Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 jaringan iklan digital terbesar di dunia (2020)


Terdapat sekitar 1.940.000.000 miliar website dan blog. Namun jumlah blog/website aktif sesungguhnya hanya ada 80.000.000 juta situs saja dari total 500.000.000 juta blog.

Termasuk sekitar 3.000.000 juta aplikasi app mobile berbasis Play Store Android dan App store Apple (iPhone).

1 orang pebisnis online biasanya memiliki 3-5 website.

61% pangsa pasar website, blog dan aplikasi diketahui tak menggunakan jaringan iklan digital. Karena lebih dari separuh keseluruhan web merupakan bentuk platform toko online UKM, website affiliate, website perusahaan, resseler dan landing pages yang ngga dapat disisipkan oleh iklan. Sisanya sekitar 39% dari populasi blog merupakan bentuk media blogging.

Oh ya, jika teman teman adalah seorang blogger di Wordpress, Blogspot atau pemilik situs berita informasi. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dengan ngeblog.

Tentunya teknik untuk memonetisasi blog paling populer yaitu berdagang sebuah produk dengan mereferensi sebuah link menuju situs lainnya yang menjual aneka serba serbi bentuk produk. Entah itu bersifat fisik atau digital.

Cara kedua yang ditempuh oleh kebanyakan orang yaitu menggunakan iklan.

Iklan digital zaman now begitu canggih karena dapat memonitor pergerakan aktivitas statistik klik, mendeteksi audiens, memiliki teknologi cookie doubleclickdart, log files, mendeteksi ISP dan lain lain sebagainya.

Konsepnya sederhana. Tampilkan iklan di web atau blog. Nah, jika ada orang yang mengklik atau menonton iklan tersebut maka kita akan dibayar. Biasanya dihitung perklik atau per tontonan. Harga perklik beda beda. Kalau orang Indonesia yang mengklik iklan maka dibayar recehan. Tapi kalau orang bule yang mengklik maka dibayar ribuan rupiah sekali klik.

Secara garis besar. Jaringan periklanan ad network paling populer di dunia dikuasai oleh Google Adsense milik perusahaan Alphabet.inc (induk Google). 

Google menguasai mencapai penguasaan pangsa pasar dominan hingga 97%.

Sisanya, 3% hanya dikuasai oleh perusahaan lain yang menyasar target spesifik.

Berikut 5 jaringan iklan digital terbesar di dunia (2020)

1]. Google Adsense


Cakupan pangsa pasar : 97%.

Tak terbantahkan dan tak tertandingi.

Google Adsense adalah penguasa iklan global.

Bagi pengguna internet yang sering berselancar setiap hari pasti menemukan iklan Google Adsense ada di mana mana.

Adsense adalah jaringan iklan terbaik untuk penerbit publisher di seluruh dunia.

Publisher akan menerima bayaran bagi hasil 68% dari pendapatan setiap klik. Itu adalah persentase terbesar untuk iklan digital. Sehingga wajar mengapa Adsense menjadi idola. Hampir tak ada yang mampu menandingi Google untuk sistem pembagian jatah saat ini di dunia periklanan online.

Adsense memiliki ambang pembayaran minimum $ 100 dolar atau sekitar Rp 1.450.000 ribu rupiah.

Jika sudah mencapai batas. 

Gaji secara otomatis dikirim oleh Google langsung ke rekening Bank anda.

Agak sulit untuk bergabung dengan Google pada awalnya. Karena memiliki syarat ketat dan harus memenuhi standar persetujuan terverifikasi. Seperti jumlah subscriber mencapai 1.000 orang.

Jam tayang 4.000, usia domain, jumlah traffic harian blog/web minimal 100 pengunjung / pageviews, pastikan navigasi jelas, dan diharuskan agar lolos dari copypaste.

Bagi kebanyakan orang untuk mencapai konsisten jumlah 100 pengunjung per hari saja diketahui begitu sulit dan tak mudah. Sehingga banyak orang menyerah di Google Adsense dan Youtube.

2]. Adroll


Cakupan pangsa pasar : 1.4%.

Selain iklan Google Adsense. Kadang kadang kita juga menemukan banner spanduk iklan pada beberapa web/blog dimana pada bagian bawahnya tertulis Adroll.

Adroll adalah media iklan yang mudah digunakan, monyet pun bisa melakukannya.

Begitulah katanya. He he…,  

3]. Yandex Direct


Cakupan pangsa pasar : 1.1%.

Yandex Direct beroperasi di wilayah Rusia dan negara negara bekas Uni Soviet.

4]. Xandr


Cakupan pangsa pasar : 0.6%.

Xandr adalah jaringan periklanan milik AT&T Warnermedia dan anak perusahaan hiburan entertainment seperti Twenty Twenty, HBO Films, Warner bros, dll.


5]. Openx


Cakupan pangsa pasar : 0.5%.

OpenX adalah platform iklan pertama di dunia berbasis unlock walled berfokus di jangkauan kategori web terbuka menggunakan teknologi iklan dipersonalisasi.

#Lainnya.

Lainnya terdiri dari Infolinks, Bidvertiser, Rakuten Advertising, Buysellads, Outbrain Taboola dari Israel dan Baidu Promote dari China yang menguasai pangsa pasar sebesar 0.1%.

NB : Facebook Ads atau iklan Facebook bukan termasuk ke dalam kategori daftar ini ya. Karena Facebook berbasis iklan mandiri bukan network ads. Facebook Ads tak membagikan pendapatan iklannya ke pihak lain. Kecuali Facebook Live Streaming. Dengan memunculkan jendela pemutar video iklan terpisah tanpa mengganggu jalannya proses menonton.   

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU