Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Negara Yang Hilang, Meluas dan Merger (Bergabung) di Abad Modern (2020)


Dunia tempat kita tinggal saat ini ada banyak negara dari berbagai suku dan bahasa.

Jumlah negara semakin hari nampaknya semakin menyusut.

Walaupun ada pula negara yang memutuskan memisahkan diri. Seperti kejadian Brexit atau keluarnya Inggris (United Kingdom) dari Uni Eropa pada tahun 2019 yang lalu telah banyak mengubah wajah peta dunia.

Ada banyak alasan mengapa negara memilih untuk meluas, memisahkan diri dan menerapkan sistem merger. Faktor tersebut antara lain karena politik, persaingan perdagangan, kekuatan dan ekonomi.

Berikut 6 negara yang sudah hilang, meluas dan merger (bergabung).

1]. Amerika Serikat, Greenland dan bulan (2019)


Amerika Serikat berencana meluaskan dirinya untuk mengukuhkan superioritas super power.

Tak tanggung tanggung, pemerintah AS telah menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk menambang, menempati dan menguasai bulan menggunakan kekuatan militer dibawah komando pasukan luar angkasa SPACECOM.

Amerika Serikat berencana juga membeli pulau Greenland untuk menjadi tanah miliknya, namun permintaan ditolak oleh Denmark (Uni Eropa). 

2]. India dan Sikkim (1975)


Tak banyak orang mengenal tentang kerajaan Sikkim.

Karena Sikkim sudah dihapus digantikan menjadi negara India pada tahun 1975 yang lalu. Sikkim memutuskan merger bersama India. Karena merasa memiliki kerjasama dan kedekatan yang erat untuk menjadi satu negara.  

3]. United Arab Emirates dan Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Umm al Qiauwain, Fujairah, Ras Al Khaimah (1971)


Ada enam kerajaan pada mulanya berdiri masing-masing. Namun pada tanggal 2 Desember 1971. 

Mereka memilih bergabung dan menggantikan namanya seperti yang kita kenal dengan nama UNI EMIRAT ARAB.

Walhasil, ke enam kerajaan tersebut telah dihapus dan disingkat dengan UEA. (Uni Emirat Arab).

4]. Vietnam dan North Vietnam, South Vietnam (1976)


Penggabungan negara North Vietnam dan negara South Vietnam membutuhkan waktu bertahun tahun dengan konflik peperangan, korban dan kematian.

Salah satu pihak yang terlibat dinyatakan kalah perang karena penaklukan tersebut sehingga memilih berdamai dengan cara bergabung (merger).

5]. Rusia dan Crimea (2014)


Pada tahun 2014. Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina.

Peperangan menewaskan ribuan orang. Crimea yang dioperasikan oleh separatis pro Rusia dan dukungan angkatan Rusia yang dimana mustahil sulit dikalahkan oleh militer Ukraina. Menyebabkan Crimea jatuh dengan mudah ke pemerintah Rusia.

Setelah pencaplokan, Rusia menempatkan tank, kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan rudal ke wilayah Crimea yang menyebabkan Ukraina ngga sanggup untuk membalas.  


6]. East African Federation dan Burundi, Kenya, Rwanda, South Sudan, Tanzania, Uganda. (2023)


Usulan persatuan antara negara Burundi, Kenya, Rwanda, South Sudan, Tanzania dan Uganda menjadi 1 East African Federation.

Penyatuan dimulai pada tahun 2023. Dimana segera membentuk sebuah negara dengan populasi lebih dari 170.00.000 juta orang dengan pendapatan GDP sebesar $ 472 per tahun atau sekitar Rp 7.080 triliun pertahun.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU