Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Access Point Untuk Jaringan Internet, Perangkat Keras Penting (2019)


Fungsi access point ternyata tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal sebenarnya keberadaanya sangat penting untuk kantor atau perusahaan. Sebab dengan adanya teknologi jaringan nirkabel, maka biaya yang harus dikeluarkan lebih murah dan praktis dibandingkan dengan memanfaatkan kabel.

Sebab penggunaan akses point ini sendiri akan sangat tergantung dengan luas jaringan yang dibutuhkan. Sebagai contohnya, rumah yang mempunyai lingkup yang kecil tentu hanya membutuhkan satu akses point saja. Sedangkan untuk sebuah perusaan besar seperti gedung perkantoran hingga mall akan memanfaatkan beberapa jaringan.

Bagi sebagian besar orang sebenarnya sudah pernah menggunakan akses point ini, terutama untuk menghubungkan perangkat computer hingga smartphone ke dalam jaringan internet. Tetapi ternyata masih sedikit dari masyarakat yang benar-benar memahami fungsi access point sebagai teknologi yang selalu mengalami perkembangan.


Apa Itu Access Point?
Sebelum membahas mengenai fungsi dan manfaat access point, apa sebenarnya pengertian dari akses point tersebut? Akses point merupakan sebuah perangkat yang berada di dalam jaringan computer, dimana memiliki kemampuan untuk menciptakan adanya jaringan local nirkabel atau dikenal dengan WLAN (wireless local area network).

Access point ini sendiri bisa dihubungkan dengan sebuah router atau HUB ataupun switch via kabel Ethernet dan mampu memancarkan sinyal Wfi pada area tertentu. Agar bisa terhubung dengan jaringan lokal yang sudah dikonfigurasikan, maka perangkat harus melewati access point terlebih dahulu.

Access point ini juga terdiri dari beberapa komponen penting seperti antenna dan transceiver, dimana akan bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima sinyal yang berasal dari dan untuk klien server. Sedangkan akses point sendiri tidak mampu mengatur aliran data layaknya router, pasalnya alat ini hanya mampu menyambungkan.

Bukan hanya itu saja, fungsi access point ini juga bisa menjadi solusi dalam pemasangan Wifi di tempat-tempat umum. Dengan bantuan dari akses point inilah sinyal wifi akan bisa dijangkau oleh semua ruangan. Kendati banyak tembok atau penghalang yang menutupi. Biasanya untuk bisa terhubung ke jaringan dengan menggunakan akses point, maka diperlukan sebuah password.

Fungsi dari Access Point

1.      Untuk memancarkan sinyal internet
Fungsi access point yang pertama adalah mampu mengirimkan sinyal internet dan sinyal koneksi data dengan menggunakan gelombang electromagnetic. Biasanya semakin baik kekuatan sinyal pada access point, maka luas area jangkauan juga akan semakin besar. Untuk mengetahui ukuran sinyal sendiri bisa dilihat dengan menggunakan satuan Dbm atau mW.


2.      Sebagai HUB
Tidak hanya itu saja, masih ada lagi fungsi access point yang sangat berguna yakni sebagai HUB. Dimana akses poin memiliki kemampuan untuk menghubungkan sebuah jaringan lokal dengan memanfaatkan kabel dan jaringan nirkabel atau dikenal dengan wireless. Selain itu, juga mampu melakukan pengaturan agar akses point bisa berfungsi sebagai DHCP.


3.      Untuk Menerapkan fitur keamanan WEP
Adapun fungsi dari access point yang selanjutnya adalah bisa mengaktifkan fitur keamanan Wired equivalent privacy atau dikenal dengan WEP. Dimana ini merupakan salah satu metode untuk mengamankan jaringan nirkabel dengan otentifikasi kecocokan kunci yang sudah diberikan klien didalam akses point. Selain itu, akses point juga bisa mengatur akses sebuah perangkat.

Dalam dunia teknologi informatika, access point ini merupakan sebuah perangkat keras yang cukup penting keberadaannya. Keberadaan internet memang mampu membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka agar lebih efektif. Terlebih lagi dengan hadirnya access point, karena fungsi access point ini memang sangat banyak.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU