Lompat ke konten Lompat ke footer

15 Produk Teknologi Inovatif Israel (2020)


Israel adalah sebuah negara kecil berukuran kurang lebih 4x pulau Bali dan berada di padang pasir Timur Tengah.

Dulunya ngga ada sumber daya alam di Israel. Hanya pasir gersang.

Sehingga mau tak mau.

Orang orang Israel menciptakan berbagai produk teknologi dan obat obatan untuk dijual ekspor ke negara lain. 

Situs majalah Time menobatkan Israel sebagai bangsa Technology Maker karena karya kecanggihan produknya telah digunakan oleh miliaran orang.

Perkembangan teknologi terus berkembang dengan cepat.

Israel merupakan salah satu pemimpin dan pelopor yang menciptakan berbagai terobosan inovatif untuk menjadikan dunia lebih canggih dengan produk technology yang bersaing dengan melawan dominasi Amerika Serikat, China, Rusia, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Turki, Uni Eropa dan United Kingdom (Inggris).

Berikut beberapa diantara 15 produk teknologi inovatif buatan Israel :

1]. Watergen


Watergen adalah perusahaan teknologi asal Israel yang menciptakan solusi mengatasi kekeringan dan perubahan iklim dengan cara menghisap dan mengekstrak udara menjadi air minum tanpa merusak lingkungan dan tanpa menggunakan infrastruktur pipa yang mahal.  


Watergen memiliki produk didesain menyediakan air minum bersih bagi keluarga skala kecil, untuk gedung apartemen bertingkat, untuk hotel, produk portable penjelajah travel dan produk GEN-350G untuk militer.


2]. Digital cockpit aviation


Digital cockpit aviation mengubah sistem tradisional kuno untuk penerbangan sipil dan militer dari tadinya berbasis tombol manual menjadi serba otomatis, serba digital dan serba touchscreen.

Israel adalah salah satu pemimpin dunia dalam pembuatan teknologi cockpit digital. Produk telah digunakan oleh banyak pesawat tempur, helikopter dan pesawat komersial sipil.

3]. Glucotrack


Glucotrack adalah teknologi pelacakan glukosa darah diabetes tanpa perlu menusuk jari dan bebas darah selama 6 bulan. Hasil diagnosa cepat kurang dari 5 menit saja.

4]. Tytocare


Tytocare adalah teknologi interaksi jarak jauh akurat antara dokter dan pasien berdasarkan kemampuan tes real time yang dilakukan oleh stetoskop digital, kamera resolusi tinggi, thermometer basal, digital otoscope dan alat depressor adaptor.

5]. Orcam


Orcam adalah teknologi penglihatan artifisial portable yang memungkinkan orang penyandang tunanetra memahami teks dan mengindetifikasi objek melalui umpan balik suara audio untuk memberikan informasi apa yang tak sanggup mereka lihat.

Orcam telah dijual ke banyak negara. Membantu tunanetra hidup secara normal.

6]. Bluegreen water technologies



Bluegreen adalah teknologi bubuk ajaib yang dapat mengubah air kotor tercemar oleh polusi zat beracun cyanobacterial agar disulap menjadi air bening. Bluegreen telah digunakan oleh berbagai negara untuk menjernihkan air menjadi bersih. 

7]. Theranica nerivio bioelectronics


Theranica nerivio bioelectronics adalah teknologi pengobatan pusing kepala tanpa harus minum obat. 

Nerivio menstimulasi listrik jarak jauh norkabel non invasive sehingga menginduksi mekanisme penghambatan dan menguragi rasa sakit akibat pusing kepala.

8]. Robot temi


Temi adalah robot pribadi berkemampuan artificial intelligence dirancang khusus untuk bercandaria dan berkomunikasi di rumah.

9]. Ree Auto



Ree Auto adalah teknologi platform modular mobil listrik dengan menciutkan berbagai komponen menjadi ukuran kecil.

10]. Opal


Opal adalah teknologi pertama di dunia untuk manajemen pusat data center terdesentralisasi ke sistem cloud dengan konektivitas antara darat, laut dan udara secara real time berdasarkan pertukaran data internet tanpa dapat dan mustahil untuk dihancurkan secara bersamaan.

11]. Airobotics


Airobotics adalah drone untuk membantu pekerjaan kalangan bisnis perusahaan pabrik atau industri. Seperti pertambangan, pertanian, galangan kapal, perusahaan listrik, gas, minyak, perusahaan real estate, infrastruktur, perusahaan kimia, dll. Airobotics dilengkapi dengan AI sehingga serba otomatis berkerja untuk mendukung perusahaan & industri.

12]. Elementor



Elementor adalah perangkat lunak untuk menciptakan website landing pages dan web affiliasi berbasis database formulir dengan cara mudah tanpa 0% kode HTML pemprograman yang rumit bagi developer. Pada tahun 2020. Elementor telah digunakan oleh 5.000.000 juta website berbasis pendidikan, ukm, kesehatan, entertainment, bisnis, dll.

13]. Xjet


Xjet adalah teknologi percetakan printer 3D nanopartikel untuk logam besi dan baja metal dengan memiliki lebih dari 80 paten yang disebut nanoparticle jetting. Hal ini memungkinkan perusahaan lain untuk mencetak bahan berbahan unsur logam menjadi komponen apa saja melalui geometris kompleks dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Israel dikenal sebagai pemimpin dunia di bidang teknologi printer. Printer pertama dunia diciptakan oleh orang Israel.  

14]. Realview imaging



Realview adalah teknologi holografi pencitraan medis untuk menciptakan hologram tiga dimensi 3D sebagai perpanjangan tangan dokter dalam prosedur operasi dan intervensi kardiologi.

Baca juga : 

15]. Vayyar



Vayyar adalah teknologi sensor cerdas asal Israel untuk pesawat sipil, mobil, kapal, robot dan kereta untuk menciptakan solusi penginderaan miniatur, fleksibel dan mempengaruhi kehidupan orang melalui pencitraan radar 3-81 Ghz hingga 72 transceiver di setiap chip dan dsp kinerja tinggi yang saling terintegrasi.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU