Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Terbaru Google Adsense (2018)


Pada tanggal 22 Mei 2018. Bagi teman-teman yang bekerja menjadi publisher ‘Google Adsense’. Terdapat syarat & peraturan baru yg berlaku. Peraturan lama tetap berlaku.


Ada yg baru pada pengumuman kali ini. Yaitu tentang Penutupan akun secara otomatis apabila dalam jangka waktu 6 bulan tak aktif, masalah privasi, pajak, pembagian gaji, dan duplikasi.

Penasaran. Yuk simak infonya dibawah ini ya :

1]. Akun Google Adsense di tutup secara otomatis, apabila dalam waktu 6 bulan tak aktif berturut-turut

Apabila kita, tak membuka, tak mengunjungi akun, tak melihat pembayaran, tak ada aktivitas peningkatan tampilan halaman, tak pernah lagi mengunjungi untuk melihat tayangan di dashboard Google Adsense.

Google tanpa memberikan peringatan ke email.

Secara langsung mengakhiri dan menutup akun secara otomatis.

Jangka waktu yang diberikan yaitu sekitar 6 bulan secara berturut-turut apabila Google tak mendeteksi adanya aktivitas aktif dari kita. Akun di banned/nonaktifkan

2]. Di Larang melakukan SPAM dengan menyuruh orang lain mengklik iklan atau menggunakan bot, software dan aplikasi lainnya demi memanipulasi klik.

Peraturan dan ketentuan lama yg masih berlaku.

3]. Di Larang membagi-bagikan ‘Gaji Penghasilan’ ke Pihak ke tiga.

Kita dilarang membuat perjanjian dengan pihak ke 3 untuk membagi-bagikan penghasilan atau pembayaran tiap bulan kepada orang lain.

Contoh : Kita memiliki website, membuka form bagi orang lain tak dikenal yg berminat menulis artikel di web/blog dengan iming-iming bagi hasil dari gaji google berdasarkan PV (Page View).  

Tetapi untuk beberapa kasus, web/blog dapat disetujui menggunakan teknik ini apabila mendapatkan persetujuan dari google.

Poin #3 tak berlaku untuk website yg dikelola perusahaan media berita, majalah online, dll. Dimana memiliki tim karyawan mandiri sebagai penulis.

4]. Mematuhi Potongan Pajak

Pengguna layanan adsense bertanggung jawab mematuhi hukum pajak yg berlaku di tiap-tiap negara. Pembayaran secara otomatis telah dipotong oleh pajak.

Bukti Salinan pembayaran pajak disertai saat penerimaan gaji.

5]. Di Larang menyembunyikan Privasi kepada Google

Menggunakan Google berarti menyerahkan semua informasi tentang data-data anda tanpa sembunyi-sembunyi.

Segala privasi dan data pemilik akun digunakan oleh google. Google menggunakan data tersebut dengan baik, menjaga privasi anda.

Pengguna akun adsense diwajibkan memberitahukan kepada pengunjung website tentang policy privacy kepada pengguna akhir (pembaca website).

Bahwa terdapat alat-alat pelacak khusus. Seperti penyimpanan, perekaman otomatis, akses cookie, pelacak lokasi, teknologi DoubleClickDart, dll

6]. Di Wajibkan Memblok Tingkat Klik dan Statistik Performa Adsense

Peraturan dan ketentuan lama yg masih berlaku.

Namun kali ini Google lebih cerdas dengan pengembangan ‘Artificial Intelligence’ sehingga dapat menelusuri secara otomatis kepada setiap orang yg melanggar pedoman.

Google memperbolehkan setiap orang memberitahukan berapa jumlah pendapatan yang mereka terima.

Tetapi google melarang bagi siapa saja pengguna layanan yg menampilkan laporan angka statistic, seperti jumlah klik, ikhtisar, tampilan aktif, keterlibatan, dll.

Informasi pembayaran harap diblok atau diberi tanda rahasia dengan menuliskan bahwa ini adalah peraturan google. Contoh screenshot bisa dilihat pada gambar diatas.  Bagi pemilik yg melanggar di banned/nonaktifkan.

7]. Di Larang memiliki 2 akun atau lebih

Adsense hanya untuk 1 orang 1 akun. Peraturan terbaru mewajibkan tak boleh menduplikasi.

Google berusaha mencegah nama palsu untuk melindungi pengiklan dari orang-orang tak benar yang ingin melakukan kecurangan bisnis.

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU