Langsung ke konten utama

Sudah saatnya Amerika Serikat menjadi negara pertama yang bersih dari atribut politik partai Demokrat dan partai Republik menggunakan ide kombinasi AI dan RCV ( ranked choice voting ) ( 2023 )

Terima kasih untuk ide RCV.

Alamat dapat anda baca di link berikut ini : 

https://ballotpedia.org/Ranked-choice_voting_(RCV)

Jadi sekarang saya mulai yakin bahwa negara tanpa partai politik, tetapi tanpa menghilangkan unsur demokrasi itu dapat dijalankan menggunakan kombinasi AI dan RCV. Bisa saja ada ide baru lagi lainnya yang lebih menarik karena ini masih pro dan kontra. Siapa tahu dapat mengubah sistem demokrasi menjadi lebih baik lagi. 

Bumi bersih tanpa atribut bendera partai politk adalah sesuatu hal yang indah. 

Karena partai politik itu sungguh tidak berguna. 

Baca artikel saya sebelumnya di : 

Negara tanpa partai politik. Bagaimana ide saya melenyapkan partai politik di seluruh dunia menggunakan kekuatan AI ( 2023 )

Sudah saatnya Amerika Serikat menjadi negara pertama yang bersih dari atribut politik partai Demokrat dan partai Republik.

Tidak seperti negara republik pisang dan negara republik kencing unta yang masih saja doyan melakukan pemilu dengan partai politiknya berserta para pejabatnya yang kerjaan mereka cuma doyan minta anggaran APBN untuk membuat, mengadakan, menyelenggarakan rapat, upacara, aktivitas, lomba, proyek, diskusi dan kegiatan formalitas yang tidak berguna hanya ngabisin uang pajak rakyat saja. 

Rapat berjam jam partai politik sungguh tidak berguna itu hanya hiasan agar mereka terlihat aktif, mengabdi dan bertanggung jawab di pemerintahan. 

Padahal sebenarnya pejabat kleptokrasi itu tanpa mereka sadari, kerjaannya hanyalah bagian dari perusak alam lingkungan. 

Jadi sudah saatnya partai politik harus dihapuskan dari muka bumi. 

Dan ingatlah, partai politik adalah tidak ada yang benar, semuanya adalah salah. Karena kebenaran hanya milik Lucinta luna. 

Sudah saatnya Amerika Serikat menjadi negara pertama yang bersih dari atribut politik partai Demokrat dan partai Republik 

Jika mengacu pada catatan sejarah masa lalu. 

Amerika Serikat menjadi negara demokrasi pertama yang pernah melakukan pemilu tanpa partai politik. Ini pernah terjadi pada tahun 30 April 1789. Kala itu, presiden George Washington dipilih oleh rakyat. 

Amerika Serikat seharusnya mulai kembali menelusuri asal usul para founding father. Bagaimana sebuah negara AS dapat berfungsi dengan mulus bahkan tanpa ada atribut partai politik sama sekali. 

Presiden yang dipilih oleh rakyat menjadi kepala negara, kepala pemerintahan. 

Tak hanya itu saja, presiden juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata dan mengontrol penuh atas kendali Bank Sentral. 

Dengan cara ini maka pemerintahan pusat menjadi kuat. 

Mantan presiden AS Donald Trump pernah mengatakan 'Make America Great Again'. 

Aku pikir untuk mewujudkan cita cita ini maka salah satunya yaitu dengan menghapus dan menutup partai politik. 

Di abad modern, Amerika Serikat menerapkan sistem dua politik partai yang mendominasi elektoral. 

Dibandingkan dengan negara lain yang menerapkan multipartai ( banyak partai ). Secara praktis, sistem 2 partai milik AS memang memiliki efesiensi yang tinggi. Tapi aku pikir tetap masih belum sempurna. Syarat utamanya yaitu Amerika Serikat dapat menghapus total partai politik. 

Orang orang Amerika Serikat juga sudah muak dengan partai politik. Itu hanya membuat keterlambatan pembangunan negara dan menghabiskan banyak uang para pembayar pajak untuk aktivitas rapat mereka yang tidak penting. 

Tak hanya rakyat AS, bahkan presiden George Washington juga pernah melontarkan kecaman kepada partai politik yang beliau sebut licik, ambisus dan tak berprikemanusiaan. 

Jika ingin mereformasi revolusi Amerika Serikat ke tahap yang lebih maju, lebih baik dan lebih efesien. Salah satu langkah awalnya yaitu dengan meniadakan partai politik. Yaitu menggunakan AI untuk merampingkan demokrasi, menyederhanakan sistem birokrasi, membantu memuluskan jalannya demokrasi secara berkeadilan berdasarkan ketetapan hukum bersama yang sudah ditentukan bersama oleh rakyat dan dapat menggunakan metode RCV atau sejenisnya. Kalau ada yang lebih baik dapat digunakan. 

Berikut catatan rangkuman alur kerja RCV :

Sistem pemungutan suara pilihan berperingkat (RCV) adalah sistem pemilihan di mana pemilih mengurutkan kandidat presiden berdasarkan preferensi pada suara. Jika seorang kandidat memenangkan mayoritas suara pilihan pertama, dia dinyatakan sebagai pemenang. Jika tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas suara pilihan pertama, kandidat dengan suara pilihan pertama paling sedikit akan dieliminasi. Suara pilihan yang diberikan untuk kandidat yang gagal akan dihilangkan dan pilihan selanjutnya pada surat kemudian dinaikkan ke pilihan atas hingga mencapai hasil poling tertinggi menjadi menciut 2 kandidat. 

Lihat bagian di bawah untuk informasi tambahan tentang topik berikut :

Cara kerja RCV : Bagian ini mencantumkan langkah langkah umum yang terlibat dalam pemungutan suara pilihan peringkat (RCV) dan memberikan contoh rinci penerapannya.

Istilah terkait : Bagian ini mencantumkan istilah dan frasa yang umumnya dikaitkan dengan pemungutan suara pilihan peringkat.

Di mana RCV digunakan? : Bagian ini memberikan rincian tentang penggunaan sistem pemungutan suara berdasarkan peringkat di Amerika Serikat.

Sejarah RCV : Bagian ini menyajikan sejarah penggunaan pemungutan suara berdasarkan peringkat di Amerika Serikat.

Argumen yang mendukung dan menentang pemungutan suara berdasarkan pilihan peringkat RCV 

Secara garis besar, proses pemungutan suara berdasarkan peringkat berlangsung sebagai berikut untuk pemilihan dengan pemenang tunggal.

Para pemilih mengurutkan kandidat berdasarkan preferensi pada suara mereka.

Jika seorang kandidat memenangkan mayoritas suara pilihan pertama (yaitu, 50 persen plus satu), dia akan dinyatakan sebagai pemenang.

Sebaliknya, jika tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas suara, kandidat dengan suara pilihan pertama paling sedikit akan dieliminasi hingga menyisakan 2 kandidat teratas. 

Pendukung pemungutan suara berdasarkan peringkat berpendapat bahwa hal ini memberikan pemilih alternatif terhadap sistem dua partai yang ada di Amerika Serikat dan menghemat banyak uang pembayar pajak AS. 

Apakah ada ide lain, silahkan beri saran...?

Saya yakin bahwa pada masa depan, Amerika Serikat dapat menerapkan negara tanpa partai politik. 

Sekaranglah waktunya untuk mengubah pemilihan presiden atau pemilu menjadi lebih hemat biaya APBN tanpa kehadiran partai politik lagi. Dengan cara ini maka AS dapat melaju lebih kencang, lebih gesit dan lebih lincah dalam pembangunan. Tidak lagi seperti masa kini yang dimana partai republik dan partai demokrat saling tidak bersatu, tidak akur dan justru menjadi biang kerok penghambat pembangunan Amerika Serikat menjadi great again. 

Sudah waktunya, presiden Amerika Serikat ketika dilantik tidak perlu lagi bersumpah setia kepada partai Republik. 

Sudah waktunya, presiden Amerika Serikat ketika dilantik tidak perlu lagi bersumpah setia kepada partai Demokrat. 

Tetapi bersumpah kepada Tuhan Yesus Kristus, Alkitab dan rakyat Amerika Serikat sebagai orang Amerika Serikat yang mengabdi, melayani dan memimpin Amerika Serikat. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU. 

Related Post