Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Peringkat Negara Kecil Paling Terkaya di Dunia berdasarkan penerimaan negara [Update 2019]


Artikel ini ngga mendaftarkan negara kecil seperti Luksemburg, Swedia dan Finlandia. Karena ke 3 negara tersebut merupakan bagian dari raksasa UNI EROPA.

Begitu pula dengan negara kecil seperti Hongkong dan MACAU, karena ke 2 negara tersebut merupakan bagian dari raksasa tirai bambu CHINA.

Berikut adalah 8 negara kecil paling terkaya di dunia. Berdasarkan pendapatan pemerintah pertahunnya.

Mengapa artikel ini penting, karena besaran penghasilan penerimaan negara berarti kuatnya sebuah pemerintahan tersebut dipimpin dengan baik [Update 2019].

1]. Switzerland Swiss 

Bangsa yg berada di tengah-tengah negara Uni Eropa ini. Dinobatkan sebagai pemerintahan dengan luas negara wilayah kecil terkaya #1 di dunia.

Ekonomi Swiss menempati posisi juara dalam indeks inovasi dan daya saing global.

Sebagai perbandingan, pendapatan negeri pemerintah Indonesia yg dipimpin oleh presiden Jokowi pada tahun 2018 yg lalu sebesar Rp 1.942 triliun rupiah.

Bandingkan dengan Swiss, Pemerintahan negara dengan populasi hanya 8 juta orang ini mampu meraup Rp 3.388 triliun per tahun.

Swiss juga memiliki cadangan devisa (cadev) yang besar yaitu sebesar $ 730 miliar dolar.

Bagaimana mungkin negara kecil ini dapat menjadi kaya tahun 2019.

Orang-orang Swiss menyebutnya sebagai ‘mujizat’.

Faktor keamanan militer tanpa gejolak merupakan salah satu pendukung.

Kemudian Swiss didukung oleh industri maju yg modern. Seperti industri jam tangan mewah, industri pengolahan makanan seperti NESTLE, industri kesehatan medis obat-obatan, seperti Novartis, Roche dan industri jasa perbankan.

Sebagai informasi kepada anda. Swiss adalah negara pertama di dunia dimana industri perbankan mendukung teknologi blockchain & digital cryptocurrency.

Pendapatan pemerintah negara Swiss : $ 242 miliar dolar atau Rp 3.388 triliun rupiah.

Jumlah penduduk : 8.420.000.000 juta orang

2]. UAE (Uni Emirat Arab) 

Dubai merupakan pusat keuangan Uni Emirat Arab. Ini adalah negara kecil kaya di dunia tahun 2019.

95%-99% penduduk UEA tinggal di perkotaan dengan gedung pencakar langit menjulang ke atas awan.

UEA dikenal sebagai negara Islam mewah dan bersih.

Walaupun ekspor kebanyakan berasal dari minyak & gas. Namun UEA dihormati oleh dunia karena keahlian berdagang, berbisnis jualbeli dan investasi yg luar biasa hebat. Negara ini melakukan diversifikasi.

Produk andalan UAE adalah minyak bumi, gas alam, listrik sinar matahari Photovoltaic, petrokimia, buah kurma, semen, aluminium, pariwisata, dan investasi.

Pendapatan pemerintah negara UAE : $ 98 miliar dolar atau Rp 1.372 triliun rupiah.

Jumlah penduduk UAE : 9.400.000 juta orang

3]. Qatar 

Minyak dan gas alam adalah pilar utama ekonomi Qatar dimana hampir 85% uang berasal dari sini.

Namun sejak tahun 1982, keuangan Qatar terus menurun akibat ladang minyak diproyeksikan habis tahun 2023 nanti.

Tetapi gas alam tetap menjadi penyokong utama untuk bertahun-tahun kedepan.

Pendapatan Kerajaan negara Qatar : $ 95 miliar dolar atau sekitar Rp 1.330 triliun rupiah.

Jumlah penduduk Qatar : 2.639.000 juta orang

4]. Israel

Ekonomi Israel dibangun oleh sumber daya manusia berkualitas. Negara ini menghasilkan banyak lulusan dengan gelar professor, doktor, ilmuwan, entrepreneur, investor, dan peraih nobel bergengsi hasil dari kinerja universitas-universitas lokal berbahasa Ibrani.

Kemakmuran ekonomi negeri Bintang Daud Israel tak lepas dari tingkatan pusat penelitian dan riset ilmu pengetahuan R & D tertinggi #1 di dunia.

Produk andalan Israel adalah teknologi tinggi, teknologi persenjataan, teknologi medis, mesin, zat-zat kimia, obat-obatan TEVA, perangkat lunak komputer, jasa cyber, tekstil, blockchain, hardware, chip, buah-buahan, startup, makanan olahan snack, zaitun, gas alam, pariwisata, berlian, machine learning, Artificial intelligence, dan masih banyak lagi.


Israel merupakan pemimpin dunia teknologi pertanian, perikanan dan perkebunan modern berteknologi mutakhir, menyulap lahan tandus padang pasir di Timur Tengah menjadi hutan buatan terbesar satu-satunya di dunia.

Youtube : Teknologi hightech pertanian Israel

Negara kecil dari suku Yahudi ini dijuga dinobatkan sebagai pemimpin #1 teknologi air di dunia. Termasuk memproduksi air susu, air wine, menyulap air asin laut menjadi air minum tawar segar, dan menyulap limbah air kotor menjadi jernih. 

Tantangan ekonomi Israel terdiri dari 3 macam. Yaitu 1]. Di embargo oleh 57 negara muslim, 2]. Demografi ketimpangan kemiskinan penduduk antara Yahudi Zionist dan Ortodoks + Muslim. 3]. Adanya peperangan.

Pendapatan pemerintah negara Israel : $ 85 miliar dolar atau Rp 1.232 triliun rupiah.

Jumlah penduduk Israel : 8.907.000 juta orang

5]. Singapura 

Negara kecil Singapura dapat menjadi kaya raya karena memanfaatkan kelemahan negara tetangganya seperti Indonesia dan Malaysia yg lemah dibidang industri pengolahan manufactur.

Konsep Singapura bisa dikatakan sederhana. Mereka membeli bahan baku dari negara tersebut kemudian mengolahnya menjadi bernilai jual tinggi untuk dijual kembali dengan harga yg lebih mahal.

Perdagangan bisnis perantara dan memiliki pelabuhan strategis menjadi faktor kekayaan negeri singa tersebut.

Jasa bisnis keuangan, pengolahan besi baja, pengolahan elektronik, pengolahan minyak, pengolahan bahan baku mentah, retailer penjualan, investasi, fintech, startup, dan jalur transportasi kapal-kapal perdagangan merupakan andalan Singapura.

Pendapatan pemerintah negara Singapura : $ 69 miliar dolar atau Rp 966 triliun rupiah.

Jumlah penduduk Singapura : 5.612.000 juta orang

6]. Selandia Baru 

Ekonomi Selandia baru menempati posisi #1 untuk bidang sosial, seperti kebutuhan dasar manusia dan peluang kesejahteraan yg baik.

Negara ini aman, makmur, tentram, dan damai. Walhasil begitu minim beban biaya pengeluaran untuk gejolak keamanan sehingga menghemat banyak uang.

Hasil utama Selandia baru meliputi produk pertanian, buah-buahan, pertambangan mineral, fabrikasi logam, pengolahan kayu menjadi kertas, dan memproses buah menjadi makanan untuk diekspor keluar negeri.

Tanah Selandia baru terkenal sangat subur. Menyebabkan perternakan melimpah ruah menghasilkan daging sapi, wol domba, susu dan ikan yg sangat banyak.





Pendapatan pemerintah negara Selandia baru : $ 49 miliar dolar atau Rp 686 triliun rupiah.

Jumlah penduduk Selandia Baru : 4.794.000 juta orang

7]. Kuba

Setelah kemiskinan keras yg melanda negeri. 

Kuba menerapkan aturan ekonomi baru terencana sejak tahun 2000.

Kuba memiliki ekonomi terencana didominasi oleh perusahaan BUMN milik negara. Sebagian besar industri dikuasai negara. Kebanyakan tenaga kerja, karyawan & pegawai PNS dipekerjakan oleh negara. Sehingga lebih efesien dan mudah dikontrol.

Produk andalan Kuba yaitu gula, tembakau, obat herbal, kerang, jeruk dan kopi.

Pendapatan pemerintah negara kuba : $ 54 miliar dolar atau sekitar Rp 756 triliun rupiah

Jumlah penduduk Kuba : 11.480.000 juta orang


8]. Kuwait 

Kuwait adalah negara kecil kaya raya berbasis ekonomi minyak.

Kuwait mendirikan Future Generation Fund (FGF) dengan tujuan mentransfer 50% keuntungan dari uang untuk di tabung ke masa depan dan diinvestasikan ke luar negeri ke sektor teknologi tinggi yg ada di Amerika Serikat, China dan Uni Eropa.

Sehingga diharapkan dimasa depan Kuwait menuai hasil panen dari pembagian saham laba deviden.

Pendapatan pemerintah negara Kuwait : $ 52 miliar dolar atau sekitar Rp 724 triliun rupiah.

Jumlah penduduk Kuwait : 4.137.000 juta orang

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU