Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkan Pria Kristen Menikah dengan Wanita Islam dan Janda (2019)


Sebagai seorang Kristen Protestan yang tinggal di Indonesia dan memiliki permasalahan hubungan relationship berupa perbedaan keyakinan dan status. Merupakan salah satu pertanyaan paling sering ditanyakan kepada pendeta.

Apakah boleh orang-orang ‘Kristen Protestan’ menikah beda agama dengan pria atau wanita beragama Islam.


Jawab Pendeta Gilbert Lumoindong : Tidak Boleh

Pendeta Gilbert Lumoindong membahas tentang polemik ini. Ternyata jawaban beliau adalah ‘TIDAK BOLEH PACARAN ATAU MENIKAH BEDA AGAMA’.

Mengapa…? Karena gelap tak dapat bersatu dengan terang seperti tertulis di Alkitab.

Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap. [ 2 Korintus 6 : 14 ]

Gilbert Lumoindong mengatakan :

Kalau Alkitab bilang tidak bisa maka tidak bisa. Don’t fight try. Jangan memaksakan saudara. Itu cari-cari gara-gara namanya dengan Tuhan. Menguji dan mempermainkan Tuhan. Sahutnya.

Youtube : Pendeta Gilbert Lumoindong

Pacaran atau menikah dengan tidak seiman :

1]. Bukan dari Tuhan

2]. Membuang buang waktu percuma

3]. Menyengsarakan hidup

4]. Akan berakhir dengan kekacauan dan penderitaan

MENIKAH DENGAN WANITA ISLAM ADALAH DOSA

Kadang saya bertanya-tanya dalam hati. Aduh itukah sulit banget. Apalagi saya tinggal di negara Indonesia di mana dari 270.000.000 juta penduduk. Hanya ada 34.369.500 juta umat Kristen saja. Selebihnya Islam.

Kalau pengen jujur berdasarkan pengalaman pribadi saya. Ini bukan maksud saya menghakimi ya. Tapi kenyataan di lapangan yang saya temui. Orang Kristen kalau pengen menikah mereka sudah free sex duluan dengan pacar atau berganti-ganti orang lain. Mereka sudah mau menikah kalau wanitanya sudah hamil dulu.

Sedangkan dibudaya Islam kan ngga boleh harus menikah terlebih dulu.

Orang Kristen (non-muslim). Kebanyakan seks bebas. Berganti-ganti pasangan dari yang satu ke yang lain. Berganti-ganti wanita, berganti-ganti cowok. Tidur dari satu cowok hari ini, besok tidur dengan cowok lain. Cewek dan cowok sama saja. Cewek sama agresif juga mencari teman tidur cowoknya berganti-ganti hanya untuk uang sebesar Rp 300.000 – Rp 500.000 ribu. Begitu pula dengan cowoknya, giat berkerja keras agar mendapatkan uang untuk membeli banyak cewek untuk 1 malam. Makanya mengapa banyak orang Kristen ngga tahan miskin.  

Menurut kebanyakan orang Kristen. Itu udah dianggap lazim bahkan seks bebas disebut sebagai berbagi kasih dan cinta kepada sesama manusia untuk saling mengasihi.


Memang ngga semua orang Kristen kayak gitu menjadikan gaya hidup bebas sebagai lifestylenya. Tapi disisi lain memang orang Kristen kenyataan banyak kayak gitu mesti apa yang harus kubohongikan.

Katanya, Indonesia memegang adat istiadat dari Timur. Tapi kalau buat non-muslim di Indonesia. Mereka ngga mengenal budaya kayak gitu malah mirip budaya Barat. Ada uang abang disayang, tak ada uang abang di tendang

Jadi pada akhirnya berakhir dengan kekacauan dan penderitaan kalau memilih pasangan Kristen yang kayak gitu.

Mencari wanita Kristen tanpa memiliki pemikiran seks bebas itu sulitnya minta ampun di zaman now. Jikapun ada. Itu sudah dimiliki oleh pria Kristen yang lain. Sehingga tak ada jatah untuk para jomblo hanya gigit jari.

Apakah kata Alkitab Jika menikah dengan wanita Muslim.

Jawab : DOSA.

Seperti tertulis di Alkitab ketika Musa mengambil wanita Arab dan orang Yahudi memperistrikan wanita-wanita Arab dari Moab, Asdod dan Amon. Maka dianggap berdosa. [Nehemia 13 : 23-26]

MENIKAH DENGAN WANITA JANDA & MUSLIM 


Jika menikah dengan wanita Islam adalah dosa. 

Lalu bagaimana jika menikah dengan Janda. Apa kata Alkitab.

Sebelum membahas hal ini, kita mengetahui terlebih dahulu bahwa Alkitab menyatakan bahwa janda ada beberapa macam. Yaitu :

1]. Janda karena perceraian.

2]. Janda yg dimana suami meninggal dunia akibat sakit penyakit atau hal lainnya.

Poin #2. Tuhan menyatakan boleh seorang Janda karena kematiaan suami untuk agar dirinya menikah lagi. Asalkan dengan suami sesama Kristen.

1 Korintus 7 : 39

Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah orang yang percaya.

Tetapi ada persyaratan lain untuk janda yg ditinggal karena suami meninggal. Alkitab menyarankan agar para janda tersebut tak perlu menikah lagi. Cukup dengan tinggal bersama-sama anak, cucu, nenek kakek, dan keluarga mereka saja dan terus siang malam untuk bersyukur & berdoa hingga suatu saat Tuhan menjemput ke sorga.



I Timotius 5 : 4-5

Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah. Sedangkan seorang janda yang benar-benar janda yang ditinggalkan seorang diri, menaruh harapannya kepada Allah dan bertekun dalam permohonan dan doa siang malam.

MENIKAH DENGAN WANITA JANDA KARENA BERCERAI ADALAH DOSA 

Alkitab melarang pria Kristen menikah dengan wanita janda karena akibat sebab perceraian. Kecuali karena zinah. Jadi itu adalah perbuatan zinah.

Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi aku berkata kepadamu. Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah. dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah (Matius 5:31-32).

Apakah kata Alkitab Jika menikah dengan wanita atau perempuan yang diceraikan atau bercerai bukan karena kematian.

Jawab : DOSA.

Zinah adalah dosa.

Upah dosa adalah maut.

Maut adalah neraka.

PERBUATAN DOSA BERLIPAT-LIPAT

Jika seorang pria Kristen tetap nekad mengambil wanita Islam & janda sebagai isteri. Maka konsuekensi di dalam ajaran Kristen adalah perbuatan dosa berlipat-lipat. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU