Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung akuisisi teknologi Israel dual kamera smartphone 10x zoom Corephotonics seharga Rp 2 triliun, 185 miliar rupiah (2019)


Israel dikenal sebagai salah satu negara pemimpin dunia di bidang teknologi kamera, entah itu untuk CCTV, Smartphone, dan Militer.

Jauh hari sebelum artikel ini ditulis kepada anda.

Pengguna iPhone tentu mengetahui bahwa kamera yg disematkan oleh perusahaan Apple.inc berasal dari teknologi RealFace, PrimeSense, dan LinX Computational Imaging. Dimana Apple dulunya membeli (akuisis) startup tersebut.

Semua produk berhubungan dengan kamera yg ada di perangkat iPhone pertama kali diciptakan oleh ilmuwan dan insinyur di Israel. Walaupun saat ini telah dimodifikasi lebih lanjut oleh pihak Apple secara mandiri.

SAMSUNG MEMBELI KAMERA COREPHOTONICS BUATAN ISRAEL

Tahukah anda,

Tak hanya iPhone yg menggunakan komponen teknologi kamera asal Israel, Produsen kamera smartphone OPPO asal China yg digunakan oleh jutaan orang juga berasal dari teknologi Israel.

Kamera OPPO menginstal komponen dual camera seperti Wide-angle, telephoto, digital bokeh, depth-mapping dan OIS dari Corephotonics.


Fotografi seluler adalah fokus utama OPPO dan kami ingin menjalin kemitraan yang kuat dengan pemasok komponen terkemuka seperti corephotonics. OPX Zoom kamera ganda 5x yang diperagakan di MWC 2017 sekali lagi membuat kami kagum atas terobosan teknologinya. Kamera ganda Corephotonics dengan lensa sudut lebar dan telephoto, bersama dengan konstruksi gaya periskop, optical image stabilization dan teknologi fusi gambar membuat fotografi seluler semakin dekat dengan kemampuan kamera digital. Sahut, King dari direktur OPPO.  

Pada tahun 2019. Raksasa SAMSUNG asal Korea Selatan secara resmi telah membeli akuisisi startup Corephotonics asal Israel.

Dengan mahar senilai $ 155.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 2 triliun 185 miliar rupiah.


Evy hong dari Samsung mengatakan :

Kamera telah menjadi pembeda utama dalam pasar smartphone cerdas global saat ini yang sangat kompetitif. Melalui solusi zoom dual camera yang dipelopori oleh Corephotonics dan akses yang sekarang ini telah kami akuisisi dari teknologi mereka, memungkinkan kamera smartphone Samsung diperluas membawa lebih dekat ke kinerja pencitraan Single Lens Reflex (SLR). Sahutnya.

Corephotonics didirikan oleh David Mendlovic.

David Mendlovic adalah seorang Professor lulusan S3 dari Universitas Tel Aviv asal Israel.


Dia penulis 3 buku tentang sains optic dan pemegang 30 hak paten teknologi tentang elektronik, radiasi inframerah serat optic, pembuatan pola optic, pemprosesan data optic, elemen optic difraksi, sakelar optic, sistem komunikasi optic, dll

Sebelum mendirikan startup Corephotonics, David mendirikan & bekerja di perusahaan teknologi Unispectral dan Civcom.

KEUNGGULAN COREPHOTONICS

Corephotonics telah digunakan oleh berbagai macam perusahaan smartphone raksasa untuk disematkan pada kameranya.

Keunggulan Corephotonics terletak pada fitur zoom kualitas gambar yang jernih sebening kristal sehingga menyempurnakan pengalaman kamera smartphone menjadi lebih baik dengan menjadi pelopor teknologi pencitraan multi aperture.  

Ketika anda menekan fungsi zoom biasanya terlihat buram (tak jelas). Dengan Corephotonics semua nampak bening.




Setelah diakuisisi oleh SAMSUNG. Corephotonics diserahkan dan menjadi hak milik kemudian dialihkan dari Ramat Hayahal, Israel ke markas SAMSUNG di Korea Selatan.

Investor asing sumringah dari akusisi ini dengan mendapatkan uang durian jatuh adalah MediaTek Foxconn, Magma Ventures, Amiti Ventures, Horizon Ventures, Sandisk, China CK Telecom, dan miliarder asal China, Li Ka Shing, dan Solina Chau.  

Seperti biasa, orang-orang Israel kembali bekerja mengembangkan startup & teknologi baru yg lebih canggih dari Corephotonics untuk dijual kembali (EXIT). 

Kedepannya tantangan kamera smartphone yaitu membuat perangkat menjadi lebih tipis dan kemampuan diperluas untuk mobil, drone dan sistem security.

Baca juga : 
  
Youtube : Corephotonics

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU