Lompat ke konten Lompat ke footer

6 rekomendasi ikan hias laut paling indah menurut Afrid Fransisco (2020)


Apakah teman teman penggemar ikan hias. Jika iya, mungkin kita memiliki berbagai macam pilihan ikan berbeda untuk dipelihara di rumah.

Memelihara ikan hias memang menyenangkan. 

Karena dapat membuat hati kita menjadi tenang.

Bahkan karena semakin asik. Kita bahkan rela untuk menonton ikan berenang di akuarium.

Hobi memelihara ikan merupakan salah satu kegemaran penulis ini sejak kecil. Selain memelihara ayam dan ikan nila. Next mungkin suatu saat juga Afrid memelihara babi apabila sudah pindah ke rumah baru.

Entahlah mengapa begitu menyenangkan memelihara ikan hias berbasis akuarium.

Nah, buat teman teman pecinta ikan hias. Berikut ada rekomendasi 6 ikan hias paling bagus menurut Afrid Fransisco. 

Berserta alasan mengapa saya menyukainya. 

Siapa tahu kamu penghobi ikan hias ikut berminat memeliharanya juga.

1]. Yellow Tang 

Ikan Yellow tang berwarna kuning cerah. Bentuk mulutnya lucu.

Kalau dia berenang kayak ngelihat ikan yang sedang asik sendiri seolah olah dia tanpa beban hidup kesana kemari mondar mandir menyusuri akuarium.  

Ikan ini lucu banget dan ngegemasin. Saya rasanya pengen terus terusan nangkap untuk mengelus ikan ini pakai tangan.

Caranya dia berenang tuh ya memang lucu banget. Kayak tang, nyut nyut gitu. Siripnya kalau berenang indah banget mirip kupu-kupu. 


2]. Ngga tahu namanya 

Ikan ini saya ngga tahu namanya, bentuknya memanjang, badannya langsing. Harganya lumayan mahal. Kalau ngga salah dulu dijual seharga Rp 150.000 ribuan per ekor. Mungkin sekarang tahun 2020 sudah naik ya menjadi Rp 350.000 ribu per ekor.

Secara fisik ikan ini mirip ikan gabus. Tapi bentuknya mini banget dan punya warna warni cantik di tubuhnya. Berwarna campuran antara putih, merah, pink, hitam, cokelat dan orange.  

Hal yang paling kusuka dari ikan ini yaitu tingkah laku caranya berenang dengan cepat, aktif bergerak dan lincah. Ngelihatnya mirip rudal torpedo.

Tapi saya ngga sanggup membeli ikan ini karena terlalu mahal. Biasanya, ikan terlalu mahal seperti ikan ini dan angel fish. Ngga bakalan masuk list daftar kesukaan saya.  

3]. Dory 

Dory atau disebut juga blue tang. Siapa sih yang ngga mengenal ikan ini di film finding nemo.

Saya secara pribadi belum pernah sih memelihara ikan Dory. Sekedar tertarik saja. Tapi ngga mau memilikinya. Mungkin teman teman berminat ya.  

4]. Mandarin fish 

Pada pandangan pertama melihat ikan ini bagus. Karena warna warninya.

Saya secara pribadi belum pernah memelihara ikan Mandarin fish. Karena ikan ini hobi tinggal di batu dan hinggap hinggap berkelakuan mirip seperti tingkah laku kodok. Memang sih dari warnanya begitu indah. Tapi saya ngga pernah punya niat sih untuk membelinya.

5]. Lion fish 

Ikan lion fish memiliki banyak ornament berbentuk duri. Pada pandangan pertama melihat kelihatan galak, angker dan ganas.

Saya sama sekali belum pernah membeli ikan ini dan ngga pengen membelinya karena sifatnya yang bisa membahayakan ekosistem akuarium kita.

Mungkin teman teman berminat ya.  

6]. Nemo


Nemo adalah salah satu ikan kegemaran saya setelah Yellow Tang. 

Jadi sebenarnya selama ini Afrid cuma menyukai Nemo dan Yellow Tang aja. 

Ngga mau sih ikan hias laut jenis lainnya...,

Nah, ikan Nemo berwarna merah dan putih

Sifatnya lucu nan jinak. Asik ngelihatnya kalau lagi berenang.

Dia termasuk ikan pemalu karena suka bersembunyi di sudut sudut akuarium, suku sembunyi malu malu di anemon saya, dan termasuk ikan yang selalu aktif berenang jika bersama sama dengan nemo lainnya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU