Lompat ke konten Lompat ke footer

Fednow dan Fedcoin [ teknologi sistem canggih CBDC untuk mempercepat dolar menjadi lebih cepat lagi ] ( 2023 )

FedNow adalah teknologi sistem digital non-blockchain pertama yang dibuat dan didukung oleh pemerintah AS yang memungkinkan bank untuk mengirim transfer dan menerima uang melalui smartphone, laptop & tablet secara instan dalam hitungan detik di internet.


Sistem Fednow atau bisa juga disebut Fedcoin bukan untuk menggantikan mata uang dolar, tetapi bisa juga disebut menggantikan dolar. Hanya saja sistemnya yang diganti ke uang digital.

Sistem buatan The Fed ini juga bukanlah berbentuk mata uang digital tetapi bisa juga disebut mata uang digital dolar baru yang berfungsi demi memuluskan kecepatan transaksi dolar lama yang berbasis fiat saat ini atau via banking bank saat ini untuk berkerja menjadi lebih cepat dari sebelumnya dalam mentransfer dolar anda secara real time di semua akun bank yang berada di Amerika Serikat dan negara lain yang didukung oleh Bank Sentral The Fed.  

Walaupun kecepatan Fednow atau Fedcoin ditingkatkan menjadi lebih cepat. Itu tetap belum dapat mengalahkan keunggulan dari cara kerja peer to peer blockchain seperti dari model bitcoin dan cryptocurrency lainnya. 

Meliputi security, energy, transparan, speed, skala dan privasi anonim. 

Sejauh ini, aku belum tahu. Walaupun Fednow bukan non-blockchain. Tetapi tak menutup bahwa teknologi Fednow sesungguhnya di dalam tulang punggung sistemnya dapat saja menggunakan blockchain juga dengan smart contract ethereum untuk pemprosesan network CBDC ( central bank digital currency ).

Mayoritas orang orang banyak tak sadar jika ada perubahan langsung pada sistem akun bank masing masing orang.  

Mayoritas orang orang banyak tak sadar jika ada perubahan langsung pada dolar lama ke dolar digital baru di akun bank masing masing orang. Walaupun terlihat persis sama, tetapi sebenarnya berbeda.   

Karena sistem ini memang tak terlihat, tetapi dapat dirasakan terutama dari segi kecepatan lebih cepat dan lebih hemat energi.

Jaringan Fednow beroperasi 24 jam nonstop tanpa hari libur. 

Bank lain diluar Amerika Serikat dapat memilih apakah menggunakan sistem ini atau menolaknya. Karena tidak ada paksaan juga untuk bergabung dengan platform Fednow. 

Tim Bank Sentral TheFed mengatakan : 

Ketersediaan layanan hanyalah awal dari permulaan, dan menumbuhkan jaringan lembaga keuangan yang berpartisipasi dapat menjadi kunci untuk meningkatkan pembayaran instan bagi konsumen dan bisnis di seluruh dunia. Sahutnya. 

Rencana integrasi awal Fednow atau Fedcoin ke aneka macam perusahaan perusahaan Bank. Jika tak ada aral melintang di mulai pada Juli 2023. 

Fedcoin atau Fednow adalah 100% teknologi CBDC. 

Untuk lebih detail. Teman teman dapat membaca artikel saya sebelumnya dilink berikut ini : 

Bagaimana implikasi proyeksi Central Bank Digital Currencies ( CBDC ) terhadap negara G20, G7 dan pengaruh terhadap basic income pada masyarakat orang orang banyak ( 2022 )

Akhir dari segala mata uang tradisional, bank sentral, uang digital CBDC dan semua bank tradisional [ cryptoccurency altcoin dan bitcoin menjadi penguasa pengganti dolar, yuan, rupiah, yen, euro, poundsterling, rubel, dll ] ( 2023 )

~ Bank Sentral sebagai satu satunya Bank transaksi mata uang digital currency CBDC lintas negara dan sekaligus sebagai platform pembayaran super app token listrik, pulsa internet, air, pembelanjaan minimarket, distribusi BLT bansos, pelacakan dan layanan pemerintah ( 2023 )

Lalu apa arti ini semua. 

Teman teman dapat membaca link tambahan diberikut ini  : 

~ Mengapa anda harus memiliki bitcoin ( 2016 )

Mengapa anda harus memiliki bitcoin ( 2013 )

Dampak lain dari teknologi Fednow atau Fedcoin. Sisi buruknya yaitu dapat menciutkan jumlah bank yang ada di dunia, dari banyak menjadi lebih sedikit. Tetapi menjadi lebih kuat mendekati ke arah sisi berdampingan dengan Bank Sentral menjadi samar samar. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU.