Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Top Terbesar Raja Platform CMS Website, Blog, dan Toko Online (2018)


Kemaren, saya bertemu dengan keluarga yg bekerja di ‘Dinas Kebudayaan’. Sempat kaget juga pas nanyain tentang aktivitas beliau sehari-hari disana.

Katanya, ditempat kerja bersama-sama para PNS lainnya dari jam 7 pagi – jam 4 sore. Beliau Sibuk bekerja menyusun dokumen setebal tumpukan kertas yg tinggi dan ngeprint berlembar-lembar kertas. 

Ah pikirku dalam hati. Kok kalian masih pakai kertas sih, katanya, ngga tahu juga, celetusnya. Hatiku bertanya kembali kepadanya..? emangnya dinas tempat kamu kerja ngga ada bikin website, ngga pakai cloud gitu ya.

Kan pakai kertas itu mahal. Pohon kayu banyak ditebang celetus saya.

Jawabnya. Website dinas pemerintah kami baru mau bikin, biaya-nya Rp 10.000.000 katanya.

Mendengar jawaban keluarga saya tersebut. Saya jadi teringat dengan pesan seorang anak muda, namanya ‘Atta Halilintar’.

Katanya kalau pengen sukses jadi pedagang. Kamu harus bergerak maju, tak hanya offline, tapi juga hadir di online, seperti memiliki blog, memiliki channel youtube, memiliki website pribadi & toko online dan aktif di media sosial. 

Pada tahun 2018. Kehadiran online dibutuhkan untuk melakukan transformasi dari offline ke era online. Bukan berarti offline ditinggalkan, tetapi bersama-sama offline-online saling ditingkatkan.

Bagi para pebisnis, pengusaha, atau bekerja dibidang lainnya. Memiliki website, blog dan toko online sudah menjadi ‘kebutuhan mutlak’ untuk terus mengibarkan bendera kejayaan.

10 Top Raja Peringkat Platform CMS

Menurut Internetlivestats.com pada tanggal 16 Juli 2018. Terdapat 3,9 miliar orang pengguna internet diseluruh dunia dan jumlah total web/blog/toko online yg telah tercipta sebanyak 1,8 miliar. (Per 2018)

Artinya, 1 orang atau 1 organisasi ada yg memiliki 3-5 website/blog. (Sayangnya data tersebut kurang akurat karena tak menyebutkan apakah ini website berbayar atau gratisan. Kalau gratisan, rasanya masuk akal ya 1 orang bisa membangun 5 blog sekaligus).

Sebagai informasi, blog afrid fransisco yg anda baca ini membayar biaya Rp 250.000 per tahun.

Saya memiliki 3 blog. Artinya dibutuhkan pembayaran Rp 750.000 pertahun.

Bagi website seperti untuk ukuran dinas pemerintahan, toko, bisnis, universitas, laboratorium, industri, dll. Biaya pembangunan atau perawatan mungkin bisa membengkak hingga Rp 10.000.000 atau bahkan lebih.

Untuk membangun website, blog & toko online. Dibutuhkan CMS. CMS adalah Content Management Systems. Pemilihan CMS yg benar & tepat merupakan faktor krusial agar bisnis dapat sukses. Pemilihan CMS yg kurang popular atau salah dapat berakibat fatal pada kinerja bisnis.

Wordpress merupakan CMS paling populer di dunia yg digunakan oleh hampir 60.000.000 juta orang dengan menguasai peredaran dunia hingga 31.3%. artinya dari 10 blog/web/toko-online. 3 diantaranya dibangun menggunakan Wordpress.

Berikut 10 CMS Paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

1]. Wordpress

Buatan : Amerika Serikat

Jumlah pengguna : 60.000.000 juta orang (Tak diketahui yg berbayar & gratis)

Peringkat kekuasaan : 31%

2]. Joomla

Buatan : United Kingdom (Inggris)

Peringkat kekuasaan : 3,1%

3]. Drupal

Buatan : Amerika Serikat

Peringkat kekuasaan : 2,0%

4]. Squarespace

Buatan : Amerika Serikat

Peringkat kekuasaan : 1,2%

5]. Shopify

Buatan : Kanada

Peringkat kekuasaan : 1,2%

6]. Magento

Buatan : Amerika Serikat

Peringkat kekuasaan : 1,1%

7]. Blogger

Buatan : Amerika Serikat

Peringkat kekuasaan : 0,8%

8]. Wix

Buatan : Israel

Jumlah pengguna : 5.800.000 juta orang

Jumlah pengguna berbayar : 2.000.000 juta orang.

Keuangan perusahaan : $ 350.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 5 triliun rupiah (Per 2018)

Peringkat kekuasaan : 0,8%

9]. PretaShop

Buatan : Ferancis (Uni Eropa)

Peringkat kekuasaan : 0,7%

10]. TYPO3

Buatan : Switzerland 

Peringkat kekuasaan : 0,7%

BLOGGING PALING DISUKAI :
Platform Wordpress mencakup kebutuhan universal yg dapat membangun toko online, website affiliasi pemasaran, website iklan baris, website resseler, blog, dan lain-lain sebagainya.

Beberapa daftar diatas, ada yg bertindak pada 1 kemampuan saja seperti halnya membangun toko online & sistem kasir ritel saja. Contoh : Shopity

Ada pula blogger milik perusahaan raksasa Alphabet.inc yg hanya bertindak membangun aplikasi blogging untuk menulis catatan harian saja tanpa memiliki kemampuan profesional lainnya seperti Wordpress.

Menurut Builtwith.com. 

Wordpress dan Blogger merupakan platform blogging paling popular didunia untuk mencatat diary


Sedangkan pihak perusahaan-perusahaan CMS lain tak mampu mengejar kedigdayaan di 'area blogging (catatan harian)' yg hanya mencakup kurang dari 0,1%. 

Sehingga blogging hanya dikuasai oleh 2 pemain saja. yaitu WordPress dan Blogger

WordPress – 89,3%

Blogger – 5,9%

MovableType – 0,1%

Blog Engine - < 0,1%

Medium - < 0,1%

Posthaven - < 0,1%

Tumblr – 0,1%


KESIMPULAN
Seperti yg terlihat pada data. Jumlah pengguna Joomla, Magento & Drupal terlihat semakin menurun dari bulan ke bulan.

Diikuti pula oleh total keseluruhan perusahaan-perusahaan CMS lainnya yg beredar tersebar di dunia menurun dari bulan Juli 2017 sebesar 52%, turun menjadi 47% pada bulan Juli 2018.

Wordpress tetap menjadi raja CMS no #1 di dunia pada tahun 2018

Namun WordPress harus waspada.

Karena Shopify, Squarespace, PretaShop, dan Wix terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan begitu pesat karena kecanggihan sistem teknologinya tanpa mengharuskan seseorang belajar kode pemprograman HTML, PHP, JAVASCRIPT, CSS, JAVA, ASP.NET, PYTHON, RUBY, dll.

Newbie atau semua orang kini dapat menciptakan website pribadi sederhana dan membangun toko online begitu praktis semudah 1,2,3.


Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU