Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 trend prediksi membentuk masa depan pertahanan 2020 – 2030 (2020)

Berikut adalah 10 trend prediksi yang membentuk masa depan pertahanan untuk 10 tahun ke depan hingga tahun 2030.
 
Apa saja.
 
Yuk intip…
 
1]. Artificial intelligence

 
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan AI mampu mengubah sebuah lanskap pertempuran dan memperbaharui teknologi persenjataan menjadi mutakhir.
 
Kecanggihan AI dapat membuka wawasan, mencegah ancaman, menganalisis, mengotomatiskan dan meminimalkan biaya menjadi hemat.
 
Konflik perang di masa depan. Senjata seperti rudal dapat diinstal AI sehingga jarak jangkau tembak menjadi 2x lebih jauh dan akurat dari sebelumnya.

Youtube : Rudal Spike milik Israel dengan konfigurasi Artificial Intelligence (AI)
 
Pada kendaraan lapis baja tank. AI dapat diinstal untuk mempercanggih kontrol tembakan meriam menjadi terarah bahkan disaat sedang bergerak atau tergoncang.
 
Pada peperangan electronic warfare. 

Peranan AI menjadi krusial menentukan kemenangan negara.
 
Pada peranan intellijen. AI digunakan untuk menganalisis data, meningkatkan kecepatan biometric facial recognition dalam menemukan tempat target persembunyian musuh melalui satelit.
 
Negara yang menguasai pengembangan kepemimpinan teknologi AI dan machine learning dipastikan kelak menguasai dunia. Sehingga menimbulkan kesenjangan parah antar negara.

 
2]. Cyber

Youtube : Israel Cyber Security Check Point Software

Cyber merupakan tindak kejahatan atau menjaga perlindungan keamanan security di dunia digital.
 
Perang cyber ibarat seperti hantu kasat mata.
 
Serangan cyber dimasa depan dibentuk dengan sengaja oleh pemerintahan dengan tujuan mengalahkan negara lain.
 
Kebanyakan serangan cyber diperintah oleh aktor berupa arahan dari pemerintahan untuk mengganggu sektor negara lain, melancarkan serangan kasat mata ke negara lain, mencuri document blueprint, membobol, memata matai dan melindungi kepentingan investasi bisnis negaranya sendiri.
 
Amerika Serikat, Rusia, China dan Israel adalah pemilik senjata cyber terkuat di dunia.
 
Terkadang mereka juga menjual perangkat teknologi cyber keamanan kepada negara negara lain yang lemah melalui identitas perusahaan swasta yang disokong oleh pemerintah untuk dengan tujuan mengeruk penghasilan dari pangsa pasar cyber.
 
3]. Bantuan sosial atau UBI sebagai senjata dumping perdagangan ekonomi

 
Ekonomi adalah senjata.
 
Ekonomi dan militer bagaikan dua sisi koin yang tak terpisahkan.
 
Dumping adalah teknik politik untuk meningkatkan ketahanan ekspansi industri swasta lokal dan UKM yang didukung oleh negara tersebut untuk melebarkan sayap ke dunia internasional dan mematikan dengan tujuan mengalahkan pesaing bisnis global atau menggangu, memboikot, memblokir produk dari perusahaan negara lain dengan tarif mahal.
 
Negara maju seperti Amerika Serikat, Israel, Korea Selatan, China, dll. Telah menerapkan teknik ini sejak lama.
 
Israel memberlakukan kartu biru sejak lama untuk mempertahankan UKM dan industri perusahaan swasta mereka agar lebih cepat berakselerasi tahan menghadapi ancaman kebangkrutan dan gaji dari pemerintah Israel dapat digunakan sebagai modal usaha atau biaya kehidupan essensial seseorang membeli produk dengan dalih meningkatkan konsumsi masyarakat dimana ujung ujungnya pemerintah menghasilkan pajak jauh lebih besar dari sebelumnya dan mengurangi tingkat kesenjangan gini rasio kemiskinan penduduknya.
 
Pajak besar, petani sejahtera karena bantuan pemerintah dan UKM / industri perusahaan dalam negeri banyak yang go internasional karena sokongan bantuan ekonomi pemerintah tersebut. Itu berarti negara tersebut dapat menerapkan perang perdagangan.
 
Amerika Serikat menggaji individu berusia 18 tahun sebesar $ 1.200 dolar atau Rp 17.600.000 juta rupiah perbulan melalui bantuan sosial hanya dengan cara mudah tanpa ribet dengan mengklik GET MY PAYMENT.
 
Tanpa perlu mereka melakukan apa pun.
 
Pembayaran gaji langsung disetorkan ke rekening Bank kepada masing masing orang tiap bulan demi perlindungan sosial rakyat. Dengan syarat terdaftar pada jaringan perpajakan dan tak berusaha mengelak dari tagihan pajak.  
 
4]. Protection Industri strategis militer BUMN

Youtube : Rostec Rusia
 
Rusia telah memulai sejak lama melalui Rostec. Menyatukan 700 perusahaan pertahanan miliknya ke dalam wadah yang dikuasai oleh pemerintah Rusia.
 
Israel melakukan hal yang sama dengan perusahaan industri seperti Israel Aerospace Industri, Elbit System dan Rafael Advanced Defense System. Dimana hampir 80% industri persenjataan di Israel dikuasai oleh pemerintah Israel bukan swasta. Sisanya 20% adalah milik industri militer swasta dengan pengawasan ketat departemen pertahanan Israel.   
 
China melalui partai komunis menerapkan penguasaan total industri militer hingga ketingkatan 100%.
 
Protection industri strategis militer berbasis BUMN memainkan peran penting di masa depan dalam menguasai teknologi senjata. Perannya vital untuk melindungi negara.
 
Disisi lain. Teknologi senjata dapat diekspor ke mancanegara untuk menambah pundi pundi APBN dan meningkatkan cadangan devisa negara tersebut.
 
5]. Pasukan khusus

Youtube : Pasukan khusus IDF Israel
 
Di era serba teknologi. Peran pasukan khusus dalam tantangan masa depan menjadi lebih kompleks.
 
Tugas dinas special force bukannya malah berkurang. Melainkan semakin dibutuhkan oleh sebuah negara karena menjadi salah satu garda terdepan untuk melindungi dan menjaga kedaulatan.
 
Pasukan khusus dibutuhkan untuk menyusup, menusuk dan menerkam secara langsung ke jantung musuh secara senyap nan siluman. 

Kemudian hit and run.
 
Seperti memasuki sebuah kota tanpa terdeteksi untuk membunuh target yang diincar.
 
Memasuki terowongan goa bawah tanah untuk menghancurkan fasilitas nuklir, meledakan infrastruktur rudal ICBM, meledakkan laboratorium bawah tanah, menembak aset panglima musuh dengan senapan sniper, menghapus jejak pembunuhan agar tak terdeteksi, dll sebagainya.
 
6]. Sistem pusat data cloud militer berbasis blockchain terdesentralisasi.

Foto : Israel Opal Desentralisasi cloud connectivity
 
Pusat data center cloud berbasis blockhchain terdesentralisasi dirancang untuk menangani target kritis waktu dan memungkinkan respons balasan terhadap ancaman berbahaya.
 
Di medan perang modern saat ini. Kemampuan berbagi informasi komunikasi dan data begitu penting. 
 
Mengatasi tantangan operasional peperangan maka membutuhkan sistem terdesentralisasi yang saling terintegrasi.
 
Konektivitas cloud inovatif dibutuhkan demi mengganti cara sistem tradisional lama yang masih terpusat.
 
Berbagi data dan menyimpan jaringan big data dengan kemampuan terdesentralisasi dapat menciptakan keajaiban proses self healing akibat gangguan serangan rudal atau nuklir musuh. Semua data disimpan didalam cloud yang dimana server komputer terpencar pencar ke berbagai penjuru.

Teknologi ini pertama kali diciptakan di Israel.
 
7]. Senjata laser

Youtube : Pengembangan senjata laser di Amerika Serikat
 
Senjata laser dapat mengalahkan atau melumpuhkan rudal cepat hipersonik.
 
Amerika Serikat, Rusia, China, Turki, Israel, Uni Eropa adalah pemimpin di bidang teknologi persenjataan laser.
 
10 tahun ke depan. Pengembangan laser energi terarahkan semakin ditingkatkan dalam membentuk trend teknologi persenjataan di masa depan.

Senjata laser dapat menonaktifkan dan mematahkan semua serangan rudal musuh bahkan yang memiliki kecepatan secepat apapun. 

Tak ada yang dapat mengalahkan kecepatan cahaya laser.

Ketika laser dioperasikan dengan sistem energi kinetic.

Senjata laser berfungsi sebagai pengganda perlindungan yang tak tertandingi untuk melipatgandakan pertahanan perisai. 

Youtube : Pengembangan senjata laser di Israel

Faktanya adalah senjata dengan ketepatan presisi akurat selalu mengalahkan kekuatan dan kecepatan. 

Itu hanya dapat dilakukan oleh sinar laser berkecepatan cahaya yang tak tertandingi. 

8]. Rudal dan nuklir dengan hulu ledak kecil

 
Penggunaan rudal ICBM balistik dengan jangkauan lebih dari 500 km dan nuklir berhulu ledak besar tak lagi efektif untuk pertempuran masa depan karena memiliki biaya terlalu mahal menguras APBN.
 
Sebagai gantinya. Pertempuran menjadi dog fighter kembali ke abad ala tradisional.
 
Jangkauan tembak rudal balistik diperkecil dan ukuran ledakan nuklir diperbaharui dari semula 100 kiloton diperkecil dengan daya ledak menjadi 5 kiloton saja atau bahkan lebih kecil menjadi 0.3 kiloton. Artinya ledakan lebih kecil dari peristiwa yang pernah terjadi di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.
 
Tujuannya untuk menghemat keuangan APBN secara besar besaran dalam pembangunan senjata bom nuklir. 

Negara kaya sekelas Amerika Serikat saja mulai kewalahan membiayai program nuklir dengan ukuran terlalu besar dan terlalu mahal. Kini AS mulai beralih ke ukuran memproduksi senjata bom nuklir kecil antara 0.3 kt - 5 kt saja. 
 
Sedangkan trend peperangan masa depan hanya berjarak dari 1 km – 500 km saja.

9]. Komputer Quantum

Foto : Profesor doktor Nadav Katz sedang memproduksi komputer quantum di Israel

Rusia sudah dipastikan tertinggal dari Amerika Serikat dan China di bidang teknologi Quantum.

Tahun lalu saja China mulai membangun laboratorium dan penelitian kuantum terbesar di dunia di provinsi Hefei dengan investasi sebesar $ 10 miliar dolar atau sekitar Rp 140 triliun rupiah.

Tak ketinggalan, raksasa Alibaba melaporkan telah menciptakan komputer kuantum 11 qubit melalui layanan cloud yang menghabiskan biaya penelitian R & D sebesar $ 15 miliar dolar atau sekitar Rp 211 triliun rupiah.

Komputer Quantum adalah lompatan raksasa di bidang ilmu pengetahuan komputasi berikutnya.

Quantum merupakan komputer terkuat di masa depan untuk aplikasi berbagai bidang kehidupan seperti kedokteran, pertanian, komunikasi, pendidikan, bahkan persenjataan.

Kekuatan Quantum tentu lebih kuat melampaui ‘Super Komputer’ saat ini.

Jika Super Komputer membutuhkan waktu 10.000 tahun memproses perhitungan. Maka Quantum hanya perlu 3 menit 20 detik. Artinya 100.000.000 juta kali lebih cepat. 

Anda mungkin sudah tahu kalau komputer tradisional terdiri dari angka bit 1 0 1 1 0 1 0 0 1. Namun berbeda dengan komputer quantum menggunakan fenomena mekanika keterkaitan dan superposisi yang disebut qubit.

Teori komputer quantum melibatkan hukum fisika & matematika super rumit.

Amerika Serikat, Israel dan China adalah pemain utama di bidang komputer quantum.

Salah satu kegunaan dari komputer quantum di bidang militer adalah memecah semua komunikasi musuh, menjadikan arah tembakan rudal lebih presisi, menemukan bahan armor jenis baru, menemukan material jenis baru, mempercepat network centric, melumpuhkan sistem electronic jamming musuh, meningkatan kekuatan cyber, efesiensi energi tank, mempercanggih robotika drone, mengurangi kesalahan CEP (salah sasaran tembak), dll.


Profesor doktor Liat Maoz dari Universitas Jerusalem Israel menilai bahwa komputer quantum dapat dijadikan senjata mengerikan dengan menguraikan pesan sandi komunikasi militer terenskripsi milik musuh. Kebanyakan enkripsi sangat sulit diuraikan tetapi komputer kuantum dapat menguraikannya lebih cepat.

Foto : Teknologi komputer quantum di Israel

Industri di negeri Zionis Israel dibidang quantum seperti Crystalen diamond semiconductor, Mellanox Technologies, QuantLR, QM Quantum Machines, Accubeat Rubidium, Bitmint Quantum, dan masih banyak lagi.

Pengembangan komputer Quantum menjadi trend untuk 10 tahun ke depan.   
 
10]. Koloborasi tentara manusia bersama robot UGV dan drone udara.

Foto : Robot Robattle milik Israel

Kaloborasi tentara dan mesin robotika seperti robot UGV, tank tanpa kehadiran kru manusia didalamnya, kendaraan lapis baja dengan sistem otonom dan pesawat drone tanpa awak dapat menjadi pendukung pada peperangan generasi selanjutnya.
 
Bukan berarti tentara manusia tak digunakan lagi ya.
 
Melainkan terbentuknya sebuah hubungan keterikatan antara robot berkemampuan AI terprogram dan tentara manusia untuk memenangkan pertempuran.

Youtube : Tentara Israel Defense Force (IDF) sedang berlatih perang robotika
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU