Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Artileri Presisi Canggih Berbelok Israel (2020)


Pada awal sebelum tahun 1950. Artileri adalah senjata paling mematikan di dunia.

Sebagian besar kematian prajurit dan kehancuran infrastruktur disebabkan oleh serangan artileri.

Dalam sejarah pertempuran kuno. Artileri disebut sebagai ketapel atau catapult dengan cara melemparkan batu atau proyektil berbalut bahan bakar api ke target musuh.  

Di abad modern melalui perkembangan kecanggihan teknologi persenjataan seperti rudal balistik, roket dan rudal berpresisi. Peranan artileri tetap tak tergantikan.

3 sistem artileri presisi canggih milik Israel : 

Senjata artileri masih dibutuhkan hingga saat ini oleh Israel. Karena kehandalan sifat berpenggerak mobile, daya hancur, dan keefektifan biaya.

Roket cerdas dan rudal canggih berpandu presisi merupakan cara terbaik untuk menyerang musuh.

Tapi itu harganya mahal dan tak mungkin bisa mengalahkan musuh apabila jumlah infrastruktur militer target lawan ada jutaan sampai ratusan juta unit.

Pengalaman pelajaran penting berharga tentang arti sebuah artileri telah didapat oleh Israel sejak 1948. Dalam berbagai peperangan seperti perang 6 hari, perang Sinai, perang Golan, perang atrisi, perang Yom Kippur dan sebagainya.

Sistem artileri M109 Doher dan Paladin milik Amerika Serikat yang kuat dan akurat telah berjasa melindungi negeri Bintang Daud selama lebih dari 71 tahun.

Terima kasih diucapkan untuk Paman Sam negerinya presiden Donald Trump. Satu-satunya sekutu Israel tak ada negara lainnya selain Amerika Serikat. Begitu sahut pemerintah Israel.

Israel memiliki M109 Doher sebanyak 600 unit dan beberapa howitzer yang ditingkatkan.

Pada tanggal 27 Maret 2019. Pemerintah Israel secara bertahap telah beralih ke produk produksi lokal sistem senjata buatan dalam negeri dan mulai perlahan-lahan meninggalkan produk senjata buatan Amerika Serikat.

Tak hanya itu saja. Israel turut pula menjual senjata artileri kepada dunia internasional bersaing merebutkan perdagangan pasar senjata melawan negara-negara besar lainnya.

Dengan produk cap label ‘Battle Proven’. Menjadikan produk senjata artileri milik Israel semakin laris di pasaran dan sulit ditandingi karena teruji di medan perang.

Berikut informasi senjata artileri dan mortal canggih buatan Israel.

1]. ATMOS



Jarak tembak : 40 km

Buatan : Elbit System, Israel.

Dengan kombinasi kit TOPGUN dari Israel Aerospace Industri. Jika diperlukan. Tiap proyektil sanggup melibas target bergerak dari jarak jauh dengan menghubungkan ke digital komputerisasi dan navigasi yang terhubung dan dapat dimonitor sehingga tembakan dapat berbelok arah.

ATMOS atau Autonomous truck mounted howitzer system dengan ukuran dimensi 155 mm cocok digunakan di medan perang, respon cepat, bergerak dan mudah beradaptasi.

Atmos dilengkapi dengan fire control computers (FCC), muzzle velocity radar (MVR), target acquisition system (TAS) dan inertial navigation system (INS).

ATMOS dioperasikan oleh 6 tentara. Tingkat tembakan adalah 5 tembak per menit.

2]. ATHOS


Jarak tembak : 40 km

Buatan : Elbit System, Israel.

Athos adalah artileri tarik.


Tampil efesien karena beberapa sistem telah terotomatisasi.  Dalam waktu 30 detik sanggup memuntahkan 3 kali proyektil.

3]. SPEAR


Jarak tembak : 7 km

Buatan : Elbit System, Israel.

Spear dioperasikan oleh 3 tentara. 

Marketing brosur pemasarannya tertulis moto : DRIVE, STOP, SHOOT dan SOOT.

Dalam waktu 1 menit. SPEAR sanggup memuntahkan 15 kali proyektil.

Semua jenis mobil tempur dan semua merk truck sipil dapat menginstal SPEAR.

Tentang Elbit System :
Israel+Atmos+Artileri.jpg (624×416)


Elbit System adalah perusahaan publik swasta teknologi persenjataan terbesar ke 2 di Israel. Tetapi 50% saham dikendalikan, dipegang dan dikuasai oleh pemerintah Israel.

Elbit System memiliki karyawan sebanyak 22.500 orang. 

Perusahaan berlokasi markas di padang pasir Negev, Israel dengan direncanakan segera pindah tahun 2030 ke tempat dengan luas seluas 7,5 km x 7,5 km. (Pemindahan kantor  & pabrik ditunda dari 2024 menjadi 2030)

Elbit System memproduksi pesawat tempur tanpa awak drone, teknologi elektronik, data link, sistem komunikasi, radio militer, control commando, C4ISR, pengawasan intelijen, turret lapis baja, kapal perang tanpa awak, electronic weapon, komputer militer, artileri, sensor bawah laut, helm tempur, sistem avionic, cyber, kacamata malam, simulator, bom, UGCV, tank, dan banyak lagi.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU