Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel robot kecerdasan buatan humanoid tanpa kepala Menteebot + AI21 [ teknologi robotics untuk meningkatkan produktivitas industri dunia ke next level ] ( 2024 )

Youtube : Teknologi Israel robot Menteebot humanoid

Umat manusia kedatangan sahabat baru. 

Namanya Mentee. 

Mentee adalah robot bot humanoid berbasis kecerdasan buatan AI yang mampu berbincang bincang, berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang mengintegrasikan pemetaan otomatis, 3D real time berbasis NeRF, penginderaan kamera otomatis, navigasi sendiri, memahami perintah sematic, pembelajaran mesin Sim2real, pengenalan objek dan model bahasa besar LLM seperti AI21 labs.

Sehingga anda dapat memaksa dan memperbudaknya untuk berkerja di bidang industri dan lain lain sebagainya. Lalu manusia tinggal pensiun saja, biarkan robot yang bekerja.   

Oh ya, daya tahan kemampuan baterei listrik Mentee sekitar 5 jam. Sebelum lowbet, robot dapat berjalan kembali mengisi charger sendiri ke tempat yang sudah disediakan. Lalu gantian Menteebot siap memaksa & memperbudak manusia untuk berkerja keras bagi robot.


Amnon shashua, founder perusahaan Mentee robotics asal Israel mengatakan : 

Kita berada di titik puncak kovergensi visi komputer, pemahaman bahasa alami, simulator yang kuat dan terperinci serta metodologi dan simulasi ke dunia nyata. Di Mentee robotics kami merancangnya sebagai titik awal robot dua kaki serba guna di masa depan yang dapat bergerak seperti manusia dengan otak untuk melakukan tugas rumah tangga dan tugas berat yang tidak perlu dirinya untuk dilatih. Sahutnya. 

Beliau pun melanjutkan : 

Kita sedang berada di revolusi AI. Sahutnya. 

Perusahaan teknologi Mentee robotics didirikan oleh 3 founder asal Israel bernama Lior wolf, Shai shalev dan amnon shashua yang juga menaungi teknologi kecerdasan buatan AI21. Ini merupakan pesaing OpenAI ChatGPT. 

Teknologi gabungan antara Mentee ( didanai modal awal $ 17 juta dolar ) dan AI21 di danai dengan pendanaan modal penggabungan sebesar $ 172 juta dolar atau sekitar Rp 2,7 triliun rupiah atau setara Rp 2.700 miliar rupiah. 

Pihak Mentee robotics menjamin bahwa robot canggih ini untuk dipekerjakan di industri dan rumah tangga demi meningkatkan produktivitas dan membantu umat manusia. Robot ini tidak perlu dilatih atau diajari untuk mengerjakan sesuatu. Karena robot ini sudah mampu memahaminya sendiri. Cukup bicara saja kepadanya dalam bahasa sehari hari. Seperti mengangkat, memegang, berjalan ke ruang tamu atau ke dapur, menaruh buah apel ke keranjang, dll. 

Jadi teman teman tidak perlu kwatir kalau suatu saat Mentee robotics bersatu padu lalu memberontak sehingga dia tidak mau lagi cuci piring dan melipat baju untuk anda. Lalu membuat anda menjadi ketakutan karena kehadirannya yang cukup menyeramkan tanpa wujud kepala. 

Akibat adanya halangan hukum fisika Moravec's paradox yang belum terpecahkan. Hingga detik ini, robot Menteebot masih belum sanggup untuk cuci piring dan melipat baju. 

Ini hanyalah demostrasi awal dari integrasi AI dan robotika. Tidak tahu bagaimana kelak kelanjutan robot Mentee di masa depan.  

Bagi manusia mencuci piring terlihat amatlah mudah.

Tapi bagi Mentee karena adanya halangan keterbatasan teknologi komputasi AI saat ini. Mencuci piring & melipat baju terlihat amat sulit baginya sehingga membutuhkan banyak daya sensor dan menghabiskan banyak tagihan energi listrik dalam perhitungan kalkulasi algoritmanya. 

Hal ini sesungguhnya menjadi tidak sesuai dengan standar operasional kebutuhan AI dan robotika yang harus efesien listrik & hemat biaya. 

Pihak perusahaan mengklaim bahwa robot Mentee masih membutuhkan banyak waktu dan perbaikan untuk penyempurnaan prototipenya hingga 2 tahun ke depan. Diharapkan pada tahun 2025 sudah di jual produksi ke publik internasional. 

Nama : Menteebot

Kategori : Robot dan AI

Kantor pusat : Israel

Alamat : menteebot.com

Youtube : Teknologi Israel menteebot

Pada tahun 2024. Terdapat 3 perusahaan pesaing terberat Menteebot yang terdiri dari Hyundai boston dynamic ( diakuisisi oleh perusahaan teknologi otomotif asal Korea Selatan ), FigureAI colaps OpenAI + Microsoft ( Amerika Serikat ) dan Tesla Optimus yang dibangun oleh Elon musk ( Amerika Serikat ).

Youtube : Sebelum tahun 2024

Youtube : Sesudah tahun 2024

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.