Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ethereum adalah bitcoin yang menyamar ( 2022 )

Ethereum dan Bitcoin merupakan suatu cryptocurrency yang telah menjadi dominan di dunia ini dan digunakan oleh banyak orang untuk melakukan transaksi dan aktivitas bisnis lainnya via internet.

Dari waktu ke waktu, kepopuleran Ethereum menarik banyak minat para investor dari kalangan muda hingga tua untuk berinvestasi. Karena fundamentalnya yang baik, dimana ethereum mempunyai fungsi mirip seperti virtual machine yang menjalankan smart contract secara otomatis dan bekerja dengan cara peer to peer. 

Seiring berjalannya waktu, harga investasi Ethereum melambung naik, dari yang tadinya tak dianggap oleh para investor, lalu melonjak berubah menjadi ada harganya, pertama tama mulai dari recehan, ribuan, lalu lanjut ke ratusan ribu. 

Pada tahun 2017, nilai harga Ethereum berubah dari ratusan ribu menjadi berkisar di harga $ 240 atau Rp 3.450.000 juta rupiah per 1 coin.

Pada tahun 2022. Nilai harga untuk 1 coin ethereum telah melonjak drastis menjadi Rp 25.000.000 juta rupiah.

Tak hanya itu saja, keperkasaan Ethereum pada peringat mata uang digital secara telak menggeser posisi kedudukan Ripple dari tahtanya. 

Di tahun 2022. Ethereum adalah cryptocurrency terbesar peringkat #2 di dunia, setelah sukses menyenggol Ripple. 

Anda dapat membaca artikel tentang 

10 peringkat mata uang digital paling populer tahun 2016

10 peringkat mata uang digital paling populer tahun 2015

Ethereum adalah bitcoin yang menyamar ( 2022 )

Perbedaan antara Ethereum dan Bitcoin memang dapat dibedakan, secara definisi dan cara kerjanya. 

Walaupun sama sama beroperasi di jaringan Blockchain. Ethereum memiliki beberapa keunggulan lain dibandingkan Bitcoin dalam hal membangun program, dimana Bitcoin tak dapat melakukannya. 

Ethereum dan Bitcoin taklah sama, Lagipula, mata uang Ethereum yang disebut Eter itu tak dapat menerima Bitcoin di sistem protokolnya, begitupula sebaliknya. Jadi, Ethereum dan Bitcoin terpisah sehingga sulit disamakan. 

Sulit bagi saya untuk menjabarkan kepada anda. 

Walaupun tak sama, sesungguhnya Ethereum adalah bitcoin yang menyamar. 

Ini bukan berbicara tentang hardfork. Istilah fork merupakan fenomena di jaringan Bitcoin, dimana mirip seperti perpisahan atau percabangan dari rantai blok dengan jalur yang berbeda sehingga mengubah jalur kode protokolnya. 

Jenis hardfork Bitcoin terdiri dari : bitcoin gold, bitcoin cash, bitcoin diamond, dan lain lain. 

Lalu mengapa ethereum disebut sebagai bitcoin yang menyamar, padahal bukan hardfork bitcoin. Jadi apa sebenarnya ethereum. 

Jika anda adalah seorang programer IT/SI. 

Cobalah amat amati apa yang terjadi dan mempelajari kode program ethereum. 

Saya kurang paham juga, entah ini salah atau benar. Aku kurang tahu juga. 

Menurut aku. Ethereum memang Bitcoin. Tapi menyediakan fitur smart contract otomatis yang mengeluarkan token. Kadang kadang dapat disamaartikan juga seperti uang. 

Pemahaman mudahnya seperti ini. 

Ibarat sebuah hewan. Bitcoin adalah orangtua, Ethereum adalah anaknya. Lalu anak anaknya punya cucu cucu lagi.

Ibarat sebuah pohon. Bitcoin adalah batang pohon. Ethereum adalah rantingnya. Lalu rantingnya punya cabang ranting ranting lainnya. 

Ibarat sebuah perusahaan. Bitcoin adalah induk perusahaan. Ethereum adalah anak perusahaan. Lalu anak perusahaan punya sub sub perusahaan kecil lainnya. 

Ibarat sebuah gedung. Bitcoin adalah struktur utama gedung. Ethereum adalah ruangan balkom kamar di gedung itu. Lalu di balkom itu bercabang cabang unit kamar kecil lainnya.

Jadi, apabila ada orang atau investor yang bilang. 

Ah saya malas investasi di Bitcoin, mending di Ethereum aja. 

atau, 

Ah saya malas investasi di Ethereum, mending di Bitcoin aja

Seperti pembahasan diatas. pilih satu atau keduanya, kayaknya tetap UU ( ujung ujungnya juga ke bitcoin ).  

Metadata kode program ethereum mengarah, mengacu dan menggunakan bitcoin.

Representasi digital dari Ethereum memang tak pernah dianggap oleh orang orang banyak sebagai penyamaran Bitcoin. 

Ketika Ethereum semakin banyak dipergunakan dan diadopsi oleh orang orang IT/SI untuk membangun program dengan token mereka masing masing, termasuk digunakan oleh komunitasnya yang kian hari tambah besar. Seperti NFT. game, staking, trading, bank digital, perangkat lunak, TIK (teknologi informasi komunikasi), kesehatan, energi, rantai pasokan, manajemen publik, internet, olahraga, ecommerce, dan berbagai portofolio lainnya. 

Contoh token ethereum terbesar di dunia seperti bancor, basic attention token, Omisego, Tenx, Status snt, Ox, dan lain lain. 

Tanpa disadari oleh pengguna Ethereum diseluruh dunia, sesungguhnya mereka sedang menggunakan jaringan blockchain Bitcoin walaupun nampak seperti menggunakan jaringan blockchain Ethereum. 

Data blockhain, bahasa pemprograman dan pengkodean Ethereum dari metadata yang terkandung. Mengarah kepada tanda bahwa asal usul protokol kode bitcoin sebagai tulang punggung infrastruktur Ethereum agar dapat berjalan semana mestinya berasal dari bitcoin itu sendiri sebagai induknya. 

Apakah Ethereum dapat mengalahkan peringkat bitcoin

Seperti pembahasan diatas. Logika program algoritma Ethereum yang bersumber dari kode protokol jaringan Bitcoin, maka tak memungkinkan bagi ethereum untuk mampu menyaingi kedigdayaan dari Bitcoin ( BTC ).

Peringkat Ethereum (ETH), dipastikan sampai kapanpun selalu berada di bawah peringkat BTC.  

Youtube : Ethereum beralih dari model Proof of Work (PoW) ke Proof of Stake (PoS)..

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.