Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Bawang Merah, Cegah Kanker hingga Kontrol Diabetes (2020)

Siapa sangka ternyata manfaat bawang merah untuk kesehatan tak bisa dipandang sebelah mata. Bawang merah merupakan bumbu dasar untuk beraneka macam masakan khas Indonesia. Tanaman dari golongan umbi-umbian ini mampu memberikan cita rasa khas yang sedikit pedas dan sedap untuk hidangan di rumah.

Selain untuk bumbu pelengkap masakan, bawang merah juga sering dijadikan bawang goreng sebagai taburan yang membuat sajian makanan makin menggugah selera. Dibalik kegunaannya sebagai bumbu dapur, rupanya bawang merah juga memiliki segudang manfaat sangat baik untuk tubuh yang tak kalah dari tanaman lainnya.
Bahan bernama latin Allium cepa L ini telah digunakan sebagai objek penelitian oleh para peneliti dunia. Hasilnya, bawang merah terbukti mengandung banyak nutrisi baik untuk kesehatan. Untuk memperluas pengetahuan Anda dalam dunia kesehatan, simak apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi bawang merah berikut.
Bawang Merah Membantu Mencegah Kanker
Salah satu manfaat bawang merah yang sangat dahsyat adalah dapat membantu mencegah kanker. Kanker merupakan suatu penyakit mematikan yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya akibat radikal bebas. Radikal bebas banyak terdapat di lingkungan sehingga dapat masuk ke tubuh siapa saja.
Namun radikal bebas tak hanya ada di lingkungan luar tubuh. Dalam tubuh manusia juga dapat terbentuk radikal bebas secara alamiah. Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh jika tidak ditangani dengan tepat dapat mengakibatkan penyakit kanker. Namun radikal bebas dapat ditangkal oleh suatu zat bernama antioksidan.
Di sinilah manfaat bawang merah dapat dirasakan. Bawang merah mengandung zat quercetin sehingga menghasilkan pigmen merah keunguan. Zat ini juga bertindak sebagai antioksidan aktif yang mampu menangkal radikal bebas. Hal ini sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh tim peneliti University of Maryland Medical Center.
Zat quercetin sebagai antioksidan dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh sehingga pertumbuhan sel kanker terhambat. Sebuah penelitian menguji zat antioksidan dalam bawang merah mentah ini pada hewan. Hasilnya, zat quercetin ini dapat mencegah perkembangan sel kanker prostat, ovarium, usus, paru, dan endometrial.
Bawang Merah Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak
Manfaat bawang merah berikutnya yang perlu diketahui adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Otak merupakan pusat saraf yang memiliki peran sentral untuk koordinasi semua organ tubuh. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatannya. Bawang merah diketahui mengandung folat. Zat vitamin B ini salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan fungsi otak.
Zat vitamin B folat membantu menyehatkan fungsi otak yang berkaitan dengan mental dan emosional. Kandungan lain dalam bawang merah yang juga memiliki manfaat bagi otak yaitu pyriothine. Senyawa ini membantu meningkatkan kerja saraf dan melawan peradangan di otak.
Di samping itu, manfaat bawang merah segar juga dapat mencegah penyakit Alzheimer berkat adanya sifat-sifat anti radang di dalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa bawang merah akan lebih bisa dirasakan manfaatnya jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Namun tak ada salahnya dimasak asal tidak melalui proses berlebihan.
Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh atau imunitas sangat penting untuk melindungi diri dari berbagai penyakit. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kekebalan tubuh seseorang adalah makanan. Jika ingin sistem imunitas Anda selalu baik, bawang merah bisa menjadi solusinya. Inilah manfaat bawang merah yang belum diketahui banyak orang.
Di antara banyaknya kandungan nutrisi bawang merah, terdapat peptida dan protein yang diperlukan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan. Zat antioksidannya juga dapat melindungi tubuh dari infeksi umum. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa terhindar dari penyakit flu, batuk, radang, demam, hingga bronchitis.
Manfaat bawang merah tentunya lebih kuat jika masih dalam kondisi segar. Namun tak jarang orang enggan makan bawang merah mentah karena aroma dan rasanya yang kuat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memasukkan irisan bawang merah segar ke dalam menu favorit seperti sate, acar, salad, atau sandwich.
Membantu Mengontrol Diabetes dalam Tubuh
Jumlah penderita diabetes di dunia semakin meningkat akibat kebiasaan menjalankan gaya hidup tidak sehat. Salah satu cara untuk memperbaiki gaya hidup Anda adalah dengan mencampurkan bawang merah dalam menu harian. Ternyata bawang merah memiliki manfaat positif bagi penderita diabetes.
Hal ini karena bawang merah memiliki kemampuan menstabilkan kadar glukosa. Keberadaan senyawa allyl propyl disulfide dalam bawang merah disinyalir mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, zat ini juga dapat meningkatkan kerja insulin. Manfaat bawang merah ini tentunya membantu pasien diabetes dalam menjaga kesehatannya.
Di samping itu, bagi non pasien diabetes tentunya bawang merah dapat mencegah Anda dari penyakit berbahaya ini. Tak hanya dikaitkan pada pencegahan diabetes, bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta menstabilkan tekanan darah. Itulah mengapa konsumsi bawang merah segar sangat dianjurkan.
Meredakan Sakit Tenggorokan Secara Alami
Manfaat bawang merah mentah lainnya adalah dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Rasa sakit pada tenggorokan atau radang bisa terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau virus. Kalau sudah terkena radang tenggorokan, otomatis membuat Anda tidak nyaman terutama saat makan dan berbicara.
Bawang merah diketahui kaya akan kandungan seperti serat, zat besi, vitamin B, vitamin C, hingga kalium. Nutrisi-nutrisi tersebut memberikan sifat anti peradangan pada bawang merah. Sehingga bumbu yang satu ini sering dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan dan terbukti ampuh.
Tak hanya untuk radang tenggorokan, manfaat bawang merah juga dapat mengatasi hidung tersumbat dan deman. Untuk meredakan panas pada buah hati tercinta, Anda dapat membalurkan bawang merah mentah yang diparut dan dicampur minyak kayu putih. Cara ini bisa membuat panas turun lebih cepat.
Bawang merah ternyata memang memiliki manfaat yang segudang. Maka tak salah jika Anda memasukkan bumbu ini dalam setiap masakan. Namun akan lebih baik jika bahan penyedap ini dimakan langsung tanpa dimasak. Dengan begitu, manfaat bawang merah dapat Anda rasakan sepenuhnya.
Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU