Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Brenmiller : Teknologi Penyimpanan Energi Terdesentralisasi Hemat Biaya dan Perlindungan Ancaman Pemadaman Matlis (Mati Listrik) (2019)


Listrik merupakan energi paling vital bagi kebutuhan umat manusia di era modern sekarang ini. Tanpa kehadiran listrik semua orang dapat kembali ke zaman batu dan segala aktivitas bisnis terganggu yang artinya kerugian dapat mencapai miliaran hingga triliun rupiah.  

Sayangnya, saat ini dunia belum menyadari arti penting sebuah potensi energi terdesentralisasi.

Banyak negara masih memberlakukan pembangkit PLN terpusat sentralisasi untuk memasok listrik perkotaan. Padahal ancaman resiko mengundang banyak bahaya. Seperti gangguan kerusakan mesin, sabotase, serangan bom, mesin drop, serangan cyber atau bahkan bencana alam.

Berbagai negara pernah mengalami betapa merusaknya ekonomi apabila listrik padam hingga 3 hari berturut-turut.

ISRAEL BRENMILLER :

Teknologi Brenmiller menyediakan solusi penyimpanan energi berkelanjutan untuk dunia internasional agar dapat mendistribusikan listrik secara desentralisasi.

Brenmiller diciptakan oleh founder orang Israel, Professor doktor Avi Brenmiller. Dibantu oleh rekan-rekan sahabatnya di Israel.


Beliau telah mendesain, membangun dan berpengalaman tinggi di bidang listrik.

Proyek pertama beliau yaitu memasok teknologi untuk pasukan pertahanan Israel (IDF) dalam penyimpanan energi dimana perusahaannya membantu kekebalan dari serangan sabotase dan gangguan pemadaman listrik untuk militer Israel.  

Di ranah sipil, teknologi ini telah mulai digunakan oleh negara seperti Africa, khususnya Africa Selatan. Instalansi pembangkit listrik untuk menghandle kapasitas hingga 300 MW.

Jadi apa sih sebenarnya teknologi Brenmiller ini.


Ini adalah sebuah terobosan pengganti baterei berbahan Li-ION yang selama ini banyak digunakan oleh dunia. Sebagai gantinya yaitu BRENMILLER yang disebut BCELL. Menggunakan sebuah unsur bahan kimia racikan khusus yang diciptakan di laboratorium Israel disebut ‘ROCK PRES’.  


Secara ajaib, kemampuan ROCK PRES sanggup mempertahankan keawetan hingga 20 tahun sebelum diganti dengan alat baru dan teknologinya sanggup mempertahankan durasi daya listrik apabila terjadi pemadaman hingga 4 – 16 jam.


Tak hanya menyimpan Listrik, alat ini dapat pula menghasilkan listrik dari kelebihan panas hingga 550° C derajat Celsius melalui penguapan.  

Berapa jumlah kapasitas listrik yang mampu disimpan…? Jawabnya tak terbatas. Biasanya 1 unit kotak terdiri dari 12 x 12 setengah megawatt. Jika pengen lebih, alat dapat dibeli dalam jumlah banyak kemudian disusun menyerupai gedung bertingkat.


Gilad walker mengatakan :


Daya dari unit ini dapat mengirim pada saat pembangkit listrik tenaga matahari terbenam. Sehingga menjadi alternatif nyata. Sahutnya.


Sistem alat ini dapat menerima semua mekanisme aliran listrik. Baik energi terbarukan seperti air, biomassa, angin, matahari, gelombang laut, panas bumi dan gas. Termasuk energi fosil seperti listrik batubara, minyak dan solar. Bahkan nuklir.


Brenmiller bercita-cita menjadikan listrik lebih hemat biaya, mengurangi pemanasan global warming dan meningkatkan efesiensi.

Nama : Brenmiller Energy

Alamat : Bren-energy.com

Bursa saham : Tel Aviv TASE

Kantor pusat : Israel


Youtube : Israel Brenmiller Energy

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU