Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diary Urban Farming, Family Cooking, Travel dan Gaji Bisnis Online Juni 2019 [ Rp 336.565 ]

Hari ini tanggal  15 Juli 2019. Seperti biasa saya mulai menulis Pendapatan Bisnis Internet saya yg berasal dari hasil bulan lalu Juni 2019.

Tulisan ini saya tulis sebagai pedoman bagi saya untuk mencari kelemahan & kelebihan strategi bisnis online saya untuk menjadi lebih baik lagi.

Gaji+Penghasilan.jpg (600×400)


Ada rencana pengen pindah rumah suatu saat nanti. Kira-kira sekitar 2 tahun lagi pindah dari pusat kota Palangkaraya ke pinggiran Hutan Nasional Sebangau.

Rumahnya udah dibangun ama mama dan papa. Dekat dengan rumah adikku. Tinggal tersisa pasang atap dan lantai.


Kusuka rumah baru ini karena banyak airnya. Kalau musim hujan, air berwarna hitam merah ini mengalir kesana kemari banyak ikan lalu lalang.

Lalu, kalau sore hari, nuansa tempatnya berubah menjadi dingin seperti AC karena banyak embun berdatangan. Ya, gimana ngga udaranya sejuk ya, jarak hutan Nasional sebangau kira-kira hanya sejarak 3 km aja dari rumah ini.


Kelebihan lain di rumah baru ini yaitu saya bisa bekerja bercocok tanam dan mengerjakan ternak ayam dan ikan karena lahannya lebih luas. Impianku masa kecil sebagai petani, pekerjaan yang paling kusukai seumur hidup. Wkwkwk…

Sayangnya, tempat baru ini untuk sekarang kurang infrastrukturnya seperti toko Indomaret & toko Alfamart ngga ada.

Jadi kalau belanja, kita harus naik motor jauh kesana kira-kira 10 km, beda dengan dirumah lama. Jalan kaki beberapa langkah saja segala sarana & prasarana di kota Palangkaraya lengkap tersedia.

TRAVEL 

Bulan kemaren saya bersama keluarga menempuh perjalanan mengunjungi keluarga papah di desa Pundu.

Karena terlalu laya menyetir, jadinya kebablasan hampir hampir saja sebentar lagi menuju ke kota Sampit. 

Keluarga disana akhirnya ketawa, wah.., kenapa ngga langsung aja ke pantai Ujung Pandaran. Wkwkwkwk….

Nah, didesa Pundu. Saya sempatkan berjalan-jalan bersama 2 keponakan melihat-lihat kebun karet & kelapa sawit yang luas.

Urban Farming 

Ternyata menanam Melon Kuning sangat sulit. Iseng-iseng kemaren nyoba beli bibitnya. Eh, ngga tahunya hidupnya gagal. Ngga tahu napa, ternyata lebih mudah menanam melon biasa aja kayaknya ya. hem...

Oh ya, kemaren juga sempat beli terpal untuk memperbanyak perkembangan biakan Azolla. Itung-itung untuk menambah pasokan makanan ternak ayam & ikan.

Berikut ini hasil panen Urban Farming bulan Juni 2019 :

1]. Pisang

2]. Ikan Nila, sekitar 11 ekor

3]. Kacang panjang

4]. Serai

5]. Sawi

6]. Telur

Nah, ada sesuatu menarik tentang ilmu tanaman bayam. Ngga nyangka ternyata bayam bisa dibudidayakan dengan mudah tanpa harus membeli bibitnya dan ada teknik khusus bagaimana mereka bisa berkembang pesat.

Selama ini, saya menanam bayam dengan cara yang salah yaitu mesti beli bibit di toko yg artinya harga malah makin mahal dan biasanya tanamannya kecil-kecil sulit hidup karena dilahap burung dan bibitnya cepat mati.

Kopi + Gula + Tidur kemalaman jam 12 malam 

Sejak awal 2018. Saya ketagihan minum kopi + gula. Biasanya dari 1 hari 1 kali menjadi 1 hari 2 kali. Lalu durasi tidur jg meningkat dari yg tadinya bisa tidur jam 8 malam, kini jadi jam 12 malam.

Penyebabnya terlalu banyak menonton Youtube.

Nonton Boy William, Lucinta Luna, Atta Halilintar, Dengerin lagu, Liat Trailer Film, dll.

Kayaknya buruk untuk kesehatan deh. Belum tahu gimana cara menghentikan ketagihan ini karena asik banget nonton Youtube sambil minum-minuman enak pemicu Diabetes. He…, he…, Apalagi didukung oleh kuota internet 18 TB. Eh salah, 18 GB perbulan jadi makin lama deh nonton Youtube. 

Semoga nanti saya menemukan cara untuk menanggulanginya.


INCOME JUNI 2019

Google Adsense : Rp 136.565

Investasi Cryptocurrency : Rp 200.000

Total : Rp 336.565

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU