Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

India beli 100 unit rudal SPICE Israel seharga Rp 614 miliar rupiah (2019)


Hubungan India-Israel semakin hari semakin nampak mesra.

Selama ini, negeri Bollywood tersebut telah menjadikan Israel sebagai pemasok senjata untuk pertahanan 3 multi berlapis-lapis miliknya yang terdiri dari Rusia sebagai lapisan 1, Amerika Serikat lapisan 2 dan Israel lapisan 3.

Keanekaragaman persenjataan tersebut dibutuhkan oleh pemerintah India dalam menjaga kedaulatan dan menghadapi ketegangan terhadap Pakistan dan China.

INDIA BELI RUDAL SPICE DARI ISRAEL (2019) 


India kembali (lagi dan lagi) membeli rudal SPICE dari Israel untuk menambah koleksi di gudang persenjataannya.

Sebagai informasi. Sebelum-sebelumnya, India udah sejak lama membeli rudal SPICE buatan perusahaan BUMN Israel, Rafael Advanced Defense System.



Teknologi SPICE telah digunakan pemerintah India untuk menembak kota Balakot, di Pakistan.

India menegaskan kota tersebut dihuni oleh pusat pelatihan organisasi terrorist militant Islam radikal Jaish e-Mohammed. Termasuk kekalifahan ISIS (Islamic State). Dimana mereka menjadikan sekolah madrasah sebagai pangkalan militer. India Air Force diperintahkan untuk membom lokasi itu dengan SPICE.

Pada tahun 2019. India membeli tambahan 100 unit rudal SPICE seharga $ 43.000.000 juta dolar atau sekitar Rp 614 miliar rupiah. Artinya, 1 unit berkisar di rentangan harga Rp 6 miliar rupiah.

SPICE adalah Smart, Precise Impact, Cost Effective.

SPICE menggunakan kit panduan satelit, GPS, INS, dan (EO) elektro optik presisi sangat tinggi dengan tingkat kesalahan CEP 3 meter.

Berbeda dengan rudal lainnya, SPICE tak meledak diluar melainkan didalam melalui cara terlebih dahulu menusuk menembus struktur kemudian meledakknya dari dalam.

Semua jenis bom TNT tak terarah atau bom bodoh dapat diinstal pada sistem SPICE sebagai penembus dan pemandu cerdas tepat sasaran.

Rudal SPICE terbang sejauh 1-100 km dari luar jangkauan visual sehingga dapat dengan mudah merontokkan gedung-gedung bertingkat, menghancurkan kendaraan lapis baja tank, menenggelamkan kapal perang, memporakporandakan infrastruktur beton, pusat commando dan menghanguskan bunker bawah tanah setebal 3-4 meter.


Salah satu Pejabat kementerian Hindustan Times mengatakan :

Bom SPICE adalah persyaratan operasional yang kritis. Pembelian dalam keadaan darurat. Akhir tahun bom harus dikirimkan. Sahutnya.

TENTANG RUDAL SPICE ISRAEL

SPICE merupakan salah satu rudal peluru kendali canggih air to surface yang diciptakan oleh Israel. Dibedakan menjadi beberapa varian yaitu SPICE 2000, SPICE 1000 dan SPICE 250.

Varian tercanggihnya menggunakan Deep Learning, ATR Automatic Target Recognition, Elektro Optik otonom & Artificial Intelligence.

Varian SPICE berbasis AI (Artificial Intelligence) hanya digunakan oleh Israel. Tak dijual ekspor untuk umum.

Keunggulann SPICE AI terdapat dari sisi melawan kekuatan cyber di lingkungan berantakan yg dipenuhi oleh serangan peperangan warfare elektronik modern dan dalam menghadapi serangan perisai anti-rudal volume tinggi.

Pemerintah India diketahui membeli varian SPICE 2000 tanpa AI.

Angka label 2000 hanyalah melambangkan ukuran berat rudal tersebut.

Ketika SPICE ditembakkan dari pesawat tempur, ia membuka sayap, meluncur ke target musuh.


Youtube : Rudal SPICE ISRAEL

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU