Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Startup Unicorn Singapura (2019)


Singapura adalah sebuah negara pulau kecil berbatasan dengan tetangga Indonesia dan Malaysia. 

Pada umumnya, mayoritas penduduk Singapura bersekolah dari kalangan berpendidikan tinggi, kebanyakan berasal dari lulusan S1 universitas.

Singapura merupakan salah satu pusat keuangan global dan sektor teknologi paling aktif di dunia. Tak ayal, walaupun hanya berjumlah sekitar 5.700.000 juta orang saja. Namun banyak menghasilkan perusahaan besar nan sukses.

Sejak 2013-2019. Singapura telah melahirkan 4 startup Unicorn bergengsi taraf internasional.

Berikut daftar diantaranya :


Singapura.jpg (550×367)

1]. GRAB

Siapa yang tak mengenal nama GRAB. Menyandang gelar predikat bergengsi, bukan sebagai Unicorn melainkan raksasa Decacorn.

Awalnya bernama GrabTaxi kemudian menjadi Grab.

Grab bercita-cita menjadi aplikasi super all in one untuk menawarkan layanan pengantaran makanan, pembayaran digital, pengiriman paket dan transportasi penumpang roda dua & roda empat.

Grab beroperasi dibanyak negara. Memiliki 6000 karyawan bertugas di kantor dan lebih dari 1.000.000 karyawan mitra pengemudi.

Menurut ABI research. Pada tahun 2019. Grab menguasai 70% transportasi roda empat, 60% roda dua dan 39% pengantaran makanan.

Youtube : Grab

Ridzki mengatakan :

Kami punya penelitian yang membuktikan bahwa untuk ride hailing di Indonesia. Kami pemimpin pangsa pasar baik untuk dua roda dan empat roda. Sahutnya.

2]. SEA GARENA

Awalnya bernama Sea. Kemudian berganti nama dengan Garena. Produk terdiri dari berbagai macam kategori seperti game, artikel digital, pembayaran digital, dan eCommerce.

Di Indonesia. Salah satu produk Sea dikenal seperti game Free Fire dan toko online Shopee.

Karena jumlah skala penduduk, ukuran size pasar & jumlah investor Singapura sedikit karena populasi yang sedikit. Maka Garena memilih mendaftarkan IPO di Bursa Efek New York Amerika Serikat menjadi perusahaan publik internasional.


Youtube : Sea Garena

3]. RAZER

Razer adalah perusahaan produsen perangkat keras hardware, software dan sistem. Memiliki motto : Untuk Gamer Oleh Gamer.

Didirikan pertama kali oleh warga Singapura, bernama Min Liang Tan dan sahabat, Robert Krakoff asal Amerika Serikat.

Razer berkantor pusat di Singapura dan Amerika Serikat. 

Kini, Razer tak lagi bisa disebut-sebut sebagai startup. Karena secara resmi telah menjadi perusahaan publik internasional yang dapat anda beli & miliki sahamnya untuk meraup setiap keuntungan uang deviden.


Youtube : Razer

4]. ACRONIS

Acronis didirikan pada tahun 2003 di Singapura. Memiliki karyawan sebanyak 1.400 orang tersebar di kantor Singapura, Swiss, Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Acronis bergerak dibidang perlindungan cyber dengan menawarkan solusi perangkat lunak digital berupa keamanan data, aksebilitas, privasi penyimpanan, teknologi layanan IT Cloud Cyber Protection, sinkronisasi file, pemulihan, otentikasi data berbasis blockchain, penyediaan teknologi Cyber berbasis Artificial Intelligence (AI), keamanan SAPAS, dan virtualisasi.

Pada tahun 2019. Acronis memiliki pelanggan aktif yang telah menggunakan produk digital buatanya sebanyak 500.000 perusahaan dari seluruh dunia.


Youtube : Acronis


KAWASAN ASIA TENGGARA & GLOBAL

Di Asia Tenggara. Dari sekian banyak negara. Hanya ada 2 negara pemimpin dalam teknologi & startup. Yaitu Indonesia dan Singapura.

Indonesia memiliki 5 startup unicorn yaitu : Gojek, Tokopedia, Ovo, Bukalapak & Traveloka.

Singapura memiliki 4 startup unicorn yaitu : Grab, Garena, Razer & Acronis.

Di ranah, Global. Sepanjang 2013-2019. Amerika Serikat pemimpin #1 dunia pemilik unicorn sebanyak lebih dari 190 unicorn, disusul oleh China sebanyak lebih dari 95 unicorn dan posisi ke #3 ditempati oleh Israel dengan 26 unicorn.

Kemudian disusul oleh United Kingdom Inggris (21 unicorn), India (18 unicorn), Jerman Uni Eropa (11 unicorn), Korea Selatan (8 unicorn), Indonesia (5 unicorn), Ferancis Uni Eropa (4 unicorn), Swiss Switzerland (4 unicorn), Singapura (4 unicorn), Brazil (4 unicorn), Jepang (3 unicorn), Africa Selatan (2 unicorn) dan Swedia Uni Eropa (2 unicorn).

#Perhitungan termasuk unicorn go publik.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU