Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Hubungan Jarak Jauh, Pejuang LDR Tak Perlu Galau (2020)

Di balik tantangannya, ternyata ada beberapa hal yang menjadi keuntungan hubungan jarak jauh bagi pejuang LDR. Menjalin hubungan asmara secara jarak jauh atau LDR memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang perlu Anda dan pasangan hadapi bersama dengan hubungan tersebut.
Dengan jaraknya yang melintang jauh, Anda dan pasangan tak punya banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu berdua. Namun bukan berarti hubungan jarak jauh selalu merugikan dua sejoli yang menjalankannya. Tanpa disadari, ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda petik jika terpaksa pacaran secara LDR.
Mulai dari meningkatkan kualitas pertemuan, melatih kesabaran, hingga lebih banyak waktu untuk quality time dengan diri sendiri. Anda dan pasangan sebaiknya mulai memikirkan beberapa keuntungan hubungan jarak jauh berikut. Ini bisa memicu agar hubungan menjadi lebih berkualitas dan tidak merasa tersiksa dengan jarak yang ada.
Manfaat Hubungan LDR yang Perlu Dipahami
Meski banyak yang tidak menyukai memiliki hubungan jarak jauh ini, namun bagi Anda yang sudah menjalaninya jangan merasa sedih. Karena sebenarnya Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti di bawah ini dari hubungan tersebut.
1.    Quality Time dengan Keluarga dan Teman
Menjalin asmara dengan seseorang yang dicintai memang bukan menjadi halangan untuk tetap membina hubungan baik dengan teman atau saudara. Meski begitu, terkadang Anda menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan. Namun lain halnya jika Anda dan pasangan berada dalam hubungan jarak jauh.
Hubungan ini membuat Anda jadi lebih jarang bertemu dengan pujaan. Sisi positifnya adalah Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menghabiskan momen bersama keluarga maupun sahabat. Dengan begitu Anda bisa melakukan banyak hal seperti nonton, makan malam, atau sekadar hangout di akhir pekan.
Jadi, saat berkomunikasi melalui telepon atau video call dengan sang kekasih, Anda memiliki banyak cerita baru untuk dibagi. Keuntungan hubungan jarak jauh ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk melakukan banyak aktivitas dengan orang lain. Anda juga memiliki waktu yang lebih bebas untuk menikmati me time.
2.     Lebih Menghargai Setiap Pertemuan
Bertemu dengan orang yang dicintai memang menjadi suatu momen yang ditunggu-tunggu. Sayangnya, sebagai pejuang LDR Anda tak bisa melakukannya setiap saat. Perlu menunggu waktu berbulan-bulan hingga waktu pertemuan itu tiba. Namun Anda tak perlu berkecil hati dengan situasi ini.
Jarang bertemu bisa menjadi suatu keuntungan hubungan jarak jauh tersendiri bagi Anda dan pasangan. Pertemuan dengan pasangan akan terasa lebih spesial dan berkesan. Lain halnya dengan pasangan yang bisa menghabiskan waktu bersama kapanpun. Intensitas ketemuan yang tinggi bisa menjadi hambar bahkan menimbulkan perasaan bosan.
Namun, hubungan LDR akan mengajarkan Anda betapa setiap pertemuan akan menjadi momen kebersamaan penting yang patut disyukuri. Dengan begitu, Anda maupun pasangan akan menganggap hari itu sebagai hari teristimewa. Segala persiapan direncanakan dengan baik dan sungguh-sungguh. Alhasil kesempatan kencan pun jadi waktu yang membahagiakan.

3.     Mengenal Pasangan Lebih Dalam
Keuntungan hubungan jarak jauh lainnya adalah Anda dan pasangan akan mengenal satu sama lain lebih dalam. Situasi jarak jauh mau tak mau membuat Anda lebih sering berkomunikasi via telepon atau video call. Namun hal ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendalami karakter masing-masing.
Ada banyak hal yang bisa Anda dan pasangan bicarakan saat bertelepon. Misalnya berbagi pembicaraan ringan seperti cerita-cerita lucu, hobi terbaru, hingga obrolan serius seperti rencana masa depan dan hal-hal menarik lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mengenal pasangan lebih dekat dan begitu juga sebaliknya.
Cara ini juga mengajarkan agar kedua pasangan mau saling mendengarkan dengan baik. Sehingga ikatan emosi yang terjalin semakin kuat. Hubungan Anda dan pasangan pun akan kian hangat dan bertahan lama. Hubungan LDR memang tidak menjadi alasan atas kegagalan menjalin asmara.
4.     Melatih Kesabaran dari Pasangan
Berada di kota atau negara yang berbeda dengan si dia memang tidak mudah di awal. Namun di balik kesulitan itu, ada keuntungan hubungan jarak jauh yang perlu dipahami, yaitu menjadikan Anda dan pasangan lebih sabar. Jarak ratusan bahkan ribuan kilometer yang membentang menyebabkan tak bisa bertemu sesuka hati.
Hal ini mengajarkan Anda untuk lebih bersabar dalam menahan rindu yang memuncak. Kesabaran tak hanya menguji perasaan rindu, tetapi juga dalam menjaga kepercayaan satu sama lain. Tak hanya itu, komunikasi yang terjalin selama hubungan jarak jauh juga menjadikan Anda lebih bersabar dalam menghadapi emosi pasangan.
Ada kalanya masing-masing memiliki ego yang naik turun. Namun seiring berjalannya waktu, Anda dan pasangan bisa lebih menahan diri sehingga dapat menyelesaikan masalah tanpa salah paham. Jadi sebenarnya keuntungan hubungan jarak jauh justru dapat berefek positif bagi siapapun yang menjalani LDR.

5.   Memiliki Banyak Waktu untuk Mengembangkan Diri
Dekat dengan seseorang yang dicintai terkadang membuat Anda hanya fokus dan menghabiskan waktu dengan pasangan. Misalnya untuk mengobrol, menonton film, atau jalan-jalan. Hal ini berakibat pada berkurangnya kesempatan untuk mengembangkan diri misalnya meningkatkan skill di berbagai bidang.
Namun berbeda dengan pasangan yang menjalani LDR karena memiliki waktu lebih banyak untuk memperbaiki dan melatih diri. Misalnya dengan mengikuti kelas online, support community, dan lain sebagainya. Dengan keuntungan hubungan jarak jauh ini, baik Anda dan pasangan tidak saling ketergantungan.
Justru saat tiba waktunya Anda berjumpa dengan si dia, masing-masing dari kalian memiliki kualitas diri yang lebih meningkat. Hubungan memang tak selalu fokus pada cinta tetapi juga bagaimana masing-masing pasangan mengembangkan diri untuk menjadi individu lebih baik. Dengan begitu, dua sejoli semakin menghargai satu sama lain.
Long distance relationship memang bukan suatu hal mudah bagi pasangan yang tengah dimabuk asmara. Namun, di balik semua itu terdapat hikmah tersendiri yang mendatangkan manfaat bagi keduanya. Seiring berjalannya waktu, keuntungan hubungan jarak jauh ini akan membawa Anda dan pasangan pada ikatan cinta yang lebih kuat.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU