Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedang Laser Senjata Pertahanan Perisai Terbaru Israel (2020)


Dibenci oleh lebih dari sekitar 1.500.000.000 miliar umat.

Hidup dalam kepungan berbagai negara-negara Arab yang memusuhinya di Timur Tengah.

Sejak 1 hari di awal pendirian kemerdekaan Israel.

Negara Israel telah menerima berbagai serangan rudal & roket mematikan dan berbagai macam peperangan ganas bertubi-tubi yang bermaksud dengan tujuan cita-cita utama yaitu ingin memusnahkan negeri para kaum Yahudi Zionis ini.

Namun 72 tahun telah berlalu. Israel nampaknya masih terlihat berdiri tegak.

Israel kini bukan bertindak dengan sikap perbuatan yang cengeng atau mengelus-ngelus meminta belaskasihan dari musuhnya.

Siksaan keras, ancaman pembantaian, peperangan tragis masa lalu yang dialami oleh Israel justru memunculkan sifat mutasi tersendiri menjadikan lebih kuat bersama angkatan bersenjata Israel Defense Force (IDF).  

Setiap hari keterampilan ilmuwan, professor & insinyur Israel terus mencari langkah, teknik, inovasi dan strategi untuk mempertahankan negaranya dan melindungi orang-orang Yahudi dari berbagai ancaman dengan menciptakan banyak senjata canggih dan inovasi perlindungan modern futuristik lainnya.

PEDANG LASER 

Pada Januari 2020. Pemerintah Israel memperkenalkan senjata ‘Sword Laser’ atau pedang laser.

Sistem dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap negara Israel dari ancaman seperti rudal, roket, mortal, artileri, pesawat drone, bahkan hingga rudal balistik berkecepatan tinggi.

Senjata laser ini segera melengkapi perisai pertahanan udara multilapis terdiri dari senjata Trophy, Iron Dome, Barak8, David Sling, dan Arrow.


Iron+Dome.jpg (748×432)
Foto : Iron Dome
Sword Laser bukan untuk menggantikan Iron Dome. Melainkan sebagai pelengkap untuk mengatasi kekurangan akurasi Iron Dome.

Dimana 10% dari 90% pencegat Iron Dome diantaranya kebobolan.

Iron Dome dinilai tak sanggup menghandle apabila musuh menembakkan rentetan ratusan ribu rudal tembakan skala besar dalam satu waktu.

Belum ada laporan nama resmi untuk senjata laser ini. Karena masih menjalani pengujian hingga beberapa tahun mendatang. Diperkirakan beroperasi penuh pada 2025. Sebelumnya disebut IRON BEAM.

Generasi senjata laser milik Israel sebelumnya disebut THOR LASER untuk penggunaan membakar ranjau darat. 

Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Rusia, China, Turki dan kumpulan negara-negara Uni Eropa melalui perusahaan Rheinmetall turut pula mengembangkan senjata laser. 

Sedangkan, Pemerintah Israel diketahui telah meneliti & mengembangkan penggunaan & senjata laser sejak 30 tahun yang lalu dari pembelajaran peningkatan blueprint ilmu pengetahuan yang diberikan oleh ilmuwan Yahudi Albert Einstein. 

Catatan rumus fisika Einsten, special tersimpan dan dijaga ketat hanya ada di universitas-universitas Israel & Technion mengenai relativitas kosmik & ilmu cahaya yang terdiri dari partikel partikel kuantum yang disebut foton. Dimana materi ini diketahui memancarkan tembakan energi yang mampu memotong, merusak, membakar dan menghancurkan.

Penggunaan Laser tak hanya digunakan oleh Israel dibidang militer saja.

Israel adalah salah satu pemimpin dunia dalam teknologi laser untuk penggunaan sipil dan kedokteran. Seperti Lumenis, Venus Velocity, Alma Laser, Fighting Treetop, Hil Applied Medical, Zmed Laser, Ariel Photonics, Maradin Laser Scanning, Amsys, Raicol Crystals, Bird Aerosystem, Ophir Optronics, Mediclase, Belkin Laser, Civan high power laser, dan masih banyak lagi.

Yaniv Rotem mengatakan :

Dimasa depan terobosan teknologi ini menjadikan Israel menambakan laser yang sangat kuat sebagai solusi untuk mengagalkan roket, peluru mortar, rudal antitank, drone dan segala ancaman yang terbang di ketinggian rendah. Sahutnya.


KEUNGGULAN SENJATA LASER ISRAEL

Berbeda terhadap senjata laser milik pesaing asal Amerika Serikat yang diinstal pada kapal perang USS Ponce dengan menggunakan laser berbahan tambahan zat kimia. Itu hanya dapat menembakkan perahu-perahu kecil saja.  

Senjata laser buatan Israel dikategorikan menggunakan 100% berbasis listrik tanpa kimia. 

Listrik sama persis digunakan oleh banyak rumah tangga di Israel yang terkoneksi dengan IEC Israel Electric Corporation. Sehingga menjadikan senjata ini memiliki amunisi unlimited tanpa batas.

Sekali tembak intersepsi pembakaran membutuhkan biaya $ 3,5 dolar atau sekitar Rp 50.000 - Rp 60.000 ribuan saja.

Sebagai perbandingan terhadap Iron Dome. 

1 unit rudal berkisar di harga Rp 500.000.000 – Rp 600.000.000 juta rupiah. 

Senjata laser tak menggeluarkan bunyi berisik. 

Berkecepatan cahaya, 1.079.200.000 km/jam dan begitu akurat. 

1 detik target terarah tertembak. 

Secara teori. Takkan ada satupun lolos dari kecepatan laser termasuk rudal hipersonik sekalipun..

Starliner+israel+drone.png (743×477)
Foto : Pesawat Drone Starliner buatan Israel
Dimasa depan, pemerintah Israel berharap menginstal senjata laser tersebut dikombinasikan dengan teknologi sistem presisi elektro optik Sky Spotter berbasis AI artificial intelligence. 

Dan kelak diinstal kepada armada bersifat platform mobile seperti pesawat drone Super Heron, drone Eitan dan drone Starliner. Termasuk angkatan darat IDF seperti kepada tank Eitan, truck dan tank Namer untuk membelah & membakar senjata-senjata musuh. 

Satu satunya kekurangan senjata laser adalah hamburan energi dan gangguan cuaca seperti badai pasir dan awan.

Semakin jauh jarak tembak target maka kekuatan energi laser menjadi berkurang secara drastis.

Sehingga batas optimal kekuatan tembakan senjata laser berada dikisaran 2 kilometer saja.

Teknologi senjata laser ini diciptakan oleh perusahaan Elbit System, Rafael Advanced Defense System, IMOD dan berkerjasama dengan kumpulan-kumpulan universitas di Israel dan gabungan perusahaan-perusahaan industri teknologi Israel lainnya. 



Juru bicara pemerintah Israel mengatakan :

Teknologi ini memungkinkan pengembangan sistem operasional yang sangat efektif berfungsi sebagai lapisan pertahanan tambahan untuk mengamankan negara Israel melalui udara, darat dan laut. 

Investasi penelitian dan pengembangan R&D yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir telah menempatkan Israel sebagai negara terkemuka di bidang laser berenergi tinggi. 

Selama berperang, pada suatu titik stok rudal akan habis, berbeda dengan dengan senjata ini, selama anda memiliki listrik, anda memiliki persediaan yang tidak pernah berakhir. Sahutnya. 



Menteri Pertahanan Israel, Naftali Bennett menambahkan :

Teknologi laser membuat keamanan lebih mematikan, lebih kuat dan lebih maju. 

Musuh-musuh Israel sebaiknya tidak perlu menguji tekad atau kemampuan kita. Sahutnya. 

Youtube : Senjata laser Israel

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU