Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyimpanan Data Informasi Militer Israel Rafael tactical cloud (2018)


Rafael tactical cloud adalah jaringan komunikasi militer terpadu untuk melakukan integrasi communication network untuk berbagi berbagai informasi data dan kecerdasan visual di seluruh dominasi angkatan bersenjata pertahanan Israel (IDF) walaupun memiliki banyak rantai komando yg terpisah namun disatukan ke dalam 1 sistem cloud C4I Connect.


Peranan cloud, datalink, telemetri, IT dan jaringan internet internal berkecepatan tinggi begitu penting di era transformasi digital saat ini khususnya di kalangan pemerintah dan militer.

Bagaimana mungkin sebuah negara mempercayakan komputasi penyimpanan cloud kepada pihak asing. Seperti menyerahkan data negara kepada perusahaan Alibaba, Tencent, Google Cloud Platform Alphabet, Amazon web service, Oracle, Microsoft azure, Salesforce, IBM, Fujitshu, dll.

Apabila menggunakan cloud tersebut maka dengan mudah informasi rahasia negara terungkap oleh dinas intelijen asing.

Negara Israel telah memiliki dan mengembangkan sistem penyimpanan data cloud sendiri dengan menggunakan perangkat keras komputer sendiri, server sendiri, sistem sendiri, perangkat lunak sendiri tanpa menggunakan sepeserpun produk-produk perusahaan asing.

Setiap ruangan server dijaga ketat.

Israel Rafael tactical cloud :

Mengingat dimasa depan era serangan cyber dan digital semakin menantang.

Sudah sepatutnya saat ini militer beralih transformasi ke era digital karena telah terbukti mampu bekerja lebih cepat, lebih efesien dan lebih murah.

Memiliki Penyimpanan awan cloud merupakan jawaban paling tepat mengatasi era tersebut.

Israel melalui perusahaan BUMN Rafael advanced defense system telah mengembangkan C4I Connect untuk meningkatkan kesadaran situasional.

Dimana menyatukan berbagai jaringan jaringan sensor, frekuensi, aplikasi perangkat lunak, protocol, perangkat keras, sistem manajemen battle peperangan, berbagai input device kapal perang, pesawat tempur, pasukan infanteri, tank, drone, robot tempur UGV, dll terhubung ke C4I Rafael Tactical Cloud.

tentara+idf+israeli.jpg (426×603)

Semua data terhubung ke cloud yg dilindungi dengan aman. Tak peduli apapun bentuknya, UHF, VHF, HF, SATCOM radio, Seluler, Telepon, router, dan network lainnya.  




Semua tentara berbagi dan berkomunikasi data kepada semua tentara yg lainnya. Tak peduli berapa jarak pemisah yg memisahkan mereka, tak peduli sistem, sensor atau perangkat keras jaringan militer apa yang digunakan.

Semua tentara terhubung ke 1 cloud penyatu yg diibaratkan seperti jantung informasi rahasia.

Ground control station, markas pusat komando, atau tentara yg sedang beroperasi di medan perang dapat saling terhubung berbagi data, suara, foto, video, SMS, radio, live streaming, file, document dan text.  


Cloud Rafael memungkinkan semua konektivitas berjalan mulus. Tersedia perangkat lunak perencanaan terpusat dan sistem mampu menyimpan data dalam ukuran sangat besar ke dalam server komputer yg dijaga ketat oleh pasukan IDF.

Cloud terhubung ke unit angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara.

Iron Dome dan David Sling

Alustista revolusioner seperti Iron Dome dan David Sling telah terhubung ke Cloud C41 Connect.

Ketika segalanya berhubungan semua telah menjadi solusi komunikasi yg terintegrasi dan saling bekerjasama membentuk garis-garis pertahanan militer maksimal di era transformasi digital.

Pemerintah Israel telah berinvestasi banyak di teknologi komunikasi & komputasi cloud.

Termasuk memiliki aplikasi whatapps-nya sendiri.

Dalam tantangan berikutnya, Israel berinvestasi besar-besaran di bidang cybersecurity yg ingin merusak, menganggu dan mematikan cloud tersebut.

Artikel Lainnya :

Youtube : Israel C4I

Terima Kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU