Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Corebone : Teknologi Budidaya Terumbu Karang di Darat 10X Lebih Cepat Panen untuk Implan Gigi dan Ortopedi Tulang Manusia (2018)


Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yg bersimbiosis dengan tumbuhan alga di pesisir laut.

Secara aktif membentuk sedimen kalsium karbonat akibat aktivitas biologi yg berlangsung di bawah permukaan laut. Strukturnya berbentuk batuan sedimen dari kapur (kalsium karbonat) di dalam laut.

Terumbu karang biasanya menjadi tempat ikan bersembunyi, berkembangbiak dan mencari makan.

Terumbu karang diketahui memiliki banyak sekali manfaat kegunaan bagi umat manusia.

Mulai digunakan untuk obat kanker, obat Alzheimer, dan obat-obatan lainnya, sebagai bahan baku semen, bahan komestik, anti kanker, pembungkus kapsul, pewarna makanan alami, hingga digunakan bagi pemuas pencinta hobi ikan hias akuarium.  

FAKTA MENYEDIHKAN TENTANG TERUMBU KARANG

Pertumbuhan terumbu karang begitu lambat, Karang membutuhkan waktu bertahun-tahun agar tumbuh membesar.

Padahal terumbu karang menjadi hal vital bagi ikan laut supaya dapat berkembangbiak. Ikan laut tersebut kemudian dikomsumsi oleh miliaran umat manusia.  

Saat ini banyak terumbu karang di jarah habis-habisan, terkadang ada nelayan menggunakan bom sehingga merusak dan menghancurkannya. Tak hanya itu saja, pencemaran lingkungan dari limbah pabrik menyebabkan banyak terumbu karang rusak.


Ulah perilaku manusia seperti membuang sampah plastik ke laut, turut mempercepat kepunahan ekosistem terumbu karang.

Perubahan iklim, pemanasan global, dan pengasaman air laut semakin membuat kehidupan terumbu karang hidup menjadi semakin lambat, memutih dan akhirnya mati.

Para ahli memperkirakan, apabila tindakan perilaku manusia ngga diperbaiki dalam menjaga lingkungan, maka terumbu karang dipastikan banyak punah pada tahun 2050 nanti.

Tak ada cara untuk menyelamatkan terumbu karang di laut apabila tak melibatkan masyarakat internasional.

BUDIDAYA TERUMBU KARANG

Tahukah anda, terumbu karang yang hidup hanya tersisa 1% saat ini dari keseluruhan total luas lautan di bumi.

Di Indonesia yg beriklim tropis, Terumbu karang masih dapat kita temui hidup subur,

Namun di negara lain, karang atau koral sudah banyak almarhum.

13 tahun yg lalu, Assaf Shaham warga Israel mendedikasikan hidupnya untuk meneliti terumbu karang.

Assaf memotong karang dengan gergaji berlian. Kemudian mendirikan laboratorium dan kolam peternakan terumbu karang jauh dari lautan di padang pasir.


Menjalankan budidaya perternakan terumbu karang itu mahal. Sahut Assaf Shaham.

Pada tahun 2011. Assaf Shaham mendirikan perusahaan COREBONE. Tepatnya di Arava, Israel.

COREBONE adalah perusahaan budidaya terumbu karang di darat, sekaligus memproduksi scaffolding tulang dan gigi dari bahan baku karang.

Assaf mendirikan COREBONE bersama 2 sahabatnya, Ohad Schwartz dan Itzhak Binderman.


Assaf Shaham adalah peneliti biologi terumbu karang.

Ohad Schawatz adalah ahli pengobatan teknologi MRI Aspect Artificial Inteligency AI dalam manajemen obat.  

Itzhak Binderman adalah professor lulusan universitas Tel Aviv, Israel. Ahli bioengineering kedokteran dalam biologi tulang & gigi.   

Ohad Schwartz mengatakan :

Tidak seperti terumbu karang yang dipanen dilaut, koral yang kami budidaya bebas penyakit dan pencemaran. Sahutnya.

TAK ADA YG MAMPU MENGGANTIKAN TERUMBU KARANG

Kebanyakan bahan cangkok implant tulang & gigi yg beredar di pasaran saat ini berasal dari biji-bijian, hewan sapi, tulang manusia lainnya dan bahan sintetis lainnya.

Masalahnya kegiatan tersebut cacat sehingga menghasilkan resiko penolakan tubuh.

Tak ada yg mampu menggantikan terumbu karang dalam implant tulang & gigi. Karena karang sangat sempurna untuk menumbuhkan tulang.

Ini terbuat dari kalsium komponen utama yg sama seperti tulang manusia dan sama persis sekuat tulang manusia. Di sisi lain itu keropos sehingga pembuluh darah manusia dapat masuk ke dalamnya untuk tumbuh bersama.

Pada tahun 2018. Produk Corebone hanya dipasarkan di Uni Eropa, Israel dan Amerika Serikat.

Perluasan cakupan penjualan ke negara lain sedang diusahakan karena harus melatih dokter dan distributor berpengalaman terlebih dahulu sebelum menggunakan produk ini.


1 produk kecil Corebone termurah senilai $ 1.000 dolar atau sekitar Rp 14.000.000 juta rupiah.

Corebone dapat mengatasi bagi anda yg bermasalah pada gigi ompong dan patah tulang.

Pangsa pasar global untuk penggantian cangkok tulang ortopedi dan gigi diperkirakan mencapai angka sebesar $ 4 miliar dolar atau sekitar Rp 58 triliun pada 2022.

Teknologi CoreBone telah dipatenkan dimana menyematkan mineral bioaktif silicium ke dalam kerangka terumbu karang selama proses pertumbuhan untuk mempercepat penyembuhan pasien dan menyediakan konektivitas yg lebih baik.  


Budidaya terumbu karang milik Corebone dikontrol ketat secara real time. Listrik menggunakan energi terbarukan sehingga mampu menghemat biaya operasi peternakan.

Ikan yg berenang disekitar kolam budidaya terumbu karang dijaga steril. Ikan digunakan dengan maksud meniru pergerakan alamiah di alam untuk mempercepat pertumbuhan terumbu.

Air dan suhu dijaga ketat dengan teknologi agar terhindar dari kontaminasi dan diperkaya dengan silica dan strontium untuk menambahkan sifat bioaktif dan osteokonduktif, sehingga memicu perkembangan terumbu karang 10x cepat panen. 

Produk Corebone berasal dari terumbu karang alami yg dibudidayakan di darat tetapi sedikit direkayasa berbeda dalam bentuk, kekuatan dan porositas. Proses ini dipatenkan pertama kali di Israel.

 Baca juga : 
  
Alamat : https://core-bone.com

Kantor pusat : Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU