Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Phinergy : Teknologi Mobil Listrik Berbahan Bakar Air (2019)


Mobil berbahan bakar bensin, biodiesel & solar tentu sudah menjadi pemandangan umum sehari-hari di jalanan ibukota dan pedesaan.

Sedangkan mobil berbahan bakar gas hydrogen nampaknya agak cukup menakutkan ya. Karena jika terjadi sedikit saja kebocoran maka dapat meledak apabila ada percikan api menyambar.

Sedangkan mobil listrik dipelopori oleh perusahaan Tesla milik ‘Elon Musk’. Saat ini mulai mewabah pemasarannya ke seluruh penjuru dunia karena dianggap renewable energy, aman dan tanpa emisi polusi asap sehingga udara menjadi bersih.

ISRAEL PHINERGY : TEKNOLOGI MOBIL BERBAHAN BAKAR AIR 

Sumber bahan bakar mobil tak hanya berasal dari BBM bensin, biodiesel, solar, solar panel, dan listrik.

Di Israel telah dikembangkan mobil berbahan bakar air.

Ya, teman-teman. Kita ngga salah baca nih.

Air sama persis seperti yang kita minum setiap hari ternyata dapat menjadi bahan bakar menggantikan bensin dan turunannya untuk menyalakan mobil.

Perusahaan Phinergy didirikan pada tahun 2008 oleh professor doktor Aviv Tzidon dan Dekel Tzidon dari lulusan S3 universitas Bar-Ilan, Israel.

Foto : Professor doktor Aviv Tzidon dari Israel
Dalam dunia teknologi, Aviv Tzidon merupakan pemilik 15 paten penemuan teknologi dan pengalaman riwayat hidup beliau telah mendirikan 5 perusahaan teknologi tinggi di Israel yang telah ia jual bernilai jutaan dolar.

Aviv dan Dekel kini fokus mendirikan perusahaan Phinergy dengan modal pendanaan sebesar $ 288 juta dolar atau sekitar Rp 4 triliun rupiah.

Pada bulan Maret 2013. Phinergy sukses merilis demonstrasi mobil menggunakan battery aluminium air yang beliau temukan menggunakan katoda khusus dan kalium hidroksida.

Mobil sukses menempuh jarak 330 km sekali isi galon air.

PHINERGY BARU SAJA MEMULAI DI TAHUN 2019

Teknologi Phinergy telah dikembangkan selama lebih dari 1 dekade.

Teknologi aluminium air buatan Phinergy menggunakan oksigen yang terbentuk secara alami di udara untuk mengisi katoda. Pelepasan mengubah logam menjadi aluminium hidroksi yang kemudian didaur ulang menjadi baterei listrik.

Penemuan teknologi ini jauh lebih ringan dibandingkan baterei lithium ion dan tentu saja aluminium mudah didaur ulang.

Mobil berbahan bakar air dapat disematkan bekerjasama di sistem mobil listrik. Jika ngecharge baterei mobil listrik butuh waktu semalaman. Maka mobil air hanya butuh 3 menit terisi penuh.

Mobil listrik tak mampu menempuh perjalanan jauh maksimal 200 kilometer saja kemudian energi listriknya habis. Sedangkan mobil air sanggup menempuh perjalanan lebih jauh 330 km. Kedua-duanya bisa beriringan apabila dikompilasi menjadi hibrid.

Foto : Teknologi Phinergy

Faktor utama menahan laju pemasaran penjualan mobil berbahan bakar air adalah pesaing begitu kompetitif. Terutama berasal dari persaingan melawan segmen produk mobil berbahan bakar mesin fosil buatan Jepang, Korea Selatan, Uni Eropa, Amerika Serikat, dll  

Kendala mobil air terletak pada mahalnya harga produk mencapai estiminasi sekitar Rp 2 miliar – Rp 5 miliar. Bandingkan dengan mobil tradisonal fosil sekitar Rp 200 juta – Rp 500 juta saja.

Untuk menekan harga, penjualan produk haruslah dalam skala jumlah besar agar dapat mengimbangi menekan harga mobil fosil. Itu tentu sulit dilakukan hingga bertahun-tahun mendatang, pesaing tentu saja takkan tinggal diam.

Permasalahan lain mobil berbahan bakar air yaitu setiap menempuh jarak 2.000 km atau tiap 4-5 bulan. Mobil kudu mesti masuk bengkel mengganti baterei yang lagi-lagi menambah ongkos biaya.

Perusahaan Phinergy sedang menerapkan teknik berkerjasama dengan China, India dan Kanada untuk memproduksi baterei aluminium air battery. 

Melalui usaha patungan di Indian Oil Corporation, Alcoa Kanada, dan China Yunnan Phinergy Chengfeng metal air battery.

Aviv dari Phinergy mengatakan :

Pertama-tama kita segera memproduksi baterei terlebih dahulu untuk sektor otomotif India. Kemudian dengan maksud selanjutnya untuk melakukan ekspansi internasional di masa depan. Sahutnya.

Nama perusahaan : Phinergy

Kantor pusat : Israel

Kantor cabang : India, Kanada, Swiss dan China

Alamat : Phinergy.com


Youtube : Israel Phinergy

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU