Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Israel Opal : Pertama di dunia data center battle manajemen system militer terdesentralisasi berbasis sharing cloud connectivity real time (2020)


Untuk pertama kalinya di dunia. Negara Israel melalui perusahaan teknologi BUMN IAI mengubah aturan pertempuran modern di zaman now menjadi lebih efektif, efesien, aman, terukur, kebal, mudah, lebih murah, mobile, modular, terdesentralisasi, real time dan tak mungkin dihancurkan.

Diciptakan oleh ilmuwan dan insinyur Israel Aerospace Industries pada bulan April 2019.

Dirancang untuk menangani target kritis waktu dan memungkinkan respons balasan terhadap ancaman berbahaya.

Di medan perang modern saat ini. Kemampuan berbagi informasi komunikasi dan data begitu penting. 

Apa yang terjadi jika musuh berhasil menyusupi semua pusat infrastruktur data center utama, pusat control commando, pusat komunikasi dan berhasil meledakkannya.

Bagaimana apabila wilayah server pusat data center komputer utama terserang oleh ledakan bom nuklir.

Jawabannya yaitu kelumpuhan aset militer dan kolaps secara menyeluruh. 

Israel Opal Desentralisasi cloud connectivity

Mengatasi tantangan operasional peperangan maka membutuhkan sistem terdesentralisasi yang saling terintegrasi. Konektivitas cloud inovatif dibutuhkan demi mengganti cara sistem tradisional lama yang masih terpusat.

Berbagi data dan menyimpan jaringan big data dengan kemampuan terdesentralisasi dapat menciptakan keajaiban proses self healing akibat gangguan serangan rudal musuh. Semua data disimpan didalam cloud yang dimana server komputer terpencar pencar ke berbagai penjuru.

Solusi server komputer network centric ini disebut OPAL.

Apabila satu opal diledakkan. Maka server opal berjarak ratusan kilometer dapat memulihkan data secara real time dengan sendirinya. Data berbasis manajemen OPAL tak mungkin dihancurkan. Karena untuk menghancurkannya, musuh harus meledakkan seluruh server secara bersamaan dalam waktu bersamaan. 

Itu pekerjaan mustahil.

OPAL. Aman, kuat dan komprehensif. 

Team IAI mengatakan :

Kekuatan militer telah terhambat oleh ketidakmampuan platform tempur untuk saling berkomunikasi secara langsung satu sama lain. Batasan penghalangan konektivitas yaitu antara pesawat tempur generasi ke empat dan kelima. Peperangan modern sangat dinamis. Jika anda tidak segera merespon ancaman maka kita akan kalah. Sahutnya.


Youtube : Israel Opal

OPAL

OPAL segera menggantikan data center terpusat dan datalink tradisional yang lambat.

Datalink hanya memiliki kecepatan detik. 

Sedangkan Opal memiliki kecepatan pembaharuan dalam hitungan milidetik.

Walaupun begitu. OPAL tetap dapat menerima data dari sumber datalink tradisional ataupun bahkan dari internet smartphone Android anda. Jadi bukan cuma sistem militer saja tetapi hingga ruang lingkup sipil yang umum digunakan oleh banyak orang.

OPAL dikembangkan selama 15 tahun.. 

Cara kerja mirip seperti Android dan Internet. Tetapi ditujukan khusus untuk militer. 

Bentuk solusi perangkat keras OPAL mirip seperti server komputer gaming. 

Berbentuk kotak dan dapat diangkut oleh seorang prajurit melalui tas ransel.

Teknologi self healing OPAL dapat dipadukan pula dengan aplikasi sistem teknologi blockchain dengan perlindungan cyber ketat. 


OPAL dapat disematkan pula ke pesawat drone, pesawat tempur, kapal perang, tank, kendaraan lapis baja, helikopter, mobil, truck, robot robattle, bahkan hingga seorang prajurit.

OPAL menampilkan kemampuan pemprosesan dan grafik yang tinggi dan memberikan informasi medan perang yang penting kepada tentara. Memungkinkan semua pengguna untuk berbagi gambar, video dan foto pengoperasian secara real time.

OPAL membagikan data memastikan bahwa informasi dibawa per milidetik melintasi node jaringan. Tak peduli berapa jarak jangkauan kilometer, lokasi, rintangan medan dan kondisi cuaca.

IAI menjual OPAL untuk memperkenalkan teknologi baru kepada klien pelanggan asing. Sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuannya sendiri.


Youtube : Israel Opal

Tak hanya mengacu pada ranah militer.

OPAL dapat pula digunakan sebagai kepentingan keperluaan sipil entreprise dalam berbagi data, menyimpan data dan komunikasi data. Khususnya mengacu kepada data sensitive yang tak ingin mereka diintip oleh sensor pemerintah atau pesaing. Atau bagi pelanggan yang ingin membangun infrastruktur pusat data center dan internet mandiri yang tak dapat dilacak.


tentara+idf+israeli.jpg (426×603)

Paket pembelian OPAL terdiri dari sistem komando & kontrol (C4) yang disebut Panorama.

Panorama digunakan sebagai pengawasan, alat intersepsi, pelaksaan tugas, pembuatan perintah, evaluasi misi, perencanaan, membuat kesimpulan, kesadaran situasional dan manajemen keputusan lainnya yang terintegrasi dengan koneksi penyebaran Opal desentralisasi battle management system.

Foto : Panorama dapat diinstal pada berbagai kondisi tempat. tersembunyi. Termasuk truck peti kemas kontainer
Paket pembelian OPAL termasuk pula ke dalam stasiun komunikasi menara base transceiver station (BTS). Baik bersifat tetap atau bergerak mobile yang dapat menjangkau berbagi transfer informasi foto, video, audio dan text masing masing mencapai jangkauan 250 km .


Elisra.jpg (355×365)

Yossi Melamed dari IAI mengatakan :

OPAL adalah pengembangan IAI yang canggih yang telah dikembangkan selama bertahun tahun dan merupakan faktor utama dalam keberhasilan operasional. OPAL menyediakan interoperabilitas komunikasi dan kemampuan operasional yang komprehensif antara pasukan udara dan darat dan berfungsi sebagai pengganda kekuatan. Saya yakin ini menjadi aset utama bagi pengguna udara, laut, dan darat serta meningkatkan kinerja tentara di medan perang masa depan. Sahutnya.


Youtube : Israel IAI

Terima kasih. Semoga bermanfaat ya. GBU