Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Tytocare : Teknologi Komunikasi Diagnosis Dokter Virtual Jarak Jauh (2018)


Lebih dari 700.000.000 juta orang per tahun mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan medis. Terkadang pasien hanya menderita sakit ringan, seperti deman, gigitan serangga, flu, pusing, gatal-gatal, dll.

Menuju rumah sakit atau ke klinik membutuhkan biaya yg tak sedikit. Belum lagi ditambah dengan waktu perjalanan yg diselingi oleh kemacetan lalu lintas.

Sesampainya disana, pasien juga mesti menunggu antri untuk menerima resep obat dokter.

Perkembangan internet dan smartphone yg berkembang pesat. Kini melahirkan banyak startup kesehatan yg berbasis komunikasi live video atau chatting konsultasi via website online untuk menyederhanakan layanan, menghemat waktu, dan biaya untuk diagnosis kedokteran.

Namun hal ini ibarat pedang bermata dua bermain dengan ‘kematiaan’.

Bagaimana mungkin dokter dapat menganalisis penyakit pasien dari jarak jauh hanya dengan berbincang-bincang saja via ‘videocall’ tanpa mendapatkan informasi data medis yg akurat.

TYTOCARE Teknologi Komunikasi Diagnosis Dokter Virtual Jarak Jauh

Perusahaan Telemedicine asal Israel. TytoCare, telah mengembangkan perangkat teknologi yg dapat memungkinkan untuk melakukan tes umum kesehatan tanpa perlu pasien mengunjungi dokter.

Tytocare memiliki 3 Produk. Yaitu Tytohome, Tytopro dan Tytoclinic.

Ke 3 alat ini diciptakan dengan biaya penelitian riset (R&D) dan pendanaan sebesar $ 45.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 625 miliar rupiah.

Tytocare didirikan pada tahun 2012 di Israel oleh Dedi Gilad dan Ofer Tzadik. Sebelumnya, Kedua founder ini telah berpengalaman dibidang Teknologi informasi perawatan diagnostik kesehatan mHealth.

Sistem yg terdapat di Produk Tytocare memungkinkan untuk interaksi jarak jauh yg akurat antara dokter dan pasien berdasarkan kemampuan tes real-time yg dilakukan oleh stetoskop digital, Kamera resolution tinggi, Thermometer basal, digital otoscope dan alat depressor adaptors.

Sistem ini mampu mengukur suhu tubuh pasien, memeriksa tenggorokan, memeriksa telinga, mendeteksi detak denyut jantung, paru-paru dan melihat keadaan kulit & tubuh paisen melalui kamera.


Perangkat Lunak, Cloud dan Sistem Verifikasi
Tytocare memiliki system perangkat lunak yg mampu memberikan verifikasi tentang informasi salah atau benar tentang cara pemakaiannya.


Ketika pasien menempatkan diposisi yg salah. 

Perangkat dapat memberitahukan dimana lokasi alat seharusnya terpasang pada bagian tubuh anda. Sehingga pasien yg gaptek dapat dipandu untuk menggunakan perangkat tersebut hingga benar.

Tersedia pula, Cloud (rekam medis) yang mencatat riwayat penyakit pasien.

Ketika pasien menggunakan produk Tytocare di rumah. Alat secara otomatis merekam data ke cloud. Sehingga dokter dapat mengetahui kondisi sejarah penyakit pasien.    


Gilad mengatakan :
Kami bangga membawa teknologi telehealth ke lebih banyak rumah, memperluas jangkauan dokter tanpa mengorbankan kualitas perawatan.

Tytocare menambahkan lebih banyak kemampuan baik perangkat maupun aplikasi dalam upaya untuk mereplikasi kunjungan ke dokter. 

Visi perusahaan adalah benar benar mengambil alih praktik pemeriksaan tradisional dari tatap muka ke mobile. Sahutnya

Mesin Pembelajaran (Machine Learning)

Untuk menjalankan Tytocare membutuhkan koneksi internet atau wifi

Tytocare menyediakan produk Tytohome untuk digunakan bagi keluarga kecil di seluruh dunia.

Sedangkan Tytopro dan Tytoclinic hanya diperuntukkan bagi kalangan professional seperti dokter, perawat, pemadam kebakaran, dan tenaga medis lainnya yg berada di kantor, sekolah atau perusahaan-perusahaan.


Tytopro dan Tytoclinic terhubung ke basis data pusat cloud ‘organisasi kesehatan’ yg terenskripsi sesuai dengan HIPAA.

Di Israel, 

Data medis tytocare dikendalikan dan dikirim ke organisasi kesehatan terbesar di Israel. 

kepada :  CLALIT HEALTH SERVICE’.



Tytocare memiliki machine learning mampu menganalisis kesehatan pasien dan menyelidiki sejarah keadaan pasien untuk menyarankan melakukan perawatan inap ke rumah sakit sebelum penyakit bertambah parah.


Alamat : https://www.tytocare.com

Kantor Pusat : Israel 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU