Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Teknologi Israel Penyembuh Penyakit Kelenjar Benign Prostate Hyperplasia (2019)


Israel dikenal sebagai salah satu pemimpin dunia dalam bidang teknologi medis dan obat-obatan.

Berbagai macam perusahaan kesehatan berteknologi penyembuh, lahir dari negara kecil ini untuk membasmi, memberantas dan menyembuhkan berbagai macam penyakit yang di derita oleh banyak orang.

Secara umum, penyakit BPH atau disebut dengan Benign Prostate Hyperplasia (BPH). Menyerang pria berusia di atas 50 tahun. Diperkirakan pada tahun 2018 saja terdapat lebih dari 30.000.000 juta orang terpuruk terbaring di kasur di tiap masing-masing rumahnya akibat gangguan penyakit BPH.

Benigh Prostate Hyperplasia adalah penyakit pembesaran kelenjar prostat jinak sehingga saluran kemih menyempit menyebabkan otot menebal. Dinding kandung kemih melemah, kemudian pasien mengalami kesulitan untuk mengeluarkan air kencing.

Keluhan BPH menyebabkan seorang pria sulit buang urine, tersendak-sendak, menderita dan sering kencing malam hari.

BPH terlihat nampak ringan. Namun apabila tindakan medis tak dilakukan dengan cepat dapat menyebabkan pasien menjerit kesakitan bahkan tak jarang berakhir dengan kematian akibat keterlambatan dan kelalaian.



5 Teknologi Israel Penyembuh dan Mengurangi Penyakit Kelenjar Benign Prostate Hyperplasia

1]. IBEX MEDICAL ANALYTICS

IBEX didirikan oleh 2 founder professor doktor Chaim Linhart dan professor doktor Joseph Mossel dari Universitas Tel Aviv Israel di bidang ilmu sains komputer.

Foto : Joseph Mossel
IBEX menciptakan AI (artificial intelligence), machine learning dan komputer vision dengan modal pendanaan sebesar $ 11 juta dolar atau sekitar Rp 156 miliar rupiah. Untuk membantu dokter dan ahli patologi di laboratorium mendiagnosa BPH dengan lebih cermat dan lebih teliti untuk meningkatkan kualitas hidup pasien sehingga diharapkan memajukan perawatan.

Selama ini catatan medis tradisional sering salah menerapkan biopsi prostat. Tak ayal, pasien meninggal dunia. Melalui AI buatan IBEX, diharapkan analitik menjadi terperinci, akurat dan sistem pembacaan menjadi andal.  

2]. MEDITATE

Meditate didirikan pada tahun 2007. 

Spesialis membantu meringankan saluran kemih untuk sementara waktu dan hemat biaya.

Perangkat buatan Meditate menawarkan bantuan kepada pasien BPH untuk ditempatkan di uretra prostat selama 5 hari agar membentuk kembali pembesaran prostat sehingga diharapkan menciptakan efek terapi jangka panjang.

Perangkat milik Meditate yang disebut ITIND555 dapat digunakan secara bersamaan dengan alat cystoscopy dan tak memerlukan alat kateter.

ITIND555 diciptakan oleh professor doktor Ido Kilemnik dari Technion Israel Institute of Technology.

Beliau menciptakan alat ini dengan modal $ 30 juta dolar atau sekitar Rp 426 miliar

Alat ITIND555 telah tersedia di Israel, Uni Eropa, Eropa, Amerika Serikat, Kanada dan China.

Youtube : Israel Meditate

3]. ProArc Medical

ProArc Medical adalah perusahaan alat medis asal Israel yang memproduksi perangkat pembedah operasi non-invasif untuk benign prostatic hyperplasia.

Alat ini disebut ClearRing ProArc. Bermanfaat sebagai pembentukan kembali prostat dengan memperluas area terhambat sambil menjaga lancarnya jalan aliran urin. ClearRing dibuat dengan bahan implant disebut nitinol.


Youtube : Israel ProArc Medical

4]. Nucle AI

Nucle AI menerapkan kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) untuk mengekstrak informasi medis dan laporan patologi agar dicocokkan kepada tiap masing-masing pasien karena tiap orang berbeda-beda perawatan BPH.

Nucle AI menciptakan kedokteran presisi sehingga dokter dan AI berkerjasama mencari struktur pengobatan penyakit berpresisi tinggi dan mendukung analisis kesehatan rekam medis, data genomik menjadi lebih baik untuk masing-masing individu.

Apabila dokter salah membaca data, maka salah pula tindakan perawatan pengobatannya. Untuk itulah Nucle AI hadir membantu.



5]. Butterfly Medical

Dari sekian pembahasan. Butterfly Medical termasuk golongan upgrate teknologi terbaru. Didirikan pada tahun 2014 oleh professor doktor Yehuda Bachar dari universitas Tel Aviv, Israel. Beliau berpengalaman 15 tahun di bidang industri kesehatan.

Alat telah tersedia digunakan di Israel dan Uni Eropa sebagai pasar ujicoba pertama.

Hasil menunjjukan bahwa pasien sembuh beraktivitas normal kembali dan dokter dari berbagai negara Uni Eropa senang dengan perangkat produk Butterfly Medical ini.

Butterfly Medical saat ini sedang mencoba mendapatkan persetujuaan di Amerika Serikat agar produk terjual dan digunakan di berbagai rumah sakit AS. 


Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU