Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Agama Terbesar di Rusia ( Religion in Russia 2018 )

Jumlah penduduk Rusia pada tahun 2018 menurut badan statistik resmi federal GKS.ru berjumlah sebanyak 146.877.088 juta orang.

Menduduki posisi peringkat ke 9. Negara dengan populasi terbanyak di dunia setelah Nigeria dan Bangladesh.  

Berikut adalah 5 demografi agama di Rusia pada tahun 2018 :

1. Kristen Orthodox - 72%

Ciri umum Kristen orthodox Rusia dibandingkan Kristen-kristen lainnya yaitu terdapatnya perbedaan utama pada bentuk desain gereja, kubahnya berbentuk seperti masjid.

Kristen orthodox Rusia berpuasa selama 1 bulan seperti umat muslim.

Apabila umat Kristen orthodox ke gereja, pria harus melepaskan topi atau penutup kepalanya.

Sedangkan wanita memasang kerudung jilbab. 

Mirip banget seperti yang dikenakan oleh perempuan-perempuan muslim.

Sebanyak 72% orang-orang Rusia menganut Kristen ortodoks. 


42% diantaranya merupakan orang-orang yg mengaku setia mengidentifikasi kepercayaannya sebagai Kristen ortodoks. 

Sisanya sekitar 30% ingin mengarah menuju ke atheis.

Kurang lebih sekitar 103.000.000 juta orang Rusia menganut Kristen ortodoks saat ini.


Tetapi pada tahun 2050 nanti, diperkirakan menyusut secara drastis akibat pengaruh pindah keyakinan ke atheis dan akibat kegemaran orang-orang Rusia suka atau hobi menyantap minuman beralkohol sehingga menimbulkan ancaman kematian dini.

2. Atheis – 15 %

Atheis merupakan model paling disenangi di Era Komunis Uni Soviet. Namun sejak runtuhnya Uni Soviet dimana digantikan oleh Rusia.

Pada tahun 1997. Terjadi kondisi dimana gereja ortodoks dijadikan ‘budaya Rusia’ sehingga berbondong-bondong orang Rusia membludak terpengaruh kepercayaan Kristen ortodoks.  

Orang-orang Atheis Rusia masih memiliki pengaruh besar di bidang politik hingga saat ini.

Melalui partai politik, mereka berencana berkuasa kembali menjadikan Rusia sebagai negara Adidaya Superpower Komunis.

Diperkirakan pada tahun-tahun mendatang, jumlah atheis di Rusia meningkat tajam hingga 45% akibat banyaknya orang-orang kristen pindah keyakinan ke atheis. Tetapi kristen ortodoks tetap mendominasi Rusia.  

3. Islam – 10%

Islam tumbuh subur di Rusia. Islam hidup berdampingan dengan damai bersama Rusia.

Terdapat lebih dari 6.500 masjid berukuran besar nan megah berdiri kokoh di Rusia. Setiap tahun 40-50 masjid baru didirikan. Kebanyakan muslim di Rusia berasal dari Islam Sunni. Sebagian kecil merupakan Islam Syiah. 


Apabila di Uni Eropa dipersulit menggunakan Jilbab. 

Maka di Rusia diperbolehkan. 

Islamofobia tak ada di Rusia.

Sebanyak lebih dari 20.000.000 juta umat muslim berada di Rusia. 

Sayangnya ribuan pengikut Islam di Rusia diketahui terpengaruh kedalam ideologi ISIS (Islamic State) sehingga memutuskan melarikan diri bergabung ke negara berbendera hitam tersebut

Pemerintah Rusia melalui presiden Vladimir Putin telah berjuang keras membasmi Islam ISIS yg berada didalam zona wilayah, khususnya diwilayah 'Kaukasus' karena ISIS dianggap terorist radikal berbahaya dimana ISIS bercita-cita menghancurkan negara beruang merah Rusia untuk diganti menjadi kekalifahan Islamic State. 

4. Kristen Katholik, Kristen Protestan, Kristen Advent hari ketujuh, Kristen Saksi Yehuwa, – 2%
Foto : Kristen Katholik Roma
Apabila agama ini digabungkan tak sampai hingga 2%. Pengaruhnya begitu minimal di Rusia.

Kristen Saksi Yehuwa adalah Kristen yang tak percaya kepada ‘Tritunggal’ karena dianggap tanpa landasan Firman Alkitab yang benar (Markus 12:29). Mereka hanya percaya kepada Tuhan YEHUWA yang ESA. Mereka juga tak percaya kepada hari Natal, dan tak ingin memasang berbagai simbol perhiasaan patung salib & salib yg dianggap berhala. Mereka juga tak percaya pada neraka. Karena mereka percaya, sifat YEWUHA adalah kasih. Tuhan tak menyiksa manusia di api neraka. Setelah orang benar meninggal dunia, sebenarnya hanya tidur beristirahat menunggu hari kebangkitan abadi. Sedangkan orang jahat dilenyapkan oleh Tuhan Yehuwa menjadi abu & tanah, hilang selama-lamanya tanpa bekas bukan masuk neraka. Kristen saksi Yehuwa juga memiliki beberapa pengajaran yg terkesan kurang familiar. Yaitu mereka menolak ikut berpolitik. Karena mereka hanya percaya kepada YEHUWA sebagai raja di kerajaan surga.

Kristen Advent hari ketujuh adalah Kristen dimana, hampir mirip seperti Kristen protestan tetapi mereka tak beribadah pada hari minggu. Melainkan melakukan ibadah pada hari sabtu mengikuti pedoman perintah hukum hari sabat di Alkitab berdasarkan kalender hari ke tujuh.  

Baca juga : 

5. Buddha, Hindu, Taoisme China, Shamanisme, Slavic Folk, Pagan, dan Yahudi – 1%
Di Rusia terdapat agama lain. Seperti Buddha, Hindu, Taoisme dari China, Slavic Folk, Pagan dan Yahudi.

Jumlah keseluruhan agama ini apabila digabungkan tak sampai hingga 1%.

Pada tahun 2018. Terdapat sekitar 186.000 ribu umat Yahudi beragama Yahudi di Rusia.


Orang-orang Yahudi tersebut berasal dari eksodus imigran pengungsian akibat bencana peperangan ribuan tahun yg lalu ketika berperang melawan bangsa Romawi (sekarang namanya, Italia / Uni Eropa).

186.000 ribu umat Yahudi masih tinggal di Rusia.


Jumlah populasi agama Yahudi terus menyusut di Rusia dari tahun ke tahun, akibat banyak dari antara mereka telah pulang kembali ke kampung halamannya di Israel.

Sisa populasi agama Yahudi yang masih tertinggal menanti sesembari menunggu pembangunan pemukiman apartemen baru dan menunggu daftar antri kepulangan dari pemerintahan Israel. 

Foto : Yahudi pulang kampung ke Israel dalam program aliyah yg diprakarsai oleh pemerintah Israel
Agama Yahudi hanya diperuntukkan bagi orang-orang berdarah keturunan Yahudi saja. Tak memiliki darah Yahudi dilarang memeluk agama Yahudi. 

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU