Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fakta Google Algoritma Broad Core (2019)


Pada tanggal 24 September 2019. Perusahaan raksasa Alphabet, melalui anak usaha Google mengumumkan di Twitter telah merilis update algoritma. Disebut ‘BROAD CORE’.

Bagi teman-teman yang berkecimpung dalam dunia web/blog tentunya pembaharuan ini berdampak kepada peringkat level anda di search engine optimatization sehingga mempengaruhi gaji penghasilan.

Seperti biasa, Google merahasiakan seluk beluk tentang ‘BROAD CORE’. Agar tak disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab seperti Blackhat.

Namun banyak pakar diluar sana mencoba menggali dan menyelidiki lebih dalam tentang Broad Core menggunakan berbagai tool software canggih.

Pemenang terbesar terhadap algoritma Broad Core adalah website berita Dailymail.

JADI PERUBAHAN APA YANG TERJADI 


Berdasarkan pemahaman saya setelah membaca berbagai artikel tentang SEO. Terutama dari pakar di Search Engine Land. Menemukan bahwa ada 3 faktor kunci elemen di Broad Core.

Apa saja. Yuk kita simak..

1]. Popularitas Backlink versi pembaharuan Nofollow

Selama lebih dari 15 tahun berlalu. Google memperkenalkan fitur nofollow untuk mengatasi tautan backlink spam.

Link dianggap sebagai salah satu indikator penting di Google. Semakin banyak orang menautkan link natural ke situs anda maka semakin tinggi peringkat diperoleh.

Namun banyaknya link spam, link sponsor, link forum dan link bom (link dalam jumlah besar) menyulitkan Google menerjemahkan tingkat penilaian kualitas link.

Kini, Google punya teknologi baru di BROAD CORE untuk mendefinisikan link ke 3 jenis. Yaitu :


1]. Link UGC

Rel = UGC adalah singkatan dari User Generated Content. Gunanya mengatasi tautan link otomatis di komentar yang sering disalahgunakan oleh banyak orang dengan menautkan banyak sekali link-link miliknya ke kolom komentar blog orang lain atau di forum.

2]. Link Nofollow

Rel = nofollow adalah atribut yang telah diperkenalkan sejak 15 tahun yang lalu agar pemilik web/blog dapat menautkan backlink ke dalam konten artikel tapi tak ingin memberikan kredit ke website/blog yang di link.

3]. Link Sponsored

Rel = sponsored adalah atribut yang mengidentifikasikan sebuah link berbayar dari iklan atau perjanjian kerjasama untuk saling ngebacklink didalam konten artikelnya.

Ke 3 sinyal link tersebut dijadikan petunjuk bagi Google untuk mempertimbangkan sebuah kualitas backlink.  

Teknologi ini diperkenalkan secara luas ke publik pada Maret 2020 nanti bagi para webmaster dan newbie yang berkecimpung di SEO.  

2]. Artikel informasi unik Pertama

Apa yang dimaksud dengan artikel unik pertama. Yaitu seseorang menulis sebuah artikel baik berita atau informasi lainnya untuk pertama kalinya dan belum pernah sebelumnya ditulis oleh orang lain.


Algoritma Broad Core kali ini condong mengungulkan sumber penulis pertama. Oleh sebab itu mengapa situs Dailymail meningkat pesat sejak pembaharuan ini berlangsung, karena Dailymail terindentifikasi sebagai penulis berita & informasi pertama kali yang kemudian dikutib ulang oleh ribuan orang.

Sepertinya di beberapa tahun ke depan. Jika cuman menulis artikel yang sudah ditulis ulang oleh orang lain dengan gaya bahasa diubah-ubah. Sepertinya agak kesulitan untuk menempati posisi tinggi di era Broad Core.

Broad Core nampaknya pengen anda menjadi pemikir pertama, penulis artikel pertama, penemu awal, pencari informasi/berita pertama, pencipta artikel kreatif unik pertama agar menempati posisi wahid.

Google kini memiliki teknologi canggih dalam mendeteksi sumber artikel baru pertama yang muncul pertama kali dan tahu siapa saja orang-orang yang mencoba menulis-nulis ulang dari sumber pertama.

Saran untuk mengatasi Broad Core yaitu ubah konsep mindset dari yang tadinya menjadi hanya sebagai penulis ulang menjadi penemu inspirasi artikel pertama yang belum pernah tertulis di internet. Buatlah artikel baru yang benar berbeda dari yang lainnya dengan pemahaman mendalam dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Tim Google mengatakan :

Kami tahu orang-orang dengan website yang mengalami penurunan akan mencari cara untuk memperbaiki dan kami ingin memastikan mereka tidak ada yang perlu untuk mencoba memperbaiki hal-hal yang salah. Selain itu, mungkin memang tidak ada apa pun yang harus diperbaiki sama sekali.

Baca juga : 

3]. Broken Link (Link Rusak) 

Coba cek secara rutin link milik teman-teman apakah terdapat broken link, link error tak ditemukan atau error 404.

Algoritma Broad Core diketahui mulai memandang link rusak sebagai salah satu indikator. Semakin banyak link error/rusak dihalaman artikel/blog dapat menyebabkan peringat level diturunkan ke posisi rendah.

Situs seperti broken link check dapat membantu.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. GBU