Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel NovoDR : Teknologi Detektor Radiografi Sinar-X Pencitraan Penembus Pandang (2018)


Dunia telah berubah secara digital. Untuk beberapa dekade yang lalu, pencitraan umumnya menggunakan sinar X-Ray. Hal ini merupakan teknologi satu-satunya di dunia yg dapat merespon penglihatan hingga ke dalam unsur-unsur yg terdalam.

Namun teknologi terus berkembang dengan cepat. Perubahan terjadi dimana-mana hampir disegala sektor.

X-Ray tradisional kini telah menjadi usang karena dikenal berat, mahal dan tak praktis.

Teknologi versi baru yg disebut X-Ray Radiografi digital merubah secara radikal kualitas gambar pencitraan dengan tingkat radiasi minimal.

NOVO-DR 


Perusahaan teknologi Israel yg didirikan oleh Lior Pick, Adar Yiron, dan Alex Weizman.


Mereka telah berpengalaman selama 30 tahun di dalam pencitraan penembus pandang.

Ke 3 ahli tersebut sebelumnya adalah pendiri perusahaan teknologi Vidisco pada tahun 1988. Yaitu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sinar X-Ray.

Kemudian ke 3 founder ini bergerak melanjutkan kembali usahanya dengan mendirikan perusahaan teknologi baru yg lebih canggih. Disebut perusahaan Novo Digital Radiography dengan produknya yg disebut Novo Touch.


Sistem Novo adalah yang pertama di dunia berteknologi radiografi, paling ringan di dunia, paling tahan lama, dan tahan terhadap cuaca ekstrim. 

Seluruh perangkat dapat dibawa hanya menggunakan sebuah tas dan masa pakai baterei tahan hingga selama 16 jam operasi.

APLIKASI PENGGUNAAN NOVO



NOVO digunakan mulai dari deteksi bom yg dilakukan oleh penjinak bom, melawan penyeludupan yg melanggar pengawasan perbatasan bea cukai dengan menyembunyikan barang-barang illegal di tempat tertutup.

Membantu pekerja bangunan infrastruktur, menemukan keretakan atau kerusakan di dalam pesawat terbang, membantu industri pengolahan, digunakan untuk maintanance industri elektronik, mengawasi perbatasan rel kereta dari upaya penyeludupan, dan masih banyak lagi.

INTEGRASI ROBOT 

Sebagai detector untuk mengurangi korban manusia, solusi ideal bagi industri yg berbahaya seperti nuklir, listrik, gas, minyak, penjinak bom, dan pertambangan bawah tanah yg rawan terhadap longsoran, percikan api dan radiasi.

Sistem komunikasi menggunakan saluran nirkabel sejauh 400 meter secara LoS Line of Sight. Perangkat Novo disematkan dibagian body robot untuk memulai melakukan inspeksi.

BUKAN SATU-SATUNYA :

NovoDR bukanlah satu-satunya perusahaan Israel yg bergerak di bidang ini.

Ada pula Utiliscorp yg menyediakan perangkat pemantau air bocor di dalam tanah melalui luar angkasa.



Perusahaan Vayyar imaging menyediakan hardware chip 3D untuk deteksi tembus pandang skrining kanker payudara, pipa, kabel, makanan, dinding semen, dll


Perusahaan Camero Xavernet menyediakan teknologi penembus tembok untuk membantu pasukan IDF Israel menemukan lokasi terrorist yg bersembunyi di balik gedung.

Dan masih banyak lagi...


Israel adalah salah satu pemimpin dunia dalam teknologi pencitraan radiografi digital Sinar-X, aplikasi dan produk-produknya telah terjual ekspor ke berbagai negara lain. Seperti ke Amerika Serikat, Turki, Korea Selatan, Brazil, China, India, Uni Eropa, dan lain-lain sebagainya.

Perangkat lunak NovoDR mendukung translate bahasa lokal tersebut.

Nama : Novo-DR

Kantor pusat : Israel

Youtube : Israel Novo-DR

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU