di perpajakan sehingga telah menjadi kewajiban bagi mereka untuk membayar pajak ke pemerintahan yang dipimpin oleh presiden Joe Biden. 

Di Israel terdapat 6.402 perusahaan swasta private, 541 perusahaan swasta publik dan 533.000 UKM mikro kecil menengah yang tak berbentuk badan hukum PT. Dengan rata rata tiap tiap UKM memperkerjakan antara 2 - 50 orang.   

Sedangkan di Indonesia. Ada berapa banyak jumlah perusahaan swasta private belum saya ketahui.

Karena setelah search di Google belum ketemu datanya. 

Padahal data ini penting lho ya untuk mematuhi kepatuhan pajak. 

Satu hal yang di ketahui yaitu perusahaan publik swasta yang terdaftar di bursa saham berjumlah sebanyak 800 unit dan terdapat sebanyak 59.000.000 juta UKM mikro kecil menengah yang tak berbentuk badan hukum PT. 

Tentu saja perusahaan publik membayar pajak dengan taat kepada pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh presiden Joko Widodo ( Jokowi ). 

10 perusahaan private swasta terkaya dan terbesar di dunia ( 2023 )

Jika berbicara tentang perusahaan private swasta dengan kekayaan paling kaya dan terbesar. Sampai kapanpun tentu tak dapat mengalahkan hedegomi perusahaan yang terdaftar di bursa saham karena ditopang oleh modal yang jauh lebih besar dibandingkan perusahaan private swasta. 

Sifat utama dari perusahaan private swasta yaitu 'Tertutup'. 

Artinya laporan keuangan tak dirilis ke publik, hanya kepada pemerintah lokal saja sebagai tujuan pembayaran pajak penghasilan. Itu pun dapat diakal akali datanya dengan ketidakjujuran untuk mengemplang pajak. 

Hampir 100% pendapatan perusahaan swasta private masuk ke kantong sang founder atau dibagi bagi kepada keluarga dan keturunan anak anak cucu cucu secara turun temurun. Namun mayoritas laba diputar lagi untuk investasi melanjutkan pertumbuhan bisnis keluarga ke next level. 

Jenis industri yang dimainkan oleh perusahaan private swasta ada macam macam. Mulai dari bisnis restoran, bisnis distributor perdagangan komoditas, bisnis daur ulang besi bekas, bisnis properti, bisnis perkebunan, bisnis perternakan, bisnis senjata, bisnis pembuatan ember, bisnis produksi permen gula gula, bisnis penggergajian kayu hutan, bisnis pembuatan boneka, bisnis toko baju, bisnis jasa travel pulang pergi luar dalam kota, bisnis dagang barang elektronik dan masih banyak lagi.  

Berikut adalah 10 perusahaan private swasta terbesar dan terkaya di dunia. Lengkap dengan total pendapatan kotor dalam setahun. ( 2023 )

1]. Vitol

Asal : Uni Eropa. Pendaptan kotor : $ 279 miliar dolar atau sekitar Rp 4.186 triliun rupiah pertahun. 

2]. Trafigura 

Asal : Uni Eropa. Pendaptan kotor : $ 231 miliar dolar atau sekitar Rp 3.466 triliun rupiah pertahun. 

3]. Cargill 

Asal : Amerika Serikat. Pendapatan kotor : $ 165 miliar dolar atau sekitar Rp 2.476 triliun rupiah pertahun. 

4]. Schwarz

Asal : Uni Eropa. Pendapatan kotor : $ 158 miliar dolar atau sekitar Rp 2.370 triliun rupiah pertahun. 

5]. Aldi

Asal : Uni Eropa. Pendapatan kotor : $ 134 miliar dolar atau sekitar Rp 2.010 triliun rupiah pertahun. 

6]. Tata

Asal : India. Pendapatan kotor : $ 128 miliar dolar atau sekitar Rp 1.920 triliun rupiah pertahun.

7]. Koch industries

Asal : Amerika Serikat. Pendapatan kotor : $ 125 miliar dolar atau sekitar Rp 1.876 triliun rupiah pertahun. 

8]. Suning holdings

Asal : China. Pendapatan kotor : $ 102 miliar dolar atau sekitar Rp 1.530 triliun rupiah pertahun.

9]. Huawei 

Asal : China. Pendapatan kotor : $ 98 miliar dolar atau sekitar Rp 1.470 triliun rupiah pertahun.

10]. Amer 

Asal : China. Pendapatan kotor : $ 88 miliar dolar atau sekitar Rp 1.320 triliun rupiah pertahun. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.