Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Industri Produsen Pesawat Terbang Sipil Terbesar di Dunia (2020)


Hanya ada sedikit negara sanggup dan piawai memiliki industri pesawat terbang. Alasannya tentu saja karena proses pengerjaan rumit, biaya modal tinggi dan membutuhkan skill SDM mumpuni.

Dalam sejarahnya ada banyak negara dan perusahaan berlomba-lomba berusaha menjadi produsen pesawat terbang sipil. Namun banyak diantara mereka gagal dan bangkrut karena kalah bersaing. Sebut saja Fokker, Partenavia, Vulcanair, dan masih banyak lagi.  

Beberapa diantara yang lain mesti menyerah melambaikan bendera putih dan rela diakuisisi atau dicaplok oleh perusahaan produsen pesawat terbang sipil yang lebih besar. Seperti CASA, Beechcraft, ATR, Neiva, Dassault Aviation, dll.

BOEING asal Amerika Serikat dan AIRBUS asal Uni Eropa merupakan raksasa terbesar di bidang ini. Pada tahun 2018 saja. BOEING mengklaim sejak 9 April 1967 telah memproduksi sebanyak 10.375 unit pesawat sipil dari berbagai jenis model.

Seperti yang kita tahu. Produsen burung besi untuk kalangan sipil komersial kini tinggal sedikit bahkan dapat dihitung dengan jari karena ketatnya persaingan.

Berikut diantaranya :

1]. Mitsubishi 




Asal : Jepang 23px-Flag_of_Japan.svg.webp (23×15)

Kategori : Publik swasta (82.000 karyawan)

Banyak orang mengira Mitsubishi hanya memproduksi motor dan mobil saja. Padahal merupakan multinasional teknik asal Jepang yang menciptakan berbagai macam perangkat, peralatan, teknologi, elektronik. Termasuk pesawat terbang sipil tipe MRJ berkursi 80 orang penumpang.

2]. General Dynamic Gulfstream

Asal : Amerika Serikat 23px-Flag_of_the_United_States.svg.webp (23×12)

Kategori : Publik swasta (35.000 karyawan)



Gulfstream merupakan anak perusahaan General Dynamic. Fokus memproduksi pesawat terbang untuk kalangan elit, kemewahan, jet bisnis dan pemerintahan.

3]. Dirgantara Indonesia

Asal : Indonesia 23px-Flag_of_Indonesia.svg.webp (23×15)

Kategori : BUMN milik pemerintah Indonesia (4.400 karyawan)



Industri pesawat terbang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. Didirikan oleh seorang founder jenius berotak cerdas, presiden & professor doktor BJ Habibie yang disebut sebagai bapak teknologi Indonesia. Produk PT.DI adalah N219 Nurtanio dan CN-235.

4]. Aviation Industry Corporation Of China

Asal : China 23px-Flag_of_the_People%27s_Republic_of_China.svg.webp (23×15)

Kategori : BUMN milik pemerintah China (535.000 karyawan)



Produk utamanya adalah Comac C919. Dibangun oleh pemerintah komunis China untuk mengalahkan dominasi Airbus Uni Eropa dan Boeing Amerika Serikat. Namun sejauh ini menurut catatan Flightglobal. Produk C919 tak laris dimata internasional. Kebanyakan pesanan pembelian adalah dari pemerintah China itu sendiri untuk kebutuhan lokal dan industri swasta lokal.

5]. Airbus EADS

Asal :Uni Eropa 23px-Flag_of_Europe.svg.webp (23×15)

Kategori : Publik swasta (133.000 karyawan)



Airbus EADS adalah produsen pesawat komersial sipil berkantor pusat di Ferancis tetapi memiliki pabrik diberbagai negara-negara Uni Eropa. Airbus dimulai pertama kali dengan maksud tujuan utama untuk menandingi perusahaan Amerika Serikat, Boeing.

6]. Boeing

Asal : Amerika Serikat 23px-Flag_of_the_United_States.svg.webp (23×12)

Kategori : Publik swasta (156.000 karyawan)



Boeing adalah perusahaan kedirgantaraan pesawat sipil terbesar dan terlaris di dunia. Sebagai eksportir dengan proses manufaktur diketahui fasilitas pabriknya sanggup mempercepat pembuatan pesawat terbang untuk mengejar target dalam waktu cepat yang tak tertandingi. Tak terbayangkan dalam waktu 1 tahun saja, karyawan Boeing sanggup produktif berkerja bikin sebanyak lebih dari 500 unit pesawat terbang.

7]. Rostec

Asal : Rusia 23px-Flag_of_Russia.svg.webp (23×15)

Kategori : BUMN milik pemerintah Rusia. (453.000 karyawan)



Rostec menciptakan 2 jenis merk pesawat terbang sipil yaitu Sukhoi superjet100 dan MC-21. Rencana awal ingin mengalahkan dominasi Airbus Uni Eropa dan Boeing Amerika Serikat. Tetapi rentetan peristiwa buruk seperti sering terjatuhnya produk ini membuat Rostec masih kesulitan menggaet pelanggan internasional. Di Indonesia saja. Tipe pesawat Superjet100 mengalami kecelakaan buruk menabrak tebing gunung Salak dengan menewaskan seluruh penumpang. Tak berhenti berputus asa. Rusia terus mencoba menggoda dunia dengan produk MC-21 berkapasitas penumpang 300 orang dengan jarak tempuh 5.000 km.

8]. Israel Aerospace Industries

Asal : Israel 21px-Flag_of_Israel.svg.webp (21×15)

Kategori : BUMN milik pemerintah Israel (20.000 karyawan)



Didirikan oleh presiden Shimon Peres pada tahun 1953. IAI mengkonversi dan memodifikasi pesawat sipil tua bekas pakai menjadi pesawat kargo baru untuk membawa dan mengangkut barang belanjaan online melalui layanan udara. Sejauh ini IAI telah memproduksi sebanyak 1.500 unit pesawat sipil kargo ke seluruh dunia dan menjadi pemimpin dunia dibidang pesawat kargo. Walaupun sebagai spesialis pesawat kargo namun tersedia pula beberapa kursi untuk penumpang berbiaya murah asalkan pengen duduk berdesak-desakan dengan berbagai macam jenis barang dari perusahaan pengiriman dan logistik.

9]. Bombardier

Asal : Kanada Kanada.jpg (21×11)

Kategori : Publik swasta (68.000 karyawan)



Bombardier berkantor pusat di Kanada merancang dan membuat tipe pesawat untuk keluarga kaya, pesawat bisnis dan pesawat misi khusus yang menetapkan efesiensi, kenyamaan dan keselamatan.


10]. Embraer

Asal : Brazil 22px-Flag_of_Brazil.svg.webp (22×15)

Kategori : Publik swasta (19.000 karyawan)



Embraer menciptakan pesawat komersial transpotasi turboprop, pesawat bisnis dan pesawat bermesin jet untuk 122 kursi penumpang.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU