Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 drone militer canggih terbaru buatan Israel (2021)

Drone telah mengubah perbedaan dalam wajah karakter peperangan modern.
 
Merubah bentuk strategi perang, taktik dan persepsi.
 
Era robot drone bersenjata telah tiba sejak Israel menciptakan pesawat tak berawak sebagai penggunaan perang di tahun 1969.
 
Teknologi drone terus berkembang pesawat dari waktu ke waktu.
 
Negara kecil Zionis Yahudi yang berada di padang pasir Timur Tengah memiliki banyak Albert Einsten muda, ilmuwan, professor doktor, insinyur, teknisi, dan pakar geek lulusan Technion dalam penciptaan drone di Israel.
 
Sejak tahun 2013. Menurut lembaga SIPRI.org.
 
Negara Israel adalah pemimpin nomor #1 di dunia untuk perdagangan kekuatan global robot drone militer dengan menguasai hingga 60% pangsa pasar drone tempur.
 
Data terbaru 2017. Walaupun Israel terus mendapat saingan ketat melawan pemain seperi Amerika Serikat, China, Turki dan Rusia.
 
Kekuatan drone Israel belum tergoyahkan. Malahan meningkat menjadi 61%.
 
1 bulan saat artikel ini di tulis kepada anda. Salah satu negara di Uni Eropa memesan drone Heron dari perusahaan teknologi IAI Israel dan negara kanada membeli drone starliner buatan perusahaan Elbit System Israel.
 
Ilmuwan dari perusahaan militer swasta Amerika Serikat dan China mencoba mengekor kemajuan teknologi drone Israel.
 
Dalam ranah industri drone sipil komersial. China adalah pemimpin drone dunia melalui perusahaan DJI technology yang menguasai pangsa market hingga 70%.
 
Tetapi di sektor drone militer. China kalah melawan Israel. Oleh sebab itu, China mencoba menawarkan solusi drone militer WING LOONG dengan harga lebih murah kepada klien internasional.
 
Amerika Serikat terus berusaha meningkatkan ekspor drone. Tapi biaya dan harga kinerja agak terlalu mahal. Sehingga klien pelanggan ingin membeli namun gigit jari karena produk drone buatan AS kemahalan tak ada cukup uang sehingga harus memilikinya dalam porsi sedikit. 

Disisi lain penjualan drone milik AS terkendala akibat peraturan PBB tentang HAM (hak asasi manusia).
 
Israel, Amerika Serikat dan China saat ini merupakan pedagang drone peringkat rangking teratas di dunia. Negara lain seperti Rusia dan Turki mencoba menyusul untuk merebut ukuran pasar drone militer global dengan nilai market valuasi $ 10 miliar dolar atau sekitar Rp 141 triliun rupiah per tahun 2019.
 
Sedangkan Uni Eropa kalah telak. Telah tertinggal jauh di bidang drone melawan bangsa di atas.
 
Israel melakukan inovasi teknologi robot drone secara terus menerus.
 
Warisan drone milik Israel dengan cap label terbukti di medan perang dan battle proven seperti Hunter, Scout, Pioneer, Ranger, dll telah dipensiunkan.
 
Produk drone jenis baru yang lebih canggih terus diciptakan oleh ilmuwan Israel untuk menantang dominasi Amerika Serikat dan China. 
 
Berikut 18 drone militer canggih varian terbaru buatan Israel (2021)
 
1]. Skylord

 
Drone tempur taktis teknologi pengembangan generasi berikutnya dengan teknik mendobrak batas realitas fisik jarak jauh secara interaktif dan imersif melalui hubungan kecerdasan AI artificial intelligence melampaui hukum fisika antara mesin robot dan otak tentara manusia.

Teknologi human machine telpresence ini diharapkan dirilis pada tahun 2025.
 
Buatan : Xtend
 
Asal : Israel
 
2]. Heron MK II

 
Heron II terbang selama 45 jam sekali isi bahan bakar. Mampu mengangkut payload bobot muatan seberat 470 kg. Ketinggian terbang Heron II secara vertical hingga ke atas langit mencapai 10 km.
 
Heron II menggunakan komunikasi satelit integral dan komputer canggih. Salah satu kehandalannya terletak pada penawaran muatan yang lebih luas. Sehingga berbagai fasilitas sensor, elektro optic, onboard server dan radar muat terinstal pada drone buatan Israel ini sebagai penunjang operasi pengintaian, intelijen dan pencarian target musuh.
 
Buatan : Israel Aerospace Industries
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 45 jam
 
Jarak jangkau : 1.000 km
 
3]. Orbiter

 
Orbiter memberikan kemampuan ISTAR sama seperti pesawat tempur, helikopter dan pesawat drone berbadan besar lainnya. Namun daya tahan ORBITER jauh lebih lama hingga 24 jam.
 
Perawatan servis lebih murah karena berbody kecil, operasi fleksibel dan lebih hemat biaya ketimbang penggunaan pesawat tempur dan helikopter boros BBM AVTUR dan berisik.  
 
Orbiter memadukan mesin pembakaran bahan bakar minyak Avtur dan listrik secara bersamaan (hibrida)
 
GCS hanya menggunakan seorang tentara yg menggunakan tablet layar sentuh.
 
Arsitekstur orbiter4 dapat disesuaikan untuk memuat radar MPR (maritime patrol radar), Cellular interception sensor, satelit communication, synthetic aperture radar (SAR), automatic identification system (AIS) dan berbagai macam payload lainnya seperti kamera electro optic.
 
Orbiter4 diluncurkan menggunakan catapult pneumatic disematkan diatas mobil dan mendarat via parasut.
 
Buatan : Rafael Advanced Defense System
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 24 jam
 
Jarak jangkau : 1.000 km
 
4]. Starliner


 
Starliner terinstal program otomatis memungkinkan kru darat di GCS tak lagi perlu melakukan take off atau landing melalui layar monitor secara manual. Semua telah serba otomatis.
 
Bahkan apabila kru tentara manusia lengah di monitor ketika hampir bertabrakan dengan pesawat sipil, bukit, gedung atau gunung. Startliner secara otomatis mengetahuinya dan menghindar.
 
Sistem De-icing pada starliner memungkinkan drone ini kebal dari sambaran petir saat cuaca buruk. Kebal terhadap kabut, hujan deras dan embun.
 
Daya angkut payload sebesar 450 kilogram dan ketahanan terbang selama 36 jam.
 
Buatan : Elbit System
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 36 jam
 
Jarak jangkau : 1.000 km
 
5]. WanderB

 
WanderB adalah drone pengintai berbasis VTOL vertical take off landing sepenuhnya otomatis berbahan bakar campuran hybrid antara avtur dan listrik.
 
Buatan : Bluebird Aero system
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 2,5 jam
 
Jarak jangkau : 80 km
 
7]. Ninox

 
Drone berukuran kecil berbentuk mikro sebagai pengintai kesadaran situasi di medan perang. Ninox dapat diluncurkan dari udara, laut, darat, bawah air, bahkan dari pelontar granat pasukan infanteri.  
 
Buatan : SpearUAV
 
Asal : Israel
 
8]. Super Heron

 
Super Heron mampu terbang 2 hari 2 malam tanpa isi bahan bakar ulang. Berkecepatan 280 km/jam dan sanggup menjelajahi jarak sejauh 5.000 km dari Israel hingga ke India apabila menggunakan kontrol satelit.
 
Buatan : Israel Aerospace Industries
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 45 jam
 
Jarak jangkau : 5.000 km
 
9]. Heron Eitan


 
Mampu membawa payload hingga 2.000 kg. Kecepatannya adalah 370 km/jam
 
Buatan : Israel Aerospace Industries
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 52 jam
 
Jarak jangkau : 1.000 km
 
10]. Skystriker

 
Skystriker adalah drone otonom bom bunuh diri dengan hulu ledak 5 kg.
 
Menggunakan mesin penggerak sepenuhnya 100% listrik sehingga akustik minimal. Bentuk body kecil sehingga penampang rendah akibatnya radar lawan kesulitan mendeteksi. Disisi lain skystriker memiliki tingkatan daya bising begitu sunyi dan mampu menggelabui pendengaran tentara manusia.
 
Daya serangan skystriker menyerang dengan cara senyap, sulit terdeteksi radar, tak terdengar oleh telinga dan mengejutkan.
 
Drone ini mampu berkeliaran selama 2 jam menyerang target menggunakan sistem video tracker otomatis jika telah dilock.
 
Buatan : Elbit Systems
 
Asal : Israel
 
Kategori : Drone pembunuh bom bunuh diri kamikaze
 
Durasi waktu terbang : 2 jam
 
11]. Hovermast

 
Drone pengintai berkemampuan melayang di udara selama 168 jam nonstop tanpa henti sebagai penjaga keamanan perbatasan, pengawasan dan patroli udara.
 
Buatan : Israel Aerospace Industries
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 168 jam
 
12]. Nando

 
Nando adalah satpam drone yang menawarkan solusi otonom tanpa campur tangan manusia.
 
Nando mengubah paradigma model keamanan tradisional perkotaan menjadi lebih canggih. Nando melakukan tugasnya dengan berputar-putar, berpatroli mirip seperti pak satpam untuk mendeteksi orang-orang pelanggar keamanan, pencuri dan perompak.
 
Daya tahan Nando selama 1 jam 10 menit pada suatu waktu kembali mengisi baterei secara otomatis dan berangkat berpatroli seperti biasa menjadi mata di langit. 
 
Buatan : Nando drone
 
Asal : Israel
 
Durasi waktu terbang : 1 jam 10 menit
 
13]. Thor

 
Drone buatan Israel, Thor cocok digunakan untuk kalangan penghobi, komersial industri sipil entertainment dan aplikasi militer tingkat rendah seperti keamanan perkotaan.
 
Thor mampu terbang berkecepatan 100 km/jam dan lama terbang 1 jam 15 menit. Jarak terbang 10 km.
 
Buatan : Elbit System
 
Asal : Israel
 
Jarak terbang : 10 km
 
Durasi waktu terbang : 1 jam 10 menit
 
14]. Rotem


 
Drone bom terbang bunuh diri.
 
Drone tanpa membutuhkan peluncur apapun. Rotem ringan. Dilepaskan dimana saja.
 
Ketika target telah dipilih. Rotem mampu bermanuver dengan algoritma tanpa dikendalikan lagi oleh tentara IDF Israel untuk mengenai target sasaran sendiri.
 
Berat hulu ledak Rotem sebesar 1 kg (setara 2x ledakan granat).
 
15]. Uvision Hero

 
Drone HERO asal Israel mampu berkeliaran menyusup ke pertahanan lawan dan melakukan penyerangan diam-diam tak terduga dari setiap sudut dengan cara kamikaze (bunuh diri).
 
HERO dapat ditembakkan oleh pasukan khusus, kapal perang, kendaraan lapis baja, helikopter hingga pesawat tempur.
 
Platform peluncuran menggunakan canister. Efek ledakan yang dihasilkan oleh Drone HERO umumnya tergantung kesesuaian jenis yang digunakan. Semakin besar body semakin besar ledakannya.
 
HERO sanggup diluncurkan dari darat, laut dan udara.
 
16]. Hermes 45

 
Hermes 45 mampu menempuh jarak 200 km dari pusat lokasi ground control system. 
 
Hermes45 memiliki daya tahan terbang di udara selama lebih dari 20 jam. Drone ini mendarat bukan dengan Skyhook. Tetapi via parasut atau menggunakan jaring balon inflatable yang muat dalam tas seorang prajurit. Drone ini dilengkapi pula kerapatan system cyber yg sulit dijebol.

Buatan : Elbit System

Asal : Israel

Durasi : 20 jam

Jarak tempuh : 200 km
 
17]. Harpy

 
Harpy adalah drone bom bunuh diri otonom pembunuh kamikaze.

Senjata ini mirip seperti hewan burung pemburu. Secara real time mencari mangsa, sabar mengawasi dan menunggu hingga berjam jam . Ketika mangsa muncul. Maka Haphy menerkam pada saat yang tepat. 
 
Buatan : Israel Aerospace Industries
 
Asal : Israel

Hulu ledak : 8 kg
 
Jarak terbang : 100 km

Baca juga :
 
18]. Harop

 
Harop adalah drone bunuh diri kamikaze yang sanggup menjelajahi sejauh 1.000 km via BloS (Beyond Line of sight communication).
 
Hulu ledak Harop sebesar 23 kg. Masih terasa kurang. Lipatgandakan saja serangan Harop menjadi gerombolan swarm.
 
Daya tahan Harop mencapai 9 jam sekali isi bahan bakar. Kecepatan terbang 185 km/jam. Apabila tak ada target dihancurkan, Harop kembali secara mandiri.
 
Buatan : Israel Aerospace Industries
 
Asal : Israel
 
Jarak terbang : 1.000 km
 
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU