Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Tampilan Peta Israel Raya, Eretz Israel atau Greater Israel yang benar (2019)


Beberapa tahun yang lalu. Saya menulis artikel tentang peta Israel Raya dan implikasinya pada peperangan Timur Tengah.

Namun setelah membaca ulang Alkitab tentang batas-batas rencana pembentukan Eretz Yisrael. Nampaknya ada kekeliruan dan kesalahan dalam pembuatan peta yg saya sajikan kepada anda.

Dibilang salah, bukan juga. Karena memang benar dikit, tapi belum tepat.

Mencari referensi bacaan di luar agak sulit, karena tak ada yang membahasnya dari sisi kitab suci Kristen.

Memang ada banyak sumber referensi dari berbagai ustad umat Islam tentang pembentukan peta Israel Raya. Tetapi mereka tak bersumber fakta yang tertulis di Alkitab. Sehingga keliru menafsirkan dengan menyematkan sungai Nil dan hampir sebagian besar pencaplokan Arab Saudi sebagai wilayah Israel.

Padahal di Alkitab, tertulis bahwa kelak sungai Nil menjadi tandus kering kerontang karena dari awal tempat ini sudah menjadi kutukan Tuhan untuk ‘tulah air darah, katak, belalang, dll’. Sehingga Israel tak boleh menempatinya.

Tertulis di Alkitab Yesaya 19:5

Air dari sungai Nil akan habis, dan sungai itu akan menjadi tohor dan kering

Kemudian Arab Saudi tak akan dicaplok seluruhnya oleh Israel. Karena Alkitab mengatakan wilayah Arab dibiarkan tandus abadi.

Jadi, peta ‘Israel Raya’ yang disajikan oleh umat Islam sebenarnya salah, tapi ngga bisa juga disebut salah. Karena memang ada benarnya dikit.

Berikut adalah gambar peta ‘Greater Israel versi umat Muslim’.


Langkah presiden Donald Trump bersama partai Republik dimana diinang oleh lobi Yahudi AIPAC dengan memerintahkan dan memindahkan kedutaan besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem dan peresmian ‘kota Trump Heights’ di Dataran Tinggi Golan di Suriah.


Pada masa lalu wilayah ini direbut oleh Israel dengan cara berperang mengalahkan Suriah.

Kemudian meningkatnya pemukiman Yahudi di Palestina dan pembangunan blockade Gaza.

Sebenarnya harus dibaca sebagai rencana kuat Zionis Israel untuk membentuk ‘Israel Raya’ yang diklaim sebagai tanah leluhur nenek moyang umat Yahudi.  

PETA ISRAEL RAYA 1 
Foto : Peta 1
Berikut ini gambaran peta Israel 1.

Wilayah seperti Gaza, Tepi Barat, Yerusalem Timur, sebagian laut Dead Sea. Hingga saat ini, Belum dapat di duduki oleh Israel karena terhalang oleh PBB (Perserikatan bangsa-bangsa) dan organisasi OKI yg terdiri dari 57 negara Islam.

Hanya Amerika Serikat satu-satunya pihak pendukung loyal Israel.

Saat ini ukuran Israel hanyalah sebesar 420 km x 60 km saja. .

PETA ISRAEL RAYA 2 
Foto : Peta 2
Berikut ini gambaran peta Israel 2. Berdasarkan penafsiran Alkitab yang saya temukan.

Tertulis di kitab Suci Bilangan 34 : 3 – 12 :

Adapun sisi selatanmu ialah dari padang gurun Zin menyusur Edom, maka batas selatanmu mulai dari ujung Laut Asin di sebelah timur. Lalu batasmu membelok di selatan pendakian Akrabim, terus ke Zin dan berakhir di sebelah selatan Kadesh-Barnea. Sesudah itu ia mencapai Hazar-Adar, dan terus ke Azmon. Kemudian batas itu membelok dari Azmon ke sungai Mesir dan berakhir ke laut. Batas baratmu ialah laut besar dan pantainya; itulah batas baratmu.  Inilah batas  utaramu: mulai dari laut besar haruslah kamu buat tanda batas ke gunung Hor, dari gunung Hor harus kamu buat tanda batas ke jalan yang menuju ke Hamat, lalu batas itu mencapai Zedad. Kemudian batas itu mencapai Zifron dan berakhir di Hazar-Enan; itulah batas utaramu. Sebagai batasmu di sebelah timur haruslah kamu membuat tanda batas dari Hazar-Enan ke Sefam. Dari Sefam batas itu turun ke Ribla, di sebelah timur Ain;  kemudian batas itu turun lagi dan mencapai tebing danau Kineret  di sebelah timur. Lalu batas itu turun ke sungai Yordan dan berakhir di Laut Asin. Itulah negerimu menurut batas-batasnya sekeliling.

Alkitab menggambarkan secara jelas bahwa sungai Yordan menjadi batas sebelah Timur.

Kemudian memanjang hingga ke seluruh wilayah Lebanon dan utara Suriah.

Tertulis di Kitab Suci Yehezkiel 47 : 13 - 20  

Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Inilah batas-batas  tanah yang kamu harus bagi-bagi menjadi milik pusakamu di antara kedua belas suku Israel. Yusuf mendapat dua bagian. Tanah itu harus kamu bagi rata, yaitu tanah yang dengan sumpah Kujanjikan memberikannya kepada nenek moyangmu dan dengan demikian tanah ini menjadi milik pusakamu. Inilah perbatasan tanah itu di sebelah utara dari laut besar  terus ke Hetlon sampai jalan masuk ke Hamat dan terus ke Zedad, Berota, Sibraim, yang terletak di antara daerah kota Damsyik dan daerah kota Hamat, terus ke Hazar-Enon yang di daerah kota Hauran. Demikianlah perbatasannya itu mulai dari laut sampai di Hazar-Enon, sehingga daerah kota Damsyik dan juga daerah kota Hamat terletak di sebelah utaranya. Itulah sebelah utara. Di sebelah timur mulai dari Hazar-Enon yang terletak di antara Hauran dan Damsyik, sungai Yordan menjadi perbatasan di antara Gilead dan tanah Israel, terus ke Laut Timur sampai ke Tamar. Itulah sebelah timur. Di sebelah selatan perbatasan mulai dari Tamar sampai mata air Meriba dekat Kadesh,  terus ke sungai Mesir, terus ke laut besar. Itulah di sebelah selatan perbatasan dengan Tanah Negeb. Di sebelah barat laut besar merupakan perbatasan sampai tempat jalan masuk ke Hamat. Itulah sebelah barat.

Agak sulit mendefinisikan nama-nama kota kuno yg tercantum di ayat tersebut.

Sebenarnya ada beberapa nama kota tersebut ngga jauh berbeda di abad modern dan inti batasnya bisa terlihat seperti yang ada di gambar peta Israel Raya 2 diatas.

PETA PERBATASAN ISRAEL RAYA 3, MENGAPA BERTOLAK BELAKANG.


Peta 1, Peta 2 & Peta 3 saling bertolak belakang.

Kadang-kadang saya bingung, mengapa di satu sisi menyebutkan batasnya seperti ini. tapi disisi lain menyebutkan batasnya seperti itu.

Hal yang saya ketahui. Batas peta 2 luasnya agak kecil.

Sedangkan batas peta 3 luasnya lebih besar berkali-kali lipat.

Perbatasan gambaran peta 3 bahkan dijelaskan dalam Alkitab sampai 6 kali. Menjelaskan tentang jangkauan dari Laut merah (Red Sea), hingga berserta sungai Teberau (Terusan Suez) sampai ke Sungai Efrat dekat dengan wilayah Kurdi.

Bilangan 34 : 3


Adapun sisi selatanmu ialah dari padang gurun Zin menyusur Edom, maka batas selatanmu mulai dari ujung Laut Asin di sebelah timur.

Keluaran 23 : 31-33 mengatakan :

AKU akan menentukan batas daerahmu dari Laut Teberau sampai Laut Filistin dan dari padang gurun sampai sungai efrat, sebab AKU akan menyerahkan penduduk negeri itu ke dalam tanganmu sehingga engkau menghalau mereka dari depanmu. Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka. Mereka tidak akan tetap diam di negerimu supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-KU dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat bagimu.

Kejadian 15 : 18 mengatakan

Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat yakni tanah orang Keni, orang Kenas, orang Kadmon, orang Het, orang Feris, orang Refaim, orang Amori, orang Kanaan, orang Girgasi dan orang Yebus itu.

Laut besar pada zaman modern disebut laut Mediterania.

Kitab Suci, lagi-lagi menyuruh Israel menguasai, menduduki dan mencaplok wilayah hingga ke sungai Efrat.

Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa. Dari padang gurun dan gunung Libanon yang sebelah sana itu sampai ke sungai besar, yakni sungai Efrat, seluruh tanah orang Het, sampai ke Laut Besar di sebelah matahari terbenam, semuanya itu akan menjadi daerahmu

Yesaya 27:12

Maka pada waktu itu TUHAN akan mengirik mulai dari sungai Efrat sampai sungai Mesir, dan kamu ini akan dikumpulkan satu demi satu, hai orang Israel!

Ulangan 1 : 6 - 8

TUHAN, Allah kita, telah berfirman kepada kita di Horeb, demikian Telah cukup lama kamu tinggal di gunung ini. Majulah, berangkatlah, pergilah ke pegunungan orang Amori dan kepada semua tetangga mereka di Araba-Yordan, di Pegunungan, di Daerah Bukit, di Tanah Negeb  dan di tepi pantai laut, yakni negeri orang Kanaan, dan ke gunung Libanon  sampai Efrat, sungai besar itu. Ketahuilah, Aku telah menyerahkan negeri itu kepadamu; masukilah, dudukilah negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah  kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka dan kepada keturunannya."

Ayat Alkitab. Kini menggambarkan bahwa Tuhan memerintahkan negara Israel untuk menduduki wilayah yang telah dijanjikan kepada nenek moyang.

Kontras dengan gambaran peta 1. Peta 3 secara lantang memerintahkan Zionis Israel agar siap kembali merebut wilayah kedaulatannya dengan memerangi negara-negara lain.

Baca : Ulangan 11 : 23 - 24

Maka TUHAN akan menghalau segala bangsa ini dari hadapanmu, sehingga kamu menduduki daerah bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih kuat dari padamu. Setiap tempat yang diinjak oleh telapak kakimu, kamulah yang akan memilikinya  mulai dari padang gurun sampai gunung Libanon, dan dari sungai itu, yakni sungai Efrat, sampai laut sebelah barat, akan menjadi daerahmu.

Kembali pada pertanyaan awal.

Mengapa adanya perbedaan antara peta 1, peta 2, peta 3 saling bertolak belakang.

Lalu mana yang benar menurut Alkitab.

Setelah menyelidiki secara mendetail. Saya menemukan jawabannya bahwa ini merupakan teknik sistematis terencana. Semua dilakukan secara perlahan-lahan sedikit demi sedikit sesembari meningkatkan jumlah pasukan IDF dan menunggu melipatgandakan jumlah alustista teknologi. Seperti tank, pesawat tempur, mobil perang, artileri, menara tembok perbatasan, dll. Dengan maksud tak meninggalkan ruang wilayah tanpa ada jeda kosong yang nanti memungkinkan penyusup dan hewan liar tak terawasi.

Bahkan Tuhan melarang Israel. Walaupun Israel memiliki kekuatan untuk berperang secara besar-besaran. Namun Tuhan melarang Israel melakukan perang secara besar-besaran atau mencaplok secara besar-besaran. Melainkan sedikit demi sedikit dengan tujuan utama membentuk peta Israel 3.  

Ada tertulis di : Ulangan 7 : 22

TUHAN, Allahmu, akan menghalau bangsa-bangsa ini dari hadapanmu sedikit demi sedikit; engkau tidak boleh membinasakan mereka dengan segera, supaya jangan binatang hutan menjadi terlalu banyak melebihi engkau.

BAGAIMANA MENURUT PENDAPAT ANDA


Ayat diatas secara terang-terangan menulis demikian. Bukan saya yang menulisnya tapi Alkitab. Teman-teman bisa searching kebenarannya sendiri terhadap ayat itu di Google.

Nah, setelah menganalisa secara mendetail.

Ada 8 negara terdampak yg kelak menjadi milik Israel. Yaitu :

1]. Wilayah Sinai & terusan Suez, Mesir.

2]. Seluruh wilayah Suriah

3]. Sebagian wilayah Irak

4]. Seluruh wilayah Lebanon

5]. Sebagian wilayah Turki di bagian selatan dekat pantai

6]. Seluruh wilayah Yordania

7]. Seluruh wilayah Palestina

8]. Seluruh wilayah Kuwait

Apabila program Zionis berhasil membentuk ERETZ ISRAEL.

Maka luasnya apabila dibandingkan dengan Indonesia. Hampir 2x lebih luas dari pulau Kalimantan.


Kitab Suci Alkitab menulis Yesaya 17 : 12 – 13

Wahai! Ributnya banyak bangsa-bangsa, mereka ribut seperti ombak laut menderu! Gaduhnya suku-suku bangsa, mereka gaduh seperti gaduhnya air yang hebat! Suku-suku bangsa gaduh seperti gaduhnya air yang besar, tetapi TUHAN menghardiknya, sehingga mereka lari jauh-jauh, terburu-buru seperti sekam di tempat penumbukan dihembus angin, dan seperti dedak ditiup puting beliung.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU