Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Israel (2019)

Israel adalah salah satu ekonomi maju di dunia. Negara di kawasan Timur Tengah ini mencetak banyak ilmuwan, insinyur, teknisi, investor, dan professor yang terampil bekerja di bidang industri teknologi, ilmu kehidupan, obat-obatan, manufaktur, internet, pertanian, perikanan, dll.

Israel secara konsisten menempati peringkat tinggi di antara ekonomi dunia karena ditopang oleh sistem pemerintahan solid dan mendukung rakyatnya.  

Total Penerimaan negara Israel tahun 2018 yg lalu sebesar $ 85 miliar dolar atau sekitar Rp 1.190 triliun. 

Pendapatan tersebut berasal dari PNBP (Penerimaan negara bukan pajak), pajak, bea cukai ekspor impor, kinerja BUMN, dan adanya hibah bantuan kiriman dari Amerika Serikat per tahun sebesar $ 3 miliar atau sekitar Rp 42 triliun rupiah.

Sehingga total pendapatan bersih negara Israel kurun waktu 2018 (Januari-Desember) sebesar : $ 88 miliar dolar atau Rp 1.232 triliun rupiah.

Sebagai perbandingan, Pendapatan negeri pemerintah Indonesia pada tahun 2018 yg lalu sebesar Rp 1.942 triliun rupiah. Artinya, ekonomi negara Indonesia yg dipimpin oleh presiden Jokowi, masih jauh lebih besar ketimbang Israel.

Data penting ekonomi Israel 2018 :

Jumlah penduduk : 8.907.000 juta orang

Luas wilayah : 20.770 km persegi (Kira-kira seluas 4x pulau Bali)

Anggaran militer : $ 20 miliar dolar atau sekitar Rp 280 triliun rupiah

Penerimaan pendapatan negara pemerintah Israel tahun 2018 : $ 85 miliar dolar atau Rp 1.190 triliun

Utang pemerintah Israel : $ 88 miliar dolar atau sekitar Rp 1.258 triliun rupiah

Cadangan devisa (dompet pemerintah Israel) (Foreign reserves) + emas : $ 115 miliar dolar atau Rp 1.610 triliun

Pengangguran : 3,1%

GDP Gross domestic product : $ 390 miliar dolar atau Rp 5.460 triliun rupiah

PPP (Gaji rata-rata orang-orang Israel per tahun) : $ 39.000 atau sekitar Rp 547 juta per orang.  

Hibah kiriman bantuan Amerika Serikat : $ 3 miliar dolar atau sekitar Rp 42 triliun rupiah.

BERIKUT DAFTAR BADAN USAHA MILIK NEGARA ISRAEL

Salah satu pemasukan pemerintah Israel selain dari pajak berasal dari BUMN.

Menurut undang-undang. Selayaknya BUMN bukan diperuntukkan untuk mencari keuntungan semata, kenyataan dilapangan berbanding terbalik, BUMN terbukti menjadi salah satu cara agar pemerintah Israel menghasilkan uang.

1]. NATIONAL ROADS AUTHORITY


National Roads Authority adalah perusahaan BUMN yang bertanggung jawab merencanakan, memelihara dan membangun infrastruktur jalan tol, jembatan, terowongan, persimpangan alun-alun dan jalan kereta.

2]. ISRAEL BROADCASTING AUTHORITY

Israel Broadcasting Authority adalah perusahaan media siaran propaganda yg bertanggung jawab menyiarkan informasi tentang pendidikan ilmu pengetahuan berbahasa ibrani & berita pendukungan pemerintah Israel. Saluran channel terdiri dari televisi, radio dan situs website. Pendapatan utama berasal dari iklan sponsor komersial.

3]. ISRAEL AEROSPACE INDUSTRY

Israel Aerospace Industry adalah perusahaan senjata yg memproduksi pesawat tanpa awak drone, radar deteksi, rudal balistik, bom, robot, sistem aerial, satelit, konversi pesawat, kapal boat, rudal, elektronik, cyber, dan teknologi untuk sipil. Pada tahun 2017. IAI mampu meraih total penjualan kotor perdagangan senjata global sebesar $ 5,8 miliar dolar atau sekitar Rp 84 triliun rupiah.

4]. ELBIT SYSTEM (Saham publik, 50 saham dikuasai pemerintah Israel)


Elbit system adalah perusahaan senjata memproduksi pesawat tempur tanpa awak drone, elektronik, data link, sistem komunikasi, radio militer, control commando, C4ISR, pengawasan intelijen, turret kendaraan lapis baja, kapal perang tanpa awak, electronic weapon, amunisi, peluru tank, komputer militer, artileri, sensor bawah laut, mortal, helm tempur, sistem penglihatan, avionic, cyber, simulator, tank, dan bom.

Elbit System memiliki karyawan sebanyak 22.500 orang. Selain beroperasi di Israel, Elbit memiliki cabang di Amerika Serikat, Brazil, Belgia Uni Eropa, Australia dan Magurele Romania (Uni Eropa). 

Elbit System memiliki luas pabrik di Israel berukuran 7,5 km x 7,5 km lokasi berada di padang pasir Negev. Tahun 2017. Elbit System mampu meraup pendapatan kotor sebesar Rp 44-50 triliun rupiah per tahun.

5]. ISRAEL AIRPORTS AUTHORITY

Israel Airports Authority adalah perusahaan yg berada di bawah kendali kementerian transportasi dan keselamatan jalan. Bertanggung jawab membangun terminal perbatasan mobil & motor dan lapangan bandara pesawat terbang.

Israel Airports Authority mendapatkan pemasukan uang dari aktivitas hilir mudik penumpang ketika melewati bandara pesawat. Terhitung sebanyak 22.949.676 kali perjalanan orang datang & pergi ke bandara Israel di tahun 2018.

6]. MEKOROT

Mekorot adalah perusahaan air yg dikelola oleh pemerintah Israel dengan menggunakan teknologi canggih. Mekorot menyedot & menyulap desalinasi air laut asin menjadi air minum tawar bersih nan jernih

MEKOROT membangun pipa & irigasi, menangkap air hujan, membangun embung air, mendaur ulang limbah air kotor, membangun danau buatan, waduk buatan, menciptakan sungai beton buatan dan mengalirkan air untuk rumah perkotaan penduduk, pertanian, perikanan dan keperluaan industri.  

Selain beroperasi di Israel. Mekorot memiliki cabang di India, Cyprus, Uganda, Argentina, Azerbaijan, Amerika Serikat, dll.

Pendapatan utama MEKOROT berasal dari penjualan tarif air. 90% air di Israel di produksi oleh MEKOROT. Kecuali 10% di Palestina dikelola oleh orang-orang GAZA dan TEPI BARAT.

7]. UNIVERSITAS TEL AVIV, TECHNION, HAIFA, BAR ILAN, WEIZMANN, BEN GURION, RAANANA, OPEN UNIVERSITY

Jajaran universitas di Israel dimiliki 100% oleh Pemerintah Zionis Israel. Melahirkan banyak sekali engineer, ilmuwan, teknisi berbakat, insinyur, professor, doktor, mekanik, ahli electric dan peraih NOBEL bergengsi.

Tak mengherankan apabila pemimpin perusahaan & startup teknologi di Israel banyak diisi oleh orang-orang lulusan S2 dan S3.

Universitas di Israel masuk sebagai top peringkat 600 dunia.

8]. ISRAEL POST

Israel Post adalah perusahaan yang menyediakan pengiriman barang. Terdapat 700 kantor dan 5.000 karyawan. Setiap hari 2.500.000 juta barang & produk dari berbagai aneka macam dikirim.

9]. ISRAEL RAILWAYS

Israel Railways adalah perusahaan milik pemerintah Israel yg bergerak dalam jaringan kereta penumpang, komuter, stasiun kereta, dan kereta kargo barang. 100% transportasi kereta di Israel dikuasai oleh negara.

Pemasukan utama Israel Railywas berasal dari penjualan tiket. Sebanyak 65.000.000 juta kali per tahun orang-orang datang dan pergi melalui kereta.

10]. LIBERTAD

Libertad bertanggung jawab di bidang spionase agen intelijen dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal keuangan, saham dan investasi (modal ventura) ke dalam suatu perusahaan atau startup secara rahasia untuk jangka waktu tertentu.

Libertad didukung oleh Israel Security and intelligence service (Mossad). Tak sembarangan startup atau perusahaan asing yg dapat memperoleh suntikan modal atau investasi dari LIBERTAD dengan kekuatan keuangan hingga triliunan rupiah. Libertad umumnya menitikberatkan kepada startup atau pengusaha entrepreneur yg ada di Israel.

Libertad senang berinvestasi di bidang teknologi robotika, energy, enskripsi, kecerdasan buatan, website webint, profil kepribadian, lensa kontak, analisis data teks, machine pembelajaran, system miniature, biomimetika, dll.


11]. AMIDAR


Amidar didirikan pada tahun 1949. Misi utama membangun rumah pemukiman, renovasi rumah, membangun apartemen dan gedung bertingkat dengan harga sewa.

100% tanah di Israel telah memiliki sertifikat, 95% tanah dikuasai oleh pemerintah Israel dengan harga sewa. Mereka yg tak membayar harga sewa maka dianggap illegal untuk kemudian dihancurkan.

12]. RAFAEL ADVANCED DEFENSE SYSTEM

Rafael Advanced Defense System adalah perusahaan teknologi persenjataan terbesar ke #3 di Israel dari antara sebanyak 200 perusahaan senjata yg ada di negeri Zionist tersebut.

Rafael memiliki 7.000 karyawan dengan memproduksi rudal presisi dipandu, sistem perisai, electronic weapon, jamming, sistem perlindungan udara & bawah laut, kit cerdas rudal, senapan mesin, RCWS, dll

13]. ISRAEL ELECTRIC CORPORATION (IEC)

IEC adalah perusahaan satu-satunya utilitas listrik terintegrasi, membangun, memelihara dan mengoperasikan jaringan transmisi dan distribusi listrik di Israel dengan bekerjasama dengan perusahaan listrik swasta yg bergerak dengan sumber tenaga gas alam, biogas, diesel, sinar matahari, panas bumi dan batu bara.

IEC memiliki 12.000 karyawan dalam menghandle kapasitas pembangkit listrik sebesar 11.664 MW (megawatt). Hingga saat ini IEC menolak pembangkit listrik tenaga nuklir karena dianggap berbahaya.

14]. ISRAEL PORT AUTHORITY

Israel Port Authority adalah perusahaan yang membangun, mengelola, memberikan tender dan mengembangkan pelabuhan untuk sandaran kapal-kapal logistik dan kapal laut.

15]. JEWISH NATIONAL FUND

Jewish National Fund adalah komunitas nonprofit yg didirikan oleh pemerintah Israel untuk menyulap padang pasir tandus menjadi alam lestari yg dipenuhi oleh jutaan pepohonan, bunga, hutan buatan, buah-buahan, dan tanaman indah.

Hasil akhir yg dicapai adalah menciptakan lingkungan suhu udara yg dingin, mengundang curah hujan, meningkatkan air jernih secara alami dan menciptakan ekologi ikan, burung & populasi hewan ternak yg berlimpah. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU