Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gabriel5 : Rudal Penghancur Kapal Perang Generasi ke 5 Israel (2019)


Keberadaan rudal Gabriel V belum dikonfirmasikan secara spesifik oleh pemerintah Israel.

Namun pada tahun 2018. Perdana menteri Israel dan menteri pertahanan Israel telah memperkenalkan foto dari moncong rudal peluru kendali penghancur kapal ini ke khalayak internasional.


Tak tanggung-tanggung.

Negara Finlandia merupakan pelanggan pembeli pertama meminang rudal Gabriel5 dengan mahar senilai $ 622 juta dolar atau sekitar Rp 8,8 triliun rupiah pada tahun 2018 yang lalu.

Terpilihnya Gabriel5 untuk angkatan laut Finlandia secara tegas mengalahkan lawan saingan seperti Exocet MBDA (dari Ferancis, Uni Eropa), Harpoon (dari Amerika Serikat) dan RBS15 (dari Swedia, Uni Eropa) dan NSM Kongsberg (dari Norwegia).

Joseph Weiss dari Israel mengatakan :

Kami bangga menyambut kesepakatan pertama dari negara benua Eropa tentang pembelian sistem rudal buatan Israel Aerospace Industries ke Finlandia. Kontrak ini adalah pertama dan strategis bagi kami di Eropa sebagai terobosan signifikan dalam operasi kami di bidang ini. Pemerintah Finlandia tentu memilih kami setelah meninjau secara mendalam terhadap beberapa tawaran pesaing. Proses terpilihnya kami membuktikan kemampuan teknologi dan sistem kami merupakan pemimpin global dalam kategori rudal. Sahutnya.

Pembuatan rudal Gabriel5 di kerjakan di negara Israel. Pengiriman rudal selesai tahun 2019-2025 untuk kemudian diserahkan ke Finlandia.

Tentang Rudal Gabriel 5

Rudal Gabriel 5 dikembangkan pertama kali pada tahun 2008 untuk menggantikan rudal Gabriel 4.

Membutuhkan waktu 10 tahun pengembangan, penelitian, riset R&D untuk menciptakan generasi ke 5 sehingga selesai secara resmi pada tahun 2018.

Seperti diutarakan diatas.

Pemerintah Israel tak menjelaskan spesifikasi mendetail kepada publik dan berapa kisaran harga perunit-nya. Namun pemerintah Finlandia membocorkan tentang beberapa spesifikasinya.

Kisaran jangkauan tembakan Gabriel 5 sama persis seperti Gabriel 4. Yaitu 200 km.

Namun sistem-sistem elektronik, radar, sensor, multi spectra seeker, pencari elektro optic, algoritma, kekebalan menghadapi lingkungan peperangan elektronik, keunggulan pertahanan soft hard kill tergolong baru.

Gabriel 5 dirancang untuk menjadi lebih unggul dalam hal pencari radar aktif dan kontrol senjata untuk mengoptimalkan keakuratan dan efektivitas pertempuran membasmi target kapal perang musuh.

Sistem pertahanan elektronik ECCM nya mampu menghindari dan membalas gangguan ganggun sinyal serangan palsu yang kompleks di medan perang yang dilancarkan oleh musuh. Seperti jamming, chaff, decoy dan counter countermeasures lainnya.

Rudal Gabriel V dibangun dengan 100% komponen buatan gabungan perusahaan-perusahaan teknologi militer Israel. 

Bahkan termasuk mesin jet engine. Diciptakan oleh Bet Shemesh asal Israel.


Harpoon Amerika Serikat dan Gabriel Israel


Youtube : Rudal Harpoon di angkatan laut Israel 

Orang-orang Israel diketahui sejak lama tak senang dengan produk senjata asing numpang nebeng di alustista militernya.

Terutama produk Harpoon buatan Amerika Serikat.

Sejak lama Israel sudah memutuskan membuat versi rudal antiship Gabriel buatannya sendiri dengan lebih baik secara mandiri dengan persyaratan settingan teknis milik perancang ilmuwan dan insinyur Israel sendiri.

Jika ada persenjataan yang belum sanggup dibangun secara lokal di Israel.

Israel memodifikasinya terlebih dahulu. 

Namun jika Israel telah sanggup memproduksi sendiri. Maka, negara Zionis berusia 70 tahun ini kemudian menyingkirkannya untuk kemudian diganti dengan produk senjatanya sendiri.

Gabriel merupakan salah satu contoh bagaimana Israel ingin menghapus jajaran produk rudal Harpoon milik Amerika Serikat.

Itulah inti sifat orang-orang Israel.   

Satu hal yang menarik bahwa angkatan laut Israel masih menggunakan rudal Harpoon buatan perusahaan Boeing, Amerika Serikat untuk persenjataan-persenjataan kapal perang kelas Sa’ar milik Israel.  

Sejak tahun 2014. Pemerintah Israel sudah tak lagi memutuskan untuk membeli rudal anti kapal dari Amerika Serikat.

Tetapi mengingat stok Harpoon milik Israel masih banyak dan masa pensiun Harpoon masih lama.

Sebagai gantinya perlahan-lahan pemerintah Israel menggunakan produk sendiri ‘made by Israel’ untuk menuju kedaulatan kemandirian alustista militer 100% untuk 100 tahun kedepan tanpa perlu membeli sepeserpun senjata dari Amerika Serikat.

Spesifikasi Gabriel 5



Berikut spesifikasi rudal Gabriel 5 menurut bocoran informasi pemerintah Finlandia.

Jarak tembak : 200 km

Teknik serangan : Sea Skimming

Fitur anti jamming : Iya, tersedia

Kemampuan menembus cuaca buruk : Iya.

Seeker : Active radar seeker

Navigasi : GPS/INS

Panjang : 5,5 meter

Berat : 1.250 kg

Kecepatan : 800 km/jam

Tambahan informasi. Rudal Gabriel generasi I, II, III & IV telah terjual keberbagai negara seperti Brazil, Taiwan, Thailand, Africa Selatan, Singapura, India, Meksiko, Kenya, Ekuador, Chile, dan lain lain.

Pelanggan menyukai senjata rudal buatan Israel karena tersedia label yang sulit ditandingi oleh banyak negara.

Yaitu adanya label prestasi gemilang ‘BATTLE PROVE’.

Youtube : Angkatan Laut Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU