Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Agama Baru : Jewish Messianic [ Yahudi Mesianik ] (2020)

Agama Jewish Mesianik adalah gerakan keagamaan orang-orang Yahudi yang telah bertransformasi berdasarkan penggabungan Alkitab perjanjian lama dan perjanjian baru.  

Keyakinan ini sebenarnya sudah lama muncul sejak tahun awal abad 1905 ketika mulai timbul bibit-bibit dimana ada banyak ahli rabbi-rabbi mulai mempelajari & mencurigai tentang sosok ‘YESUS milik umat Kristen’ ternyata berhubungan erat terhadap perjanjian lama Taurat milik orang Yahudi.

Bagi banyak orang ini tampaknya merupakan kontradiksi yang mencolok ya.

Orang Kristen adalah orang Kristen, sedangkan kita mengenal orang Yahudi secara jelas jelas bukan orang Kristen karena menolak Yesus Kristus.

Bahkan umat Yahudi sendirilah yang membunuh Yesus melalui permintaan terhadap kerajaan Romawi untuk menyalibkan Yesus.

Demikianlah pemahaman sejarah yang telah berlangsung hampir 2.000 tahun yang lampau.

Akar arus utama Yahudi seperti Yahudi Ortodoks/Haredi dan Yahudi Zionis. Tetap menolak Yesus hingga detik ini. Bahkan menyebut YESUS sebagai orang Yahudi yang sesat.

Namun itu tak terjadi pada agama baru ini (Jewish Mesianik). Dimana orang-orang Yahudi justru menerima Yesus sebagai Juruselamat atau Mesias

APA ITU JEWISH MESIANIK, SIAPA TUHAN MEREKA…?

Siapa Tuhan orang-orang pemeluk agama Yahudi Jewish Mesianik.

Jawab : Yesus atau bahasa ibrani disebut Yeshua.

Asal usul keyakinan ini telah diteliti sejak awal abad 1905 oleh ahli-ahli ilmuwan, peneliti dan rabbi-rabbi Yahudi.

Namun baru secara resmi diakui dan didirikan pada 1960. Sehingga agama ini tergolong keyakinan keagamaan baru lahir di abad modern. Artinya agama Jewish Mesianik ini masih berumur sekitar 60 tahun pada tahun 2020 ini.

Pada tahun 1990. Orang-orang Yahudi secara tekad kuat mendirikan kampus pendidikan Alkitab lebih mendetail dan lebih mendalam mengenal tentang sosok YESUS.





Berbeda dengan agama arus utama Yahudi denominasi Ortodoks/Haredi/Zionis yang telah berakar sejak lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Dimulainya agama Jewish Mesianik ketika orang-orang Kristen memberikan Alkitab perjanjian baru dan memberitahukan tentang kabar baik sosok YESUS kepada orang-orang Yahudi. Kemudian mereka orang-orang Yahudi ini mempelajari & menelitinya secara mendetail.

Pada tahun 1989. Pemerintah Israel melarang warga Israel memeluk agama Jewish Mesianik karena dianggap sesat keluar menyimpang dari identitas Yahudi dan bagi mereka yang berada diluar negeri tak diperbolehkan mendapatkan tiket Aliyah pulang kampung ke negara asalnya di Israel.

Namun pada tahun 2008. Pemerintah Israel menghapus peraturan tersebut karena dalam bentuk apapun juga pemeluk Jewish Mesianik memiliki DNA dan keturunan 100% darah Yahudi sehingga layak untuk dikirim pulang ke pengembalian tanah Israel karena merekapun mendukung pendirian ‘negara Bintang Daud Israel’. Ketimbang Yahudi Ortodoks/Haredi di Amerika Serikat yang menginginkan penghancuran negara Israel. 


Youtube : Kita tahu bahwa hanya Israel satu-satunya negara di planet bumi ini yang hidup kembali setelah 2.000 tahun mati suri kehilangan pemerintahan & negaranya akibat bencana perang. Dimana jutaan nenek moyang penduduk Yahudi kala itu mengungsi ke seluruh penjuru dunia. Namun kini negara Israel hidup kembali di tanggal '14 Mei 1948'.

Beberapa tahun yang lalu. Jumlah pemeluk Jewish Mesianik begitu sedikit hanya ada kurang dari 30.000 orang.

Namun pada tahun 2012 melonjak menjadi 350.000 orang.

Kini pada tanggal 23 Juni 2018. Diperkirakan populasi agama ini telah melonjak mencapai sekitar 1.500.000 juta orang yang dimana mereka percaya kepada YESHUA atau YESUS.

APAKAH JEWISH MESIANIK MERUPAKAN BAGIAN AGAMA KRISTEN

Jewish Mesianik mempercayai Yesus dan menggunakan Alkitab yang dimana 100% sama persis digunakan oleh agama Kristen Protestan, lengkap dengan menggabungkan perjanjian lama + perjanjian baru dan membuang kitab lama Talmud, dan melepas beberapa tradisi-tradisi budaya Yahudi yang lama.

Sinagog tempat ibadah kini direnovasi mirip seperti gereja.

Di Israel ada 100 tempat ibadah dan di Amerika Serikat ada 350 tempat ibadah.

Berarti apakah kini Jewish Mesianik bisakah disebut merupakan bagian dari agama Kristen karena menggunakan Alkitab, merayakan paskah, menjalankan perjamuan kudus, dan kini orang Yahudi Mesianik secara terang mengakui YESUS adalah MESIAS.

Jawab : TIDAK.

Jewish Mesianik adalah Jewish Mesianik.

Orang-orang Mesianik tak mau disebut sebagai Kristen. Dan tak ingin disama persiskan dengan orang Kristen.

Teologi Yahudi Mesianik menggabungkan ajaran agama Kristen Protestan Evangelis dan Yahudi. Dimana menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi dan Anak Allah satu dari bagian Trinitas Tritunggal. [ Allah Bapa, Allah Anak, Allah Roh Kudus ] atau [ Allah Bapa, Yesus Anak Allah, Roh Kudus ] Sebagai tiga representasi dari keilahian yang sama.

Perbedaan lainnya, Yahudi Mesianik tak merayakan natal, beribadah bukan pada hari minggu melainkan hari Sabtu, dan sistem baptis menggunakan konsep selam.

Kebanyakan pemeluk Jewish Mesianik adalah 100% orang-orang pemilik keturunan darah & DNA Yahudi saja dari sebagian besar dulunya berasal dari Yahudi Zionis dan sebagian kecil Yahudi Ortodoks/Haredi.

Jewish Mesianik begitu 'MENYESAL' telah membunuh & menyalibkan YESUS KRISTUS ribuan tahun yang lalu dimana sebenarnya DIA adalah raja yang telah mereka nanti-nantikan selama ini. Mereka sedih karena Yesus menyerahkan untuk menebus perbuatan dosa mereka sendiri.

Tambahan informasi. Jewish Messianic tetaplah Yahudi Zionist. 


Youtube : Agama Jewish Messianic

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU