Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Bernilai Jual (2020)

Waktu luang yang Anda miliki bisa diisi dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Barang bekas menjadi salah satu permasalahan domestik yang dapat membuat rumah Anda penuh sesak. Terkadang Anda merasa sayang jika harus membuangnya namun tak tahu harus dibuat apa agar bisa bermanfaat.
Solusinya adalah dengan menjadikannya sebagai kerajinan agar dapat dipergunakan kembali. Bahkan jika ditekuni dengan serius, ini bisa membuka peluang tersendiri dan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Barang bekas memang tak selamanya tidak berguna. Akan tetapi Anda bisa mengolahnya kembali agar menjadi barang yang lebih bernilai.
Ada pilihan dengan banyak macam dan jenis kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa Anda buat dengan memanfaatkan barnag di sekitar. Dengan sedikit kreativitas dan ketelatenan, benda-benda tersebut bisa disulap menjadi indah bahkan dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Berikut ini inspirasi kerajinan yang bisa Anda buat sendiri di rumah.
Lampu Geometric Berbahan Kardus Bekas
Kardus bekas hanya akan menjadi sampah tak bernilai jika dibiarkan begitu saja. Namun lain halnya jika Anda memberikan effort lebih dan menggunakan daya kreativitas pada kardus bekas tersebut. Barang ini bisa disulap menjadi lampu geometric yang cantik untuk mempermanis kamar pribadi.
Anda bisa membuat pola khusus lalu mengaplikasikannya pada kardus bekas yang tersedia. Kemudian potong kardus sesuai pola. Anda bisa memilih sendiri jenis dan warna lampu sesuai preferensi. Kerajinan tangan dari barang bekas berupa lampu geometric ini bisa memberikan suasana berbeda di dalam ruangan.
Tak hanya untuk mempercantik ruangan, lampu geometric ini juga bisa diubah menjadi rupiah. Anda bisa menawarkannya kepada orang lain dengan harga yang pantas. Cara memasarkannya bisa menggunakan media sosial yang Anda miliki.  Jika dibuat dengan teliti dan cermat, kerajinan ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.
Box Serbaguna dari Kotak Sepatu dan CD
Kotak sepatu biasanya menjadi benda berserakan di dalam rumah sehingga menghabiskan space khusus. Agar tak menjadi barang bekas yang sia-sia, Anda bisa mengubahnya menjadi kotak serbaguna untuk menyimpan berbagai macam barang. Mulai dari buku, make up, aksesori, alat tulis, dan lain-lain.
Kerajinan tangan dari barang bekas ini hanya memerlukan kotak sepatu bekas dan CD yang tak terpakai. Langkah pertama, Anda bisa mengecat kotak sepatu tersebut dengan warna sesuai selera. Kemudian kepingan CD yang sudah disiapkan bisa dipotong-potong menjadi bentuk tak beraturan.
Potongan CD tersebut selanjutnya ditempel di permukaan kotak secara menyeluruh sampai penuh. Sehingga tampak seperti mozaik yang berkilauan dan begitu cantik. Box serbaguna ini bisa Anda gunakan sendiri untuk menyimpang barang-barang kecil agar lebih teratur. Tak hanya bermanfaat, kotak bekas ini juga menjelma menjadi benda cantik.
Membuat Pot Bunga dari Botol Bekas
Kebiasaan mengonsumsi minuman kemasan dari botol plastik bisa menimbulkan masalah tersendiri. Botol plastik termasuk material yang sangat susah terurai dan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun. Agar mengurangi jumlah sampah botol plastik, Anda bisa mendaur ulang menjadi kerajinan tangan dari barang bekas yang bermanfaat.
Anda dapat menggunakan botol bekas dari minuman berukuran 1,5 liter lalu memotongnya sebagian. Agar semakin menarik, berikan detail karakter lucu seperti gambar kelinci dengan telinga panjang di bagian atas. Gunakan cat dasar untuk mewarnai permukaan pot botol dengan warna favorit.
Agar tidak monoton, Anda bisa menambahkan motif berukuran kecil di sekeliling pot. Kemudian pot bunga yang sudah jadi bisa diisi dengan media tanam dan tanaman kesayangan. Selain mengurangi sampah, pot bunga cantik dari botol bekas ini juga menjadi hiasan yang tak kalah menarik di rumah Anda.
Celengan dari Botol Bekas yang Imut dan Lucu
Botol plastik memang sangat mudah diolah menjadi kerajinan tangan dari barang bekas. Kreasi selanjutnya yang bisa Anda ciptakan adalah membuat celengan berbentuk babi. Pilihlah botol berukuran besar agar celengan bisa memuat uang dalam jumlah banyak. Jadikan bagian tutup botol sebagai moncong hidung babi.
Kemudian, siapkan dua hiasan mata boneka lalu temple di atas moncong hidung menggunakan lem tembak. Anda bisa memotong pola berbentuk telinga dari plastik yang kaku kemudian dipasang di bagian atas mata. Sebelumnya Anda bisa mengecat permukaan botol terlebih dahulu atau membiarkannya dalam kondisi bening.
Jangan lupa membuat ekor dan kaki dengan barang bekas lainnya. Terakhir, buat lubang di bagian atas celengan untuk memasukkan uang. Kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa Anda berikan sebagai hadiah kepada si kecil untuk mengajarkannya menabung sejak dini. Anda juga bisa menggunakannya sendiri.
Kotak Tissue dari Koran Bekas
Anda tak harus membeli kotak tissue baru. Manfaatkan barang-barang di sekitar yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah kotak tissue yang berguna. Anda bisa menggunakan kotak sepatu maupun kardus bekas yang sudah dilubangi bagian atasnya. Untuk mempercantik, manfaatkan koran bekas lama yang menumpuk di rumah Anda.
Langkah pertama, gulung lembaran koran menjadi bentuk gulungan yang kecil sebanyak-banyaknya. Pastikan bentuk gulungan yang Anda buat memiliki ukuran yang seragam. Selanjutnya, tempel gulungan demi gulungan tersebut hingga menutupi seluruh permukaan dan sisi kotak. Voila, jadilah kerajinan tangan dari barang bekas berupa kotak tissue.
Kotak tissue ini dijamin unik dan beda dari yang pernah ada sebelumnya. Kini, Anda tak hanya memiliki kotak tissue baru yang keren tetapi juga hiasan otentik di atas meja. Dengan bahan yang sudah tersedia, Anda bisa membuat kerajinan sendiri yang bermanfaat.
Dengan sentuhan kreativitas yang Anda miliki, barang bekas bisa menjelma menjadi berbagai barang menarik yang lebih bermanfaat. Bahkan, barang bekas tersebut juga bisa diubah menjadi pundi-pundi rupiah jika ditekuni dengan serius. Ide kerajinan tangan dari barang bekas di atas bisa menjadi inspirasi segar untuk Anda.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU