Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi TurboCharger Mobil Bisa Menghilangkan Suara Bising Mesin (2019)


Keberadaan teknologi turbocharger mobil tentu sudah tidak asing bagi seseorang yang menggemari dunia otomotif. Pasalnya, teknologi transportasi ini biasanya bisa ditemukan di kendaraan beroda empat yang mana mengusung mesin diesel seperti truk ataupun mobil. Keberadaan turbocharger ini sendiri menjadi komponen yang cukup penting.

Pasalnya keberadaannya mampu menghasilkan sebuah mobil dengan tenaga yang cukup tangguh. Keberadaan teknologi turbocharger mobil ini ternyata sudah di terapkan pada beberapa mobil diesel yang ada sebut saja seperti Toyota Hilux, All New CR, hingga Toyota Fortuner. Deretan mobil-mobil tersebut ternyata sudah dibekali dengan adanya tenaga yang cukup gahar.

Tidak heran apabila kebanyakan mobil yang sudah menerapkan teknologi yang satu ini memiliki peminat yang cukup besar di pasaran, baik itu untuk konsumen dalam negeri ataupun luar negeri. Walaupun teknologi mesin dengan kekuatan turbo ini sudah banyak dimanfaatkan, tetapi ternyata masih ada masyarakat yang asing dengan teknologi yang satu ini.

Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Turbocharger

Mendengar kata turbo, tentu yng terlintas di pikiran adalah sesuatu yang istimewa bukan? Adapun fungsi utama dari turbocharger ini adalah digunakan untuk memberikan tambahan tenaga pada mobil diesel ataupun truk. Tanpa adanya komponen ini maka kendaraan tersebut tidak akan mempunyai power yang cukup bagus.

Prinsip kerja yang dimiliki oleh turbocharger mobil ini sendiri adalah dengan menggunakan panas gas buang, yang diubah sebagai tenaga untuk menempatkan udara hasil pembakaran sehingga mampu menghasilkan tenaga atau power yang lebih besar. Gas buang tersebut akan langsung disalurkan melalui echaust manifold, yang akan langsung diperluas di turbocharger sis turbin dimana akan menghasilkan energi mekanik.

Adanya blower yang terdapat di sisi intake udara pembakaran akan berubah menjadi besar disisi intake manifold didalam mesin diesel. Berdasarkan prinsip kerja yang dimiliki oleh teknologi ini. Maka turbocharger sendiri terdiri dari beberapa komponen utama seperti turbin, sistem shaft, hingga kompresor yang dipercaya akan mengurangi suara bising pada kendaraan

Kendati demikian, turbocharger ini juga akan menggunakan komponen yang lainnya. Turbin sendiri menjadi komponen yang mempunyai fungsi untuk melakukan konvesi energi panas fluida, agar bisa menjadi energi mekanis putaran poros turbin. Sedangkan kompresor mempunyai fungsi untuk mengubah energi mekanis dengan putaran poros, menjadi energi kinetic yang mempunyai aliran udara.


Manfaat dan Kelebihan dari Turbocharger
1.      Mampu meningkatkan tenaga pada mesin diesel
Turbocharger mobil mempunyai beberapa manfaat dan kelebihan yang sangat penting. Hal yang pertama adalah kemampuannya dalam meningkatkan tenaga didalam mesin diesel. Sebuah mobil diesel yang tidak dilengkapi dengan mesin turbocharger ini ternyata mempunyai kinerja yang lebih rendah.

2.      Lebih irit bahan bakar
Seperti yang sudah disebutkan oleh banyak orang apabila mobil diesel yang dilengkapi dengan mesin turbo, ternyata dipercaya lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan yang tidak menggunakan. Pasalnya sisa dari pembakaran akan langsung dimampatkan dan akan dikembalikan dengan ruang bakar.

3.      Lebih ramah terhadap lingkungan
Tak bisa dipungkiri apabila penyebab polusi udara yang paling banyak adalah dikarenakan kendaraan bermotor. Tetapi mobil yang menggunakan mesin turbocharger ternyata jauh lebih ramah terhadap lingkungan. Ini karena pasokan udara untuk mesin tersedia sangat banyak bahkan dipercaya akan mengurangi suara bising.

Dari waktu ke waktu mobil memang selalu mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya adalah pada mesinnya yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yang membuat mobil semakin gahar. Keberadaan turbocharger mobil dipercaya akan membuat pengguna nyaman saat berkendara.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU