Lompat ke konten Lompat ke footer

Israel Okibo : Robot AI tukang bangunan konstruksi pengecat dan plester dinding otomatis (2020)


Menjadi tukang atau pekerja konstruksi merupakan sebuah hal menantang, melelahkan dan tak semua orang sanggup menekuninya. Karena menguras keringat dan berat.

Terkadang nyawa jadi taruhan apabila seorang pekerja bekerja di gedung pencakar langit.

Bisnis keseluruhan jasa layanan pertukangan di seluruh dunia merupakan pangsa pasar yang luas mencapai triliun triliunan rupiah.

Salah satu subsektor bisnis tukang adalah mengecat, memplester dinding, atau disebut juga dengan dry wall finishing. 

Menurut Okibo. Sebuah perusahaan teknologi asal Israel.

Bisnis jasa Dry Wall Finishing bernilai pada perkiraan proyeksi sekitar $ 200 miliar dolar atau sekitar Rp 2.840 triliun rupiah per tahun.

Selama ini pekerjaan tersebut dilakukan secara manual oleh tenaga kerja manusia.

Padahal pertumbuhan kelahiran penduduk terus meningkat dari hari ke hari.

Rumah dan gedung pencakar langit terus bermunculan. Jasa tukang plester marak dibutuhkan. Namun pemilik aset ingin membayar tukang dengan harga murah. Sedangkan tukang ingin dibayar mahal. Karena pekerjaan ini sepintas terlihat mudah tetapi sesungguhnya melelahkan tubuh.

Israel Okibo

Setiap tahun 12.000.000 miliar meter persegi terus dibangun perumahan, apartemen dan gedung baru demi memenuhi kebutuhan tempat tinggal umat manusia.

Krisis pertumbuhan kelahiran menyebabkan laju 10% perumahan terus terusan bermunculan.

Tenaga kerja manusia. Dipastikan sudah tak dapat mengejar angka tersebut.


Tak ada seorang tukang mampu bekerja 24 jam nonstop setiap harinya. Apalagi harus dibayar murah.

Kesulitan dan kelelahan para tukang kini dapat diatasi dengan robot Okibo.

Serahkan salah satu subsektor bisnis melelahkan di bidang pengecetan dan plester dinding kepada Okibo.

Selayaknya. Tukang dapat mengerjakan pekerjaan lain seperti menyusun batu bata, membangun atap, memasang jendela, dll. Sehingga beban menjadi lebih ringan apabila bekerjasama bersama robot.

Okibo adalah robot yang dapat melakukan semua jenis pekerjaan plester di lokasi konstruksi bangunan. Antara lain menerapkan pelurusan lapisan agar tak terjadi perembesan air, finishing beton, batu atau blok. Dan pelumasan antara papan gypsum, eternity gypsum, lubang, poros, penggilingan dan pengecatan.

Tak seperti manusia.

Okibo dapat bekerja nonstop 24 jam selama 7 hari berturut turut tanpa henti. Selama aliran listrik tersedia. Itu tentu tak mungkin dapat dilakukan oleh seorang manusia.

Youtube : Israel Okibo

Perusahaan Okibo berasal dari Israel.

Didirikan oleh Lior Zaibel, Nadav, Guy dan Roy Danon.



Robot Okibo berjalan serba otomatis. Mulai dari pemetaan struktur ruangan, perencanaan jalur pengecatan dan pemindaian 3D. Teknologi sensor canggih dan algoritma kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) memungkinkan semua dikerjakan oleh robot secara otomatis seperti film fiksi.

Tukang bangunan lulusan SD sekalipun dapat menjalankannya.

Hanya tinggal pencet tombol saja. 

Shorok dari tim Okibo mengatakan :

Semua revolusi industri konstruksi banyak mengabaikan robotika karena sifat konsevatisme dan keengganan banyak kontraktor untuk memahami apa yang sedang terjadi di sekitar mereka karena ketidakdewasaan teknologi. Dalam lima tahun ke depan. Karena pemahaman tradisional. Mereka yang tidak menggunakan robot pasti tersingkirkan. Sahutnya.

Pada tahun 2020. Robot Okibo telah digunakan oleh perusahaan semen dan pemilik kontraktor bangunan pengembang properti untuk memplester gedung dan real estate milik mereka.

Fasilitas demo tersedia apabila pihak mandor bangunan berminat menguji alat robotika Okibo.

Pesaing terberat Okibo hanya ada 1 pihak yaitu robot milik perusahaan raksasa Amazon yang disebut ‘Canvas Robotika’ asal Amerika Serikat.

Tetapi, Tim Okibo percaya bahwa robot mereka mampu bersaing melawan Amazon untuk menjual ribuan unit robot per tahun. Dengan mengandalkan fitur utama berupa visi komputer, pemodelan 3D, algoritama, kontrol gerak, dan AI yang canggih.

Nama perusahaan : Okibo

Kategori : Robot konstruksi bangunan

Kantor pusat : Israel

Wilayah area pemasaran : Internasional

Model bisnis : Pemilik pengembang perumahan real estate, properti, gedung, apartement dan mandor bangunan

Alamat, pemesanan dan pengujian demo robotika : www.okibo.com


Youtube : Israel Okibo

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU