Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Bisnis Pekerjaan Menghasilkan Uang Pasif Income Ketika Tidur (2019)


Berikut 8 Bisnis Pekerjaan Menghasilkan Uang Pasif Income Ketika Tidur


1]. Membuat Perusahaan Sendiri

Menciptakan perusahaan sendiri dengan manajemen baik dapat membuat seseorang pasif income.

Contoh seperti mendirikan perusahaan pijat terapi, perusahaan bimbingan belajar, perusahaan cuci mobil, perusahaan pengecoran besi, perusahaan salon kecantikan, perusahaan perdagangan, dll.  

Manajemen dan karyawan anda mengurus semuanya walaupun anda sedang tidur terlelap. Namun kelemahan bisnis ini dikenal cukup rawan. Pada awalnya anda terlibat secara langsung bekerja keras namun ketika perusahaan telah menjadi handal dan terkenal, semua berjalan secara otomatis menghasilkan uang ketika anda sedang terlelap.

2]. Penyewaan 

Bisnis penyewaan tak melulu tentang properti rumah, kos-kosan, ruko, tanah dan apartement. Tapi dapat berupa sewa mobil dan motor.

Biaya sewa dibayar secara harian, bulanan dan tahunan kepada sang pemilik yang sedang tidur.

Kelemahan bisnis penyewaan membutuhkan modal besar dalam membeli atau membangun tempat tersebut. Jika orang-orang ramai menyewa maka pemilik menjadi untung, keadaan terjadi sebaliknya jika keadaan sepi maka buntung. Bahkan tak ayal sang pemilik terjebak dilema utang di bank hingga miliaran rupiah.

Oleh sebab itu, mengapa kita sering melihat ada begitu banyak rumah di segel oleh pihak polisi/bank karena kasus terjerat utang.

3]. Deposito / P2P Lending


Deposito dan P2P Lending merupakan 2 hal yang sama. Jika deposito secara tradisional melalui Bank. Maka P2P lending diterapkan secara digital menggunakan situs website seperti Koinworks.com, Modalku.co.id, investree.id, dll.

Misalkan anda memiliki uang Rp 100.000.000 juta nganggur. Anda investasikan di koinworks.com, maka dalam waktu 1 tahun anda mendapatkan pendapatan bunga sebesar Rp 19.000.000 juta rupiah tanpa perlu bekerja hanya tidur saja.

Saat ini diseluruh dunia. P2P Lending merupakan investasi dengan perkembangan pesat.

Ada banyak miliarder menginvestasikan beberapa portofolio di P2P Lending dan di Bank dengan suku bunga tinggi untuk mendapatkan penghasilan compound interest.

Ngomong-ngomong, selain menimbun emas, membiakan real estate dan menimbun saham.

Compound interest di deposito dan P2P tak terbantahkan merupakan salah satu instrument bisnis investasi paling disukai oleh miliarder.

Kelemahan bisnis ini membutuhkan modal besar. Deposito & P2P takkan berdampak apabila modal kecil.

4].  Investasi Emas / Tanah

Harga emas selalu meningkat setiap tahun. Pada tahun 2009. Harga emas 1 gram berada di posisi Rp 320.000. Sementara pada tahun 2019 menyentuh pada level Rp 750.000.

Harga tanah juga selalu meningkat setiap tahun. Hanya saja tiap lokasi berbeda-beda kondisi.

Bila 10 tahun lalu harga tanah Rp 1 miliar. Maka beberapa orang menjual di harga Rp 2 miliar.

5]. Penciptaan Produk / Hak Paten / Royalti
ilmuwan.jpg (450×295)

Jika teman-teman yang memiliki keahlian ilmu pengetahuan di bidang tertentu seperti seni, musik, video dan buku. Maka dapat berkerjasama dengan penerbit untuk dijual karya tersebut dengan imbal hasil berupa royalti.

Nah, di bidang komersial. Bagi anda yang ahli menciptakan produk. Contoh seperti menciptakan kosmetik, makanan snack, makanan olahan, dll. Dapat berkerjasama dengan perusahaan lain untuk menjual produk tersebut melalui izin pihak perusahaan lain dengan hak lisensi. 

Begitu pula dengan hak paten.

Bagi anda bergelar professor doktor atau ilmuwan sains dapat menciptakan sebuah hak paten seperti obat-obatan dan teknologi canggih.

6]. Sarang burung wallet

Dari semua jenis bisnis perternakan yang ada. Seperti babi, kambing, ayam, ikan dan sapi.

Kita diwajibkan ikut terlibat secara langsung dalam proses pembesaran, pembiakan, penggembalaan dan perawatan. 

Indonesia merupakan habitat alami sarang burung wallet. Pada tahun 2018 saja tercatat ekspor mencapai Rp 40 triliun rupiah.

Perawatan walet berbeda dari semua hewan. Karena dilepas begitu saja ke alam liar, mencari makan sendiri dan bertelur sendiri.

Kelemahan bisnis ini yaitu membutuhkan modal besar untuk membangun rumah setara gedung 5 lantai. Termasuk membeli perangkat sound system dan pompa air otomatis.

Jika ada banyak walet menginap di gedung tersebut maka keuntungan besar mengalir setiap bulan walaupun anda sedang tidur.

Tak jarang ada pula orang rugi di bisnis sarang burung wallet karena hanya 1 atau 2 ekor saja burung hinggap. Sehingga tak dapat menutup balik modal.

Bisnis sarang burung wallet kebanyakan ada di pulau Kalimantan. Karena disana air tawar & pepohonan hutan liar begitu melimpah.

7]. Waralaba / Franchise

Ada banyak jenis waralaba / Franchise di Indonesia. Mulai dari yang terkenal hingga di pinggir jalan.

Bagi teman-teman yang belum tahu. Franchise adalah hubungan kerjasama antara pihak satu dengan pihak lain untuk memanfaatkan dan menggunakan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Salah satu merek brand terkenal di Indonesia adalah Indomaret, Pizza hut, Alfamart, McDonalds, KFC Fried Chicken, dll.

Syarat untuk bermitra. Teman-teman mesti memiliki area tanah lokasi milik sendiri yang ramai dilalui oleh banyak orang dan memiliki modal untuk membeli sistem waralaba tersebut yang dimana tentu saja tak murah.

8]. Saham
Deviden.jpg (732×370)


Saham merupakan bisnis global internasional.

Dalam istilah saham ada yang kita sebut dengan Deviden.

Deviden adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyak saham dimiliknya di sebuah perusahaan terdaftar dalam bursa efek.

Penghasilan deviden tergantung berdasarkan jumlah kepemilikan saham dan seberapa tangguh perusahaan tersebut meraih laba. Jika perusahaan itu untung maka pemilik saham ikut ketiban rejeki. Jika perusahaan itu merugi maka pemilik saham ikut buntung.

Ada begitu banyak orang meraih pasif income hanya dari saham. Sekalipun mereka tak bekerja keras membanting tulang.

Namun investasi portofolio perusahaan yang mereka pilih membiayai seluruh kebutuhan hidup keluarganya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU