Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Res-Q-Cell : Teknologi Sensor Search & Rescue Pencari Penyelamat Korban Hilang Saat Segalanya Runtuh (2018)


Badai, tsunami, gunung meletus, banjir, perang, angin puting beliung, gempa bumi, dan kebakaran. Merupakan bencana alam yang menakutkan bagi manusia.

Selain menimbulkan kerugian dari segi material harta benda, tak sedikit pula korban jiwa direnggut oleh kegeramannya.

Menurut data dari BNPB (badan penanggulangan bencana alam). Di Indonesia saja sepanjang tahun 2017 telah terjadi 2.862 bencana.

Mengakibatkan dampak menyayat hati bagi 3.674.369 orang. Data ini dihitung berdasarkan statistik tahun 2017. Belum berdasarkan kalkulasi tahun-tahun sebelumnya. Ini barulah permulaan data di Indonesia aja ya.

Hemm…? Bandingkan apabila ditotal dengan data bencana alam di seluruh dunia yg jumlahnya tentu saja lebih besar.

Kepanikan bencana alam memang meresahkan. Tak dipungkiri, jumlah korban hilang akibat terpisah dari keluarga, mengakibatkan banyak orang menangis dan sedih akibat kehilangan orang yg mereka cintai.

Teknologi Israel Search & Rescue Res-Q-Cell

Res-Q-Cell adalah sebuah perangkat alat berteknologi tinggi yg diciptakan oleh perusahaan IAI Elta System asal Israel untuk memudahkan tim penyelamat search & rescue mencari, memindai dan mendeteksi keberadaan korban.  

Teknologi ini pertama kali digunakan untuk menemukan korban hilang dari puing-puing reruntuhan bangunan di garasi parkir gedung bawah tanah yg sedang dikontruksi di kota Tel Aviv, Israel.

4 mayat ditemukan dan 20 orang-orang hilang yg terluka berhasil diselamatkan dengan cepat. Res-Q-Cell memiliki andil besar dalam penyelamatan yg sukses.


Bagaimana cara alat ini bekerja
Sistem Res-Q-Cell dirancang bekerja mendeteksi korban hilang di wilayah bencana dengan cara mengendus sinyal-sinyal smartphone dan perangkat seluler lainnya.

Daya jangkau pendeteksian mencapai 100 meter persegi. Apabila belum ditemukan korban di area tersebut. Alat dapat bergerak menuju ke area yg lainnya yg belum dipindai.


Ketika ‘Res-Q-Cell’ berhasil menangkap sinyal smartphone milik korban.

Maka Layar komputer pada command & control center yg ditampilkan kepada kepolisian atau tim penyelamat lainnya, memberitahukan titik koordinat korban & memetakan secara otomatis kondisi geografis lingkungan setempat secara 3D (3 dimensi) untuk memudahkan petugas bergegas menuju ke rute lokasi korban dengan segera.

Res-Q-Cell dapat bekerja walaupun sarana prasarana telekomunikasi local telah kolaps atau runtuh akibat gempa bumi. Ini bukan menjadi halangan & rintangan bagi sistem untuk terus beroperasi dengan baik.   

Res-Q-Cell mampu mengidentifikasi identitas pemilik smartphone dan mampu menyeleksi korban yg membutuhkan pertolongan cepat dan yang tidak. 

Artikel Lainnya :

Terkadang orang tak selalu membawa smartphone
Tentu saja ngga semua orang secara rutin membawa smartphone saat berpergian.

Ada banyak alasan mengapa orang meninggalkan smartphone miliknya ketika keluar rumah atau pergi ke tempat lain.

Res-Q-Cell adalah sistem unik yang dirancang untuk tetap beroperasi di lingkungan ekstrim yang paling menantang bahkan mendeteksi keberadaan bagi mereka yg terjebak dikedalaman reruntuhan. 


Res-Q-Cell dilengkapi pula dengan gelombang sensor teknologi seismik bawah tanah dan pendeteksian suara sensitif, 

seperti mendeteksi lokasi suara tangisan, suara eraman kesakitan, suara teriakan minta tolong, suara memukul-mukul batu atau suara yg sedang menggores-gores dinding semen. Res-Q-Cell mampu mendengar suara jeritan tersebut.

Sabti mengatakan :

Kami tahu dari pengalaman kami, bahwa tentu saja korban yang terperangkap tidak selalu dapat berteriak keras, entah karena kondisi atau debu yang menyumbat pernafasan udara mereka. Jadi yang bisa korban lakukan hanyalah menggores-gores semen yang mengelilingi mereka. Sahutnya

Teknologi Res-Q-Cell dapat diinstal diberbagai platform kendaraan komersial biasa, seperti mobil dan truck.

Atau platform militer seperti helicopter, balon udara aerostat, kendaraan lapis baja, juga dapat dibawa oleh seorang tentara secara mobile. (bergerak-gerak). (Versi mini ringan).


Youtube : Israel Res-Q-Cell

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU