Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plester Anti Diabetes, Pengatur Kadar Glukosa Dalam Tubuh (2019)


Bagi penderita diabetes, mungkin harus bersenang hati karena kemunculan alat plester anti diabetes bisa digunakan untuk melakukan pencegahan diabetes lebih dini. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Penyakit ini sendiri biasanya diakibatkan karena adanya peningkatan kadar gula dalam darah yang cukup signifikan.

Tidak hanya itu saja, peningkatan kadar gula itu sendiri disebabkan karena kurangnya hormon insulin baik itu hormon absolut atau relatif. Penyakit ini memang sangat berbahaya apabila tidak mendapatkan penanganan lebih cepat. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit diabetes bisa muncul, seperti karena obesitas hingga adanya kerusakan sel Beta pankreas.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, maka memunculkan berbagai macam alat yang mempunyai fungsi dan segudang manfaat. Salah satu alat yang pernah dibicarakan belakangan ini adalah keberadaan plester anti diabetes. Sesuai dengan namanya, alat ini sendiri memang mempunyai fungsi untuk menangani penyakit diabetes.

Apa Itu Plester Khusus Anti Diabetes?

Di dalam dunia kesehatan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan plester yang satu ini. Ini merupakan plaster yang mempunyai fungsi untuk melakukan kontrol terhadap kadar gula yang terdapat dalam darah.  Apabila kadar gula terlalu tinggi maka secara otomatis plaster ini mampu mengalirkan cairan insulin mengalir ke dalam tubuh.

Teknologi canggih ini sendiri ditemukan oleh Zhen Gu. Dimana beliau merupakan pakar kesehatan yang berasal dari university of north Caroline yang berada di chapel hill. Pasalnya beliau sudah menciptakan alat yang sangat berguna di dalam dunia kesehatan bernama plester anti diabetes ini.

Adapun keunikan dari plaster diabetes ini adalah cara kerjanya yang tidak menimbulkan rasa sakit sendiri. Pasalnya plaster ini mempunyai ukuran jarum mikro, sehingga sangat kecil bahkan kurang lebih mempunyai lebar dan panjang yang sama dengan bulu mata manusia. Cara kerja dari plaster ini juga seperti cara kerja pankreas.

Dimana ketika gula darah sedang mengalami peningkatan, maka dengan cerdas alat tersebut akan mengeluarkan cairan insulin. Teknologi kesehatan ini sendiri berbeda dengan jarum insulin pada umumnya. Dengan demikian, maka melalui alat ini pula bisa menghindarkan dari adanya komplikasi lebih parah seperti kebutaan hingga gagal ginjal.


Bisa Digunakan Untuk Memperpanjang Penderita Diabetes 1 dan 2

Plester anti diabetes yang satu ini ternyata dipercaya mampu memperpanjang penderita diabetes baik itu tipe 1 ataupun 2. Bahkan bisa mengurangi adanya rasa sakit akibat suntikan insulin.  Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nantinya alat ini akan secara otomatis menyuplai insulin ke dalam darah para pasien diabetes.

Tidak hanya itu, saja pelopor dari alat ini yakni zhen Gu mengemukakan apabila plaster tersebut juga sudah diprogram dengan baik, agar bisa melakukan deteksi terhadap jumlah glukosa yang terdapat dalam darah. Sistem ini sendiri disebut sebagai closed loop, dimana ini berarti terdapat loop feedbback yang akan melakukan deteksi kadar gula.


Selain itu juga akan mengeluarkan adanya insulin secara otomatis. Sistem ini sendiri ternyata sudah menjadi tujuan bagi banyak penelitian dari penyakit diabetes. Hal ini berguna untuk mengurangi adanya kesalahan yang bisa timbul akibat penanganan penyakit diabetes yang salah. Tak hanya itu saja, alat ini ternyata juga mampu meminimalisir adanya konsumsi insulin yang berlebihan.

Diabetes menjadi salah satu penyakit mematikan yang mengancam seseorang setiap harinya. Kebiasaan buruk dimana tidak menjaga kadar glukosa dalam tubuh bisa meningkatkan penyakit diabetes muncul. Keberadaan plester anti diabetes seakan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kadar glukosa pada tubuh.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU