Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Drone Dome : Teknologi Anti Drone Bersenjatakan Laser Sang Kubah Penjaga Iring Iringan Konvoi dari Serbuan Drone Bermusuhan (2019)


Hari ini drone dapat beli dimana-mana. Baik di toko online maupun toko offline. Kebanyakan drone sipil tersebut berasal dari produk buatan China.

Banyak orang membeli drone sebagai kebutuhan hobi, fotografi dan bisnis.

Namun beberapa pihak lain menggunakan sebagai aktivitas untuk menggangu penerbangan bandara pesawat terbang, mengganggu berbagai event, kegiatan mata-mata, penyeludupan narkoba, temasuk menyerang presiden seperti pernah terjadi di Venezuela.

Dominasi penjualan manufaktur drone sipil pada tahun 2019 dikuasai oleh China dengan market share sebesar lebih dari 74%.


Siapa saja orang tentu dapat membeli drone sipil. Termasuk terrorist.

Nah, apabila drone mainan tersebut diikat dengan bom dan hulu ledak IED. Maka lengkaplah sudah sebuah senjata mematikan dari mainan drone. 

Kawasan Timur Tengah merupakan ajang pembuktian bagaimana drone mainan berubah menjadi drone kamikaze yang telah mematikan banyak orang.

ISRAEL DRONE DOME 

Drone Dome adalah teknologi inovatif yang dirancang oleh perusahaan BUMN militer milik pemerintah Israel Rafael Advanced Defense System untuk membentuk kubah perisai pelindung 360 derajat.

Sehingga memberikan pertahanan udara terhadap serangan penerbangan anti drone sipil pengangguan atau pengancam.

Drone Dome diciptakan pertama kali pada tahun 2016. Beberapa negara seperti Peru, Brazil, Argentina, United Kingdom (Inggris), dll. Telah membeli teknologi ini untuk keperluaan pertahanan udara dari ketakutan ancaman bahaya drone sipil.

Cara kerja sistem ini 100% serba otomatis. Kru atau tentara tak perlu lelah menatap ke langit atau harus mengejar drone bermusuhan tersebut.  

Sistem end to end memberikan cakupan deteksi sejauh diameter 6 km. Teknologi memindai langit angkasa menggunakan 4 radar.

Ketika drone ditemukan atau terlacak. Sistem memulai menyerang secara softkill jammer elektronik RF dengan cara memutus komunikasi remote control tersebut dan mengambilalih dari majikan pemilik drone.

Drone+UAV.jpg (746×499)

Kru dapat memilih 3 skenario apakah drone diambil alih dengan mendaratkannya ke tempat yang diinginkan atau dijatuhkan menuju ke darat dengan kecepatan tinggi hingga rusak atau sebuah istilah yang biasanya disebut sebagai ‘back to home’  

Peralatan drone dome dirancang pula untuk mendeteksi keberadaan pemilik operator majikan drone dimana ia bersembunyi sehingga dapat ditangkap.

Burne mengatakan :

Sistem frekuensi pendeteksian dapat mendeteksi hingga 20 km jauhnya dan memberikan radius besar untuk melihat mesin drone drone. Dengan mengidentifikasi sinyal dari drone. Pihak berwenang dapat mengetahui segalanya tentang drone dan keberadaan operatornya. Sahutnya.


Teknologi ini portable. Mudah diatur dan mudah dibawa kemana-mana menggunakan mobil truck seperti Ford ranger atau kendaraan lainnya untuk melindungi iring-iringan konvoi militer atau kepresidenan.

perisai+drone.jpg (751×394)

Untuk aplikasi seperti lapangan sepak bola, pusat pemerintahan, pusat keramaian, lapangan bandara pesawat, tempat ibadah, pelabuhan dan aset infrastruktur penting lainnya.

4 Radar dapat dilepas pasang kemudian ditempatkan pada tiap sudut bangunan.


BERSENJATAKAN LASER
 senjata+laser+israel+thor.jpg (751×366)

laser+israel+thor.jpg (640×360)
Foto : Israel Thor Laser
Tak semua drone dapat ditanggulangi dengan Drone Dome. Seperti drone berkemampuan AI, berkelas militer seperti dari Zala Aero Rostec, Drone berkemampun anti radition, drone bergerombolan ala swarm dan berbagai drone mahal buatan perusahaan militer agak sulit dilawan ketimbang drone sipil.

Pihak perusahaan hanya mengklaim mampu dengan mudah melumpuhkan produk Drone DJI buatan China. Karena itu terbanyak dijual diseluruh dunia.

Oleh sebab itu melawan ancaman drone berkemampuan kelas militer.

Maka tembak saja pakai laser atau senapan mesin RCWS.

Drone Dome terintegrasi dengan senjata laser Thor, Laser Lite Iron Beam dan RCWS Pitbull. Tetapi paket produk tersebut terpisah dengan harga tersendiri.

Youtube : Israel Drone Dome

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU