Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Jenis Investasi Populer Milenial (2019)


Konsep formula investasi pada umumnya berbentuk ‘Compound Interest’ (bunga berbunga). Menurut Albert Einstein, Compound interest adalah sebuah keajaiban dunia yang bisa membuat anda menjadi kaya raya dengan melipatgandakan uang.

Misalnya, anda memiliki investasi deposito di Bank sebesar Rp 25 miliar. Tiap 1 tahun anda mendapatkan penghasilan untung dari bunga Bank sebesar Rp 2 miliar rupiah per tahun.

Maka di tahun berikutnya, uang anda berlipatganda menjadi Rp 27 miliar. Keesokan harinya di investasikan kembali ke deposito untuk mendapatkan bunga-berbunga, begitu seterusnya..,

Begitulah cara orang kaya bertambah kaya, dan orang miskin menjadi semakin miskin.

Ya, teman-teman bisa menjadi kaya raya tanpa perlu bekerja, hanya klik klik smartphone saja. orang bilang inilah yg disebut ‘PASIF INCOME’. Tanpa kerja dapat duit ya. Hem…,


INVESTASI TAK SEMUDAH YANG DIBAYANGKAN :

Investasi terlihat mudah diangan-angan, tapi ternyata sulit untuk diterapkan karena faktor fluaktuasi, inflansi, dan beberapa penyebab tak terduga lainnya yg sulit kita prediksi, bahkan dukun yg dilengkapi bola Kristal sekalipun ngga bisa memprediksi.

Selain membutuhkan modal yg besar agar bisa pasif income, Investasi yg baik juga membutuhkan pengendalian diri, kesabaran yg tinggi, semangat, ilmu pengetahuan, dan jiwa yg pantang menyerah.

Berikut Investasi populer yg biasanya dilakukan oleh orang di Indonesia maupun di mancanegara.

1]. Emas 


Emas adalah logam mulia hasil tambang. Bentuknya bermacam-macam ada yg koin, batangan atau perhiasan.

Coba kita hitung-hitung. Pada tahun 2010 harga emas batangan seberat 20 gram dengan harga Rp 300 ribu per gramnya. Artinya teman-teman mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000.000 juta rupiah saat itu.

Di tahun 2018. Harga emas batangan apabila dijual 1 gram sebesar Rp 550 ribu rupiah. Berarti dalam waktu delapan tahun, teman-teman mendapatkan keuntungan sebesar Rp 11 juta – Rp 6 juta = untung Rp 5 juta.

Kelemahan investasi emas membutuhkan waktu yg lama bertahun-tahun agar bisa untung.

2]. Pohon 


Ada berbagai macam pohon yg dapat digunakan menghasilkan uang. Seperti pohon sengon, sawit, karet, kaliandra, jati, kopra, cokelat, durian, dll. Harga pohon tergantung dari pasaran, harga berubah-rubah setiap waktu. Kadang-kadang bisa untung, kadang-kadang bisa buntung.

Tips berinvestasi di pohon yaitu jeli melihat kompetitor dan permintaan konsumen.

Misalnya banyak orang menanam pohon kelapa sawit tapi ternyata permintaan sedikit karena terjadi panen besar-besaran maka harga bisa anjlok. Untuk mengakalinya beralih ke tanaman pepohonan yg lainnya. 

Investasi pepohonan biasanya disukai oleh petani. Namun apabila tak pintar menganalisis, asal-asalan tanam saja, maka petani bisa terjebak ke dalam jurang kemiskinan yg kelam.   

3]. Real Estate / Properti / Rumah Mewah / Ruko / Villa 


Punya rumah mewah tak ada salahnya. Karena merupakan investasi yg bisa dijual kembali.  

Instrumen investasi di poin #3 ini menjanjikan. Soalnya harga tanah terus naik setiap tahunnya. Namun membutuhkan modal yg sangat besar. Ada beberapa orang mengakali modal dengan cara berutang. Boleh-boleh saja kalau berani dan yakin pasti untung.

Salah satu kelemahan investasi real estate yaitu adanya persaingan ketat dengan developer bangunan yg dapat menawarkan harga property yg lebih murah. Sehingga membuat harga milik investor awal terjatuh alias rugi.  

4]. Tanah 


Harga tanah selalu naik setiap tahun. Investasi tanah mirip seperti real estate. Faktor lokasi, lokasi, lokasi menjadi penentu keberhasilan.

5]. Deposito 


Deposito merupakan produk investasi yg ditawarkan oleh Bank.

Untuk memulai berinvestasi di deposito caranya mudah yaitu dengan mengunjungi kantor Bank-Bank terdekat di kota anda.

Keunggulan deposito yaitu tingkat kegugupannya rendah bahkan bisa dikatakan berisiko minim karena keamanan didukung oleh OJK dan Pemerintah.

Disamping itu, sisi lain kelemahan deposito yaitu agar bisa menghasilkan pasif income membutuhkan modal uang yg sangat besar hingga mencapai miliaran rupiah. Kalau hanya bermodalkan ratusan juta hasilnya minim seperti recehan bahkan terkadang tersisih oleh inflansi.

6]. P2P Lending 


P2P Lending yaitu sebuah investasi produk yg ditawarkan oleh website-website yg hobi menagih utang dan memberi pinjaman kepada orang lain.

Konsepnya sederhana. Ada orang pengen pinjam kredit/utang, maka dibebankan bunga.

Bagi investor, layanan jasa P2P lending menyediakan konsep bunga yg ditawarkan selama 3 bulan – 2 tahun. Selama masa ini, investor dilarang mengambil uangnya.

P2P Lending hampir mirip-mirip seperti Deposito. Tetapi P2P Lending lebih ringkas, karena aktivitasnya hanya melalui media internet. 

P2P didukung pula oleh OJK dan Pemerintah. Sehingga keamanan terjamin.

Contoh P2P Lending adalah Koinworks.com, Modalku, Investree, dll. 

7]. Reksadana 


Ada berbagai macam jenis reksadana.

Berinvestasi di Reksadana cocok bagi orang yg tak memiliki ilmu pengetahuan dan waktu untuk menganalisis keuangan global. Jadi mereka hanya tinggal duduk diam saja menerima hasil keuntungan, sedangkan investasinya dikelola oleh orang-orang hebat atau manajer yg ahli professional di bidang ekonomi.

Berinvestasi di Reksadana bukan berarti selalu untung. Contoh, berikut adalah hasil kinerja reksadana berdasarkan jenis yang mengalami keuntungan pada tahun 2018 yg lalu yaitu reksadana saham naik 19% dan reksadana terproteksi naik 26%.

Sedangkan bagi teman-teman yg memilih berinvestasi di reksadana campuran maka mengalami kerugian hingga -9%, reksadana pasar uang rugi -14%, reksadana fixed income rugi hingga -107%. Sediakan tissu untuk menangis...,

Untuk membeli investasi di reksadana bisa di Bareksa, Tokopedia, Bukalapak Bukareksa, dll

8]. Obligasi 


Obligasi adalah investasi terbesar #1 di dunia yg melibatkan pemerintah dimana istilah ini merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran.

Di Indonesia, biasanya disebut SUN (Surat utang negara). Sedangkan di Amerika Serikat di sebut US TREASURY SECURITIES.

Konsep Obligasi sederhana, pemerintah butuh uang tapi ngga punya uang akhirnya ngutang dengan siapa saja, organisasi lain atau negara lain. sebagai imbalannya diberikan kupon obligasi berupa bunga pinjaman.

Untuk membeli Obligasi caranya agak sulit. Karena hanya sewaktu-waktu saja munculnya saat pemerintah butuh utang.

Jika pemerintah mengeluarkan obligasi / surat utang. Nanti pemerintah memperkenalkan sebuah website baru yg hanya muncul saat itu saja dan hilang dikemudian hari. Untuk mulai memberikan pinjaman melibatkan Bank yg telah ditentukan.

Biasanya, pemerintah mengeluarkan utang tak tanggung-tanggung hingga dalam jumlah fantastis triliunan rupiah.

9]. Game Online 


Untuk saat ini masih belum memadai, karena pengembangan internet 5G belum menyeluruh, infrastruktur cloud seperti streaming game masih dalam tahap pembangunan, virtual reality masih tahap pengembangan, dan koin virtual masih banyak orang belum memahaminya. 

Teman-teman gamer dapat berinvestasi di uang virtual yg dapat ditukarkan di uang dunia nyata melalui cryptocurrency hanya melalui permainan game online yg menyenangkan namum membutuhkan skill mumpuni agar bisa meraih income.

Untuk saat ini menghasilkan uang di game nampak seperti sesuatu yg aneh.

Namun 10-15 tahun kedepan menjadi hal yg lazim. Game bisa menjadi pekerjaan utama dan tempat investasi di masa depan.

10]. Option Binary

Siapa bilang nilai investasi tak ada yg lebih dari 1% per hari. Ada banyak kok bahkan hingga 90% per hari ada kok. Mendapatkan uang $ 1000 dari rumah per hari bukanlah impian. 

Sesuai hukum alam. High return high risk. Opsi binary diperuntukkan bagi orang kaya dengan modal Rp 20.000.000 juta rupiah keatas dimana mereka berani mengambil resiko tinggi dan tak terduga.

Tugas yg diberikan Option Binary hanya menganalisis nilai harga naik atau harga turun pada candle stick. Apabila prediksi salah maka mengalami kerugian, namun apabila prediksi benar maka mengalami keuntungan mulai dari 10%-90% per sekali trading.

Contoh Option Binary adalah Olymptrade, Binomo, dll.

11]. ETF 


ETF atau Exchange Traded Fund adalah reksadana yang diperdagangkan di bursa efek. Pada tahun 2018 yg lalu. ETF Fixed Income naik hingga meraih keuntungan hingga 5% per tahun. Sedangkan ETF saham mengalami kerugian hingga -51% per tahun. 

12]. Artificial Intelligence Arbitrage 


Artificial Intelligence adalah suatu sistem komputer canggih seperti jaringan saraf tiruan yang mengatur konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial dimana kecerdasannya mampu membantu mengotomatisasi, mempelajari dan menafsirkan data untuk mencapai suatu tujuan.

Sedangkan Arbitrage dibidang ekonomi/keuangan adalah praktik mengambil keuntungan dari perbedaan harga antara dua atau lebih pasar market dengan memanfaatkan ketidakseimbangan perbedaan harga pasar mata uang. 

Dengan jasa layanan robot artificial intelligence arbitrage bisa digunakan bagi investor mendapatkan penghasilan dari investasi secara global internasional.

Oh ya, saat ini belum ada AI yg sempurna. Terkadang beberapa perusahaan penyedia AI melakukan skema penipuan sebenarnya mereka tak pernah mengembangkan AI untuk trading.

Beberapa perusahaan yg lain ada yg benar-benar menciptakan AI, namun seiring berjalannya waktu. Beberapa perusahaan yg lain menghadirkan AI yg lebih canggih. Sehingga AI yg kurang canggih tersisih akhirnya bangkrut menyebabkan investor bangkrut pula.

Berinvestasi di Arbitrage saat ini cukup berisiko karena perkembangan teknologi AI yg berubah cepat setiap saat.

Keuntungan yg diraih di arbitrage menggunakan AI bisa 0,01%-1% per hari tergantung kecerdasan dan kecepatan AI bertindak.

Modal yg dibutuhkan berinvestasi sekitar Rp 25.000.000 – Rp 50.000.000 juta rupiah. Apabila ada jasa penyedia AI yg menawarkan investasi dimulai dari $ 100 atau Rp 1.400.000 juta rupiah dengan keuntungan lebih dari 1% per hari. Ada kemungkinan penipuan investasi bodong.

Contoh : Arbitao, Arbidex, ArbitrageCT, Arbit, dll

13]. Etoro 


Etoro adalah perusahaan pialang perdagangan sosial dan multi aset meliputi saham, ETF, mata uang, indeks, komoditas, dan cryptocurrency.

Di Etoro, teman-teman berinvestasi kepada kepribadiaan seseorang yg anda anggap sebagai pakar atau ahli keuangan/ekonomi. Etoro menyediakan profil dan statistic performa seseorang dari waktu ke waktu untuk di teliti, kemudian apabila teman-teman tertarik bisa menyewa jasa orang tersebut untuk mengelola investasi anda dengan cara di copy (mengikutinya).

Apabila orang yg anda sewa tersebut meraih untung, secara otomatis anda pun meraih untung. Apabila orang tersebut buntung maka anda pun ikut-ikutan buntung.

Simple & Sederhana

Berinvestasi di Etoro menggunakan Kartu Kredit dan Paypal.

Website : Etoro.com

14]. Saham

Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrument finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan.

Di Indonesia disebut IDX (Indonesia Stock Exchange), di Amerika Serikat di sebut NASDAQ dan NYSE New York Stock Exchange.

Ada ribuan perusahaan yg dapat teman-teman pilih sebagai tempat berinvestasi. Seperti Apple, Amazon, Alphabet (Google), Facebook, Adhi Karya, Astra Agro Lestari, Bank Sentral Indonesia, dll sebagainya.

Saham merupakan tempat investasi favorit bagi orang-orang kaya. Seperti Bill Gates, Warren Buffen, George Soros, Sandiana Uno, dll.

Sebagai informasi, saham dapat membuat seseorang menjadi miliarder hanya dalam waktu beberapa bulan, disisi lain dapat membuat seseorang jatuh miskin apabila tak hati-hati memilih perusahaan yg profit.

Untuk membeli saham di Indonesia bisa melalui website Sucorsekuritas.com

15]. Forex Trading 


Forex Trading/ Foreign Exchange atau pertukaran valuta asing adalah instrument perdagangan mata uang global dengan volume perputaran hampir Rp 100.000 triliun per hari di bursa finansial.

Sebagai contoh, Anita membeli Euro (mata uang utama Eropa) kemudian menjualnya ke USD (mata uang Amerika Serikat) bisa disingkat EUR/USD. Anita mendapatkan selisih. Disinilah Anita mendapatkan keuntungan.

Ada banyak website untuk berinvestasi di Forex. Saya percaya teman-teman pasti pernah mengunjungi situs tersebut melalui pencarian Google.   

Artikel Lainnya :
  
16]. Cryptocurrency


Cryptocurrency terbilang baru di dunia ini ya, karena hadir tahun 2009 jadi sekitar 10 tahun yang lalu. Cryptocurrency bisa dibilang hampir mirip seperti Forex dan Saham. Bedanya lebih simple, fee lebih murah, dan aktif hingga 24 jam setiap hari.

Bisa dikatakan, Cryptocurrency merupakan penyempurnaan Forex, Mata Uang dan Saham yg dikemas dalam teknologi blockchain dan 100% serba digital.

Di Cryptocurrency tak ada yg tak mungkin.

Hanya dengan modal Rp 100.000 ribu seseorang yg miskin nan melarat bisa menjadi Sultan dalam sekejap.  

Hal ini bisa dimungkinkan karena Cryptoccurency memberikan peningkatan imbal hasil hingga lebih dari 153% perhari.

Tak ada jenis investasi tertinggi di dunia selain Cryptocurrency yg bisa memberikan hasil imbal setinggi ini.

Tentu saja ini bukan tipu-tipu. Ini nyata banget ya ngga bohong saya, Cryptocurrency bukan investasi bodong.

Saya sendiri pernah membuktikan bagaimana uang sebesar Rp 3.000.000 rupiah berubah sekejap menjadi Rp 13.000.000 juta rupiah hanya dalam waktu kurang dari 1 minggu berinvestasi di mata uang cryptocurrency bertajuk Stellar.

Disisi lain, Cryptocurrency juga bisa merubah orang kaya menjadi miskin. Karena nilai perubahan crypto begitu fluaktif.

Saya sebagai penulis artikel pernah merasakan kehilangan investasi Rp 40.000.000 juta rupiah akibat kurang hati-hati memilih dari sekitar 2.000 jenis token, coin dan perusahaan crypto.

Pada tahun 2019. Afrid fransisco tetap berinvestasi di Cryptocurrency seperti di Bitcoin, Zcash, Privatix, Arcona, Crypterium, Sirinlabs Smartphone, dan Colu Local Network. 

Saya percaya Cryptocurrency adalah masa depan investasi keuangan jangka panjang.

Per tahun 2019. nilai volume perputaran uang di cryptocurrency masih kecil dibandingkan forex hanya berkisar diangka $ 121 miliar atau sekitar Rp 1.700 triliun rupiah saja. 

Baca juga : 

17]. WARALABA/FRANCHISE


Waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik mereka memberikan hak kepada invidu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk mereka, sistem mereka dan prosedur mereka. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU