Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 rudal dan bom pesawat tempur buatan Israel (2020)


Apa jadinya pesawat tempur tanpa rudal dan bom. 

Bagaikan Singa ompong tanpa Taring.

Israel tentu pernah merasakan betapa pahitnya diembargo dan diboikot oleh negara Francis, atas produk persenjataan meliputi rudal pesawat tempur.

(sekarang Ferancis adalah bagian dari Uni Eropa. Termasuk didalam EU adalah Jerman. Musuh bebuyutan Israel sebelum tahun 1945).

Dalam sejarah 70 tahun yang lalu. Hampir 100% produk senjata rudal pesawat tempur Israel dipasok dan diimpor dari Amerika Serikat. 

Kebetulah, hanya negara SUPER POWER Amerika Serikat saja memihak dan tak pernah memboikot Israel.

Belajar dari pengalaman pahit diembargo oleh Ferancis.

Israel tentu paham mengapa harus berdikari untuk industri militer. Terutama rudal.


Kini perlahan demi perlahan.

Negara Zionis Bintang Daud Israel telah membangun, memproduksi dan menciptakan senjatanya sendiri agar 100 tahun kedepan tak lagi tergantung dengan impor rudal dan senjata dari Amerika Serikat. 

Berikut 8 rudal dan bom pesawat tempur buatan Israel (2020)

1]. SPIKE NLOS

Jarak tembak : 25 km

Spike NLOS memiliki EO-IR / CCD seeker dengan laser semi active (SAL). Rudal ini dapat diluncurkan dari darat, laut maupun udara dengan hulu ledak tinggi. Spike merupakan senjata rudal fire and forget dengan dikunci terlebih dahulu sebelum peluncuran untuk meluncur secara otomatis atau melalui metode bimbingan.

2]. PYTHON

Jarak tembak : 20 km

Python memiliki teknologi IR pencitraan elektro optic pada moncong bola mata didepannya.

Pyhton memiliki kecepatan 4.000 km/jam dengan jarak tembak 20 km. Sanggup menembak kearah samping, belakang, depan, atas dan bawah.

Kini Python telah memasuki generasi ke 5 dengan kemampuan imaging seeking, dual waveband (FPA) dan inframerah terbaru. Sehingga setelah meluncur dari cantelan rudal ia sanggup memindai target, identifikasi dan sasaran sulit melepas diri karena adanya algoritma matematika rumit nan canggih buatan ilmuwan Yahudi untuk menghitung & memprediksi kemana arah target selanjutnya bermanuver untuk mengelak sehingga kehancuran musuh tepat sasaran secara presisi dengan probabilitas tinggi.

3]. DERBY


Derby adalah rudal udara ke udara jarak jauh milik Israel yang dikombinasikan dengan solid rocket sehingga jangkauan peluncuran penembakkannya sanggup mengenai pesawat tempur musuh dari jarak 100 km.   

4]. SPICE


Jarak tembak : 100 km

SPICE adalah smart, Precise Impact, Cost Effective. Menggunakan kit panduan satelit, GPS, INS dan (EO) elektro optik presisi sangat tinggi dengan tingkat kesalahan CEP 3 meter. Spice berkategori rudal udara ke darat dengan kemampuan menghancurkan di luar jangkauan visual.

SPICE terdiri dari beberapa varian. Dengan rentangan berat dan jarak tembak bervariasi yaitu 50 km dan 100 km.

5]. DELILAH

Jarak tembak : 300 km


Gil mengatakan :

Delilah adalah senjata unggulan kami. Senjata serangan darat paling canggih yang dimiliki oleh IAF (Israel Air Force). Sahutnya.


Delilah adalah rudal pemburu target diluar jangkauan visual (BVR). Kemampuannya yaitu mampu berkeliling dan berkeliaran untuk menyerang target darat yang dilindungi oleh perisai udara canggih seperti S-300 di lingkungan yang berantakan.

Delilah merupakan gabungan antara rudal, kendaraan drone udara tanpa awak dan bom berhulu ledak tinggi yang mampu menyerang target dengan ketetapan dan kelincahan bermanuver profil rendah deteksi radar.

Sensor pencitraan, kontrol misi yang cerdas dan datalink dua arah memungkinkan kontrol komunikasi antara rudal dan tentara pilot Israel yang berada di jarak jauh untuk menyerang menembus sistem pertahanan musuh tanpa harus pesawat tempur memasuki zona udara musuh tersebut.

Delilah telah diciptakan sejak 20 tahun yang lalu. Hingga saat ini masih beroperasi di Israel.

6]. HERO

Jarak tembak : 100 km

Hero adalah drone yang sanggup berkeliaran menyusup ke pertahanan lawan dan melakukan penyerangan diam-diam tak terduga dari setiap sudut dengan cara kamikaze (bunuh diri).

Hero dapat ditembakkan oleh pasukan khusus, kapal perang, kendaraan lapis baja, helikopter hingga pesawat tempur.

HERO terdiri dari berbagai varian. Semakin besar angka pada label semakin besar daya ledaknya.

7]. HAROP

Jarak tembak : 1.000 km

Harop adalah drone bunuh diri kamikaze yang sanggup menjelajah hingga 1.000 km. Dirancang memiliki penampang observabilitas deteksi rendah. Drone anti-radiasi ini bak seperti rudal jelajah.

Serangannya dapat melibatkan gerombolan swarm. Daya tahan terbang mencapai 9 jam sekali isi bahan bakar dengan kecepatan terbang 185 km/jam dan hulu ledak sebesar 23 kg.

Harop dapat diluncurkan dari mana saja, darat, laut maupun udara menggunakan pesawat Hercules , helikopter Chinook dan helikopter Sea Stallion.


8]. RAMPAGE


Rampage adalah rudal berkecepatan tinggi supersonic berkecepatan diatas 4.000 km/jam.

Jarak tembak : 150 km

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU